Putri

Nulis aja...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembelajaran Kolaborasi di Masa Pandemi

Pembelajaran Kolaborasi di Masa Pandemi

Jumat, 16 Oktober 2020 diadakan Bimtek Implementasi Pembelajaran berdasarkan kurikulum (KMA 183-184) dan Implementasi E-Learning jenjang MI Akidah Akhlak. Bimtek yang dilakukan via zoom diikuti para guru pada zona Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Banten dan Bali.

Di sesi kedua setelah coffe break, Ibu Dr.Nurul Hidayati, M.Pd.I dari Bangkalan memberikan materi tentang Teknik Mendesain Adaptasi Kurikulum Akidah Akhlak di Masa Darurat.

Memang banyak hal baru bermunculan sejak munculnya Covid-19. Masa pandemi membawa perubahan yang signifikan di segala bidang. Dunia pendidikan salah satunya, para guru kelabakan meladeni siswa didik dengan metode daring.

Pembelajaran daring sungguh menguji kesabaran, baik guru, siswa dan para orang tua. Dalam materi tersebut beliau menyampaikan cara mengkolaborasikan materi dari berbagai mata pelajaran. Asalkan adanya kesamaan karakter maupun indikator dari pembelajaran.

Contohnya kolaborasi pembelajaran Akidah Akhlak dan Fiqih, dengan gambaran mengambil kegiatan shalat berjamaah. Dalam materi Akidah Akhlak terdapat materi adab ketika dengan orang lain, sedangkan materi shalat adalah materi pelajaran Fiqih. Dengan satu kali penugasan yaitu menceritakan pengalaman shalat berjamaah.

Ketika siswa menceritakan pengalamannya, tulisan tersebut sebagai representatif bentuk dari sikap siswa sekaligus nilai ibadah. Sikap siswa masuk dalam penilaian Akidah Akhlak, sedangkan shalat berjamaah masuk penilaian Fiqih.

Di masa pandemi, kondisi pembelajaran di rumah tidak seperti di sekolah. Situasi darurat juga menuntut kurikulum untuk lebih fleksibel. Oleh karena itu, pembelajaran kolaborasi nerupakan salah satu alternatif dan bisa dipraktekkan oleh guru.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kolaborasi yg inspiratif

17 Oct
Balas

Terima kasih bun, salam literasi

21 Oct

Betul, bu. Zaman sekarang sudah bukan kompetisi lagi, namun dituntut kolaborasi. Hal-hal yang hebat akan terjadi bila kita bisa berkolaborasi. Semangat, bu.

17 Oct
Balas

Betul , semangat buat bapak jg

21 Oct

Pembelajaran kolaborasi.Mantab Mb.EmySukses selalu

17 Oct
Balas

Amiiin. Sukses jg buat bunda

21 Oct



search

New Post