Ena Roselawati.S.Pd

Be the right man on the right place. Best attitude, best character and best perform...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sudut Tangga Membantu Menarik Minat Siswa Menghafal Rumus-rumus Volume Bangun Ruang
Sudut tangga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengingat rumus-rumus volume benda ruang.

Sudut Tangga Membantu Menarik Minat Siswa Menghafal Rumus-rumus Volume Bangun Ruang

Sudut tangga di bagian sekolah biasanya merupakan tempat yang sangat dekat siswa. Umumnya di sudut tangga terdapat beberapa pot tanaman atau beberapa papan pengumuman.

Kali ini sudut tangga di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Tri Shakti Tandes Surabaya dimanfaatkan selain untuk estetika /keindahan juga digunakan sebagai edukasi menghafal rumus-rumus volume benda ruang.

Volume benda ruang merupakan salah satu materi Matematika yang relatif sulit untuk dihafalkan dan dipahami oleh sejumlah siswa. Menurut teori belajar Jean Piaget, terdapat beberapa tahap dalam proses belajar. Tahap yang paling sulit adalah tahap asimilasi dan akomodasi. Pada tahap ini siswa yang sudah mempunyai skemata pada pengalaman belajarnya, memasukkan informasi baru yang sesuai dengan skemata nya untuk kemudian Di akomodasi menjadi bentuk skemata-skemata yang baru.

Berbagai bentuk benda kongret di sekitar siswa merupakan bahan pengalaman belajar yang efisien. Dengan melukiskan benda-benda kongkret, membantu siswa meng asimilasi dan mengakomodasi pengetahuan volume benda ruang. Selain itu juga menambah nilai estetika penampilan sudut tangga. Siswa menjadi lebih semangat mempelajarinya

Semoga tulisan ini bisa menjadi motivasi ide kreatif dalam pembelajaran dengan memanfaatkan kondisi lingkungan disekitar

Penulis : Ir. Ena Roselawati. S.Pd (guru DPK.Kemenag Kota Surabaya, guru kelas 6b MI Tri Shakti Tandes Surabaya, mentor MNR Pintar (Matematika Nalaria Realistik) pada KPM (klinik Pendidikan MIPA) , CEO bimbingan belajar Rosela

Siswa-siswi lebih tertarik dan bersemangat Belajar

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post