Ena Roselawati.S.Pd

Be the right man on the right place. Best attitude, best character and best perform...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tusuk Sate Meningkatkan Pemahaman Matematika Konsep Bangun Ruang pada Siswa Kelas 6B MI Tri Shakti Tahun 2019/2020
Sisi kls 6B MI Tri Shakti memanfaatkan tusuk sate untuk membuat bangun ruang

Tusuk Sate Meningkatkan Pemahaman Matematika Konsep Bangun Ruang pada Siswa Kelas 6B MI Tri Shakti Tahun 2019/2020

Matematika materi konsep bangun ruang di kelas 6B MI Tri Shakti Surabaya tahun 2019/2020 merupakan salah satu materi dengan kompleksitas yang cukup tinggi dan cukup sulit dipahami, terbukti pada Ulangan harian materi bangun ruang nilai rata-rata kelas hanya 57 sangat rendah jauh di bawah nilai KKM yaitu 70. Sedangkan nilai ketuntasan hanya 50 %.

Hal ini di sebabkan karena siswa kesulitan membayangkan bangun ruang. Menurut teori belajar Jean Piaget: anak usia 7-11 thn berpikir dalam taraf operasional kongkret. Siswa membutuhkan bantuan benda-benda kongkret untuk meningkatkan pemahaman bangun ruang.

Tusuk sate adalah benda kongkret yang banyak dijumpai dilingkungan sekitar siswa. Dengan menggunakan tusuk sate dalam membuat bangun ruang siswa mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan (PAKEM=pembelajaran yang Aktif Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Terbukti pada siklus ke dua terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 90, dengan nilai ketuntasan 100 %.

Penelitian ini bisa digunakan sebagai referensi penelitian lanjutan dalam pembelajaran materi Konsep bangun Ruang.

Penulis:

Ir.Ena Roselawati.S.Pd.(guru DPK kemenag Kota Surabaya, Guru kls 6B MI Tri Shakti Tandes Sby. mentor MNR (Matematika Nalaria Realistik) pada KPM (Klinik Pendidikan MIPA). CEO Bimbingan Belajar Rosela[

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantab bu Erna , tulisan ini bisa dikumpulkan dan dijadikan menjadi buku Best Practice, silahkan lanjutkan dan segera wujudkan menjadi buku karya yang luar biasa, Barokallah

29 Aug
Balas

Luar biasa, tak terpikir sebelumnya. Terima kasih telah berbagi ilmu Bunda Ena. Salam kenal dan sukses selalu.

29 Aug
Balas



search

New Post