Endah Dwi Sayekti, S.Psi, M.Si

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

kolom perdanaku

Tantangan 300 Kata

Endah D S.

Ini adalah hari yang paling mengesan dalam hidupku. Mengikuti pelatihan menulis buku di Solo memberikan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Suasana dingin AC menyergap saat pembicara menyampaikan materi kepenulisan.

Sesi demi sesi dilalui hingga akhirnya Pemateri menyampaikan sebuah tantangan untuk menulis 300 kata pas, tidak kurang atau lebih.

Aku agak ragu dengan apa yang akan aku tuliskan sampai akhirnya aku menuliskan sebuah puisi dengan judul “Coretan Buat Calon Presidenku”. Aku hitung dan aku paskan sampai 300 kata.

Menulis ternyata bukan perkara mudah bagiku yang pemula. Aku lebih suka menganggap bahwa aku sebagai penulis pemula karena aku memang masih merasa belum layak dianggap penulis. Aku baru mencoba untuk menulis cerita pendek, puisi serta novel yang belum selesai walau sudah pada halaman ke 300 kalo tidak hilang.

Kenapa aku bilang kalo tidak hilang karena novel tersebut ada di komputerku yang lama komputer tersebut sempat rusak dan belum aku cek lagi.

Kembali ke tantangan menulis 300 kata itu tadi, jujur saja aku merasa tidak percaya diri. Ketika mas Cucu memasukkanku ke grup WA pelatihan menulis sagusabu, langsung puluhan komentar bagai membombardir di hpku sampai larut malam dilanjut pagi tadi sudah beberapa peserta bersapa-sapa.

Sebenarnya kemarin kepalaku lumayan pusing karena memang tubuhku tidak fit. Tapi jelas aku tidak akan meninggalkan pelatihan ini karena aku memang minat banget untuk lebih menghidupkan lagi gairah menulisku yang sudah lama padam. Lebih pusing lagi adalah ketika membuka gurusiana.id. Disana berpuluh-puluh tulisan teman-teman peserta pelatihan dengan judul menarik semakin menciutkan nyaliku untuk menyelesaikan tantangan 300 kata.

Aduh, rasanya kejam sekali dipaksa seperti ini tapi apa boleh buat, ternyata ini adalah pemaksaan yang sangat bermanfaat. Menulis kolom masih terlalu sulit untuk aku lakukan karena pada akhirnya aku justru menghasilkan puisi.

Tetapi pagi ini dalam waktu kurang dari 30 menit aku selesaikan menulis 300 kata.pas!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

wow, pencapaian yang luar biasa. Kurang dari 30 menit sudah bisa menghasilkan sebuah artikel dengan 300 kata. Bila menulis sekali duduk ini dilakukan konsisten InsyaAllah menjadi guru penulis bukanlah sebuah hal yang mustahil

30 Jul
Balas

Terimakasih Bapak.. semoga selalu mengsinspirasi tulisan sy selanjutnya

30 Jul

"ternyata ini adalah pemaksaan yang sangat bermanfaat." Harus dipaksa rupanya. Setidaknya oleh diri swndiri.

30 Jul
Balas

terimakasih pak yudha.. tetap semangat.. hehe

30 Jul

Luar biasa. Bisa awalnya karena dipaksa. Selanjutnya akan menjadi biasa. Salam dan selalu semangat menulis.

30 Jul
Balas

betul bun.. terimakasih komentarnya..

31 Jul

300 kata bertuah. Sip majulah !!

31 Jul
Balas

Betul pak.. semoga lancar semangat setelah ditantang

31 Jul



search

New Post