ENDAH HIDAYATI, S.Pd

Saat kau merasa ingin menyerah, ingatlah apa yang selama ini membuatmu bertahan Mengajar di MAN 2 KOTA KEDIRI. SD, SMP, S...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengenal Lebih Jauh, Sangiran Museum Manusia Purba
Mengunjungi situs arkeolog Sangiran, Solo, Jawa Tengah

Mengenal Lebih Jauh, Sangiran Museum Manusia Purba

Sobat Gurusiana,

Beberapa waktu lalu, kami kelompok Guru Biologi di Kota Kediri , berkesempatan mengunjungi Museum Manusia Purba Sangiran, Solo, Jawa tengah. Sepanjang perjalan di sekitar Situs, diskusi diantara kami terus terjadi seputar manusia purba, asal usul manusia purba, sampai manusia modern seperti sekarang.

Manusia purba, sering di sebut manusia prasejarah atau manusia yang hidup sebelum tulisan ditemukan. Manusia purba yang paling tua didunia diperkirakan berumur lebih dari 4 juta tahun yang lalu. Maka dari itu para ahli sejarah menyebutnya sebagai prehistoric people atau manusia prasejarah.

Penelitian manusia Purba di Indonesia.

Eugene Dubois, adalah seorang dokter dari Belanda, yang pertama kali tertarik meneliti manusia purba di Indonesia setelah mendapat kiriman sebuah tengkorak dari B. D Von Reitschoten yang menemukan tengkorak di wajak, Tulung Agung, Jawa Timur. Fosil tersebut dinamai Homo wajakensis, termasuk dalam jenis Homo sapiens ( manusia yang sudah berpikir maju).

Fosil lain yang ditemukan berangsur- angsur, Pithecantropu erectus ( Manusia kera yang berjalan tegak ), ditemukan di daerah Trinil, pinggiran Bengawan solo, dekat Ngawi, tahun 1981. penemuan yang sangat menggemparkan dunia ilmu pengetahuan.

Penemuan-penemuan fosil yang menjadi bukti adanya evolusi tetap menjadi bahan diskusi bahwa memang ada spesies purba pulujan juta tahun yang lalu.

Kehadiran sangiran merupakan contoh gam baran kehidupan manusia masa lampau karena situs ini merupakan situs fosil manusia purba paling lengkap di jawa. luas yang meliputi yang mencapai 56 km yang meliputi tiga kecamatan di Kabupaten sragen.

Sangiran merupakan situs terpenting untuk perkembangan berbagai bidang ilmu pengetahuan terutama untuk penelitian di bidang antropologi, arkeologi, biologi, paleontropologi, geologi, dan tentu saja untuk bidang pariwisata. Keberadaan situs Sangiran sangat bermanfaat untuk mempelajari kehidupan manusia prasejarah karena situs ini dilengkapi denga fosil manusia purba, hasil-hasil budaya manusia purba, fosil flora dan fauna purba beserta gambaran stratigrafinya.

Situs sangiran merupakan situs prasejarah paling lengkap, yang memiliki peran sangat penting, memahami dan mempelajari fosil manusia, mempelajari teori dan proses evolusi.

Museum Purbakala Sangiran

Penggalian oleh tim Von Koenigswald, yang berakhir tahun 1941 dan koleksinya sebagian disimpan dirumah kepala desa Krikilan kala itu yang bernama toto Sumarsono. karena rumah nya tidak muat, maka didirikan bangunann bersamaToto Marsono, di Sangiran, pada tahun 1977, yang kelak kemudian menjadi Museum Purbakala sangiran . Pengembangan situs Sangiran secara keseluruhan bukan tanpa kontroversi, namun sampai sekarang museum tetap kokoh beridiri dan tetap menjadi pusat penelitian.

Situs Manusia Purba Sangiran merupakan salah satunwarisan Dunia yang di tetapkan UNESCO pada tanggal 6 Desember 1996.

Indonesia kaya dengan temuan-temuan fosil manusia purba .

* SITUS SANGIRAN ADALAH MILIK DAN KEBANGGAAN KITA, BANGSA INDONESIA, PATUT KITA JAGA *

# Tantangan hari ke 29

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap. Situs Manusia Purba Sangiran merupakan salah satunwarisan Dunia yang di tetapkan UNESCO pada tanggal 6 Desember 1996. Indonesia kaya dengan temuantemuan fosil manusia purba. Aku jadi pengin lihat juga.

16 Feb
Balas

TERIMAKASIH bunda respon nya. Mari bunda, berkunjung ke Sangiran

16 Feb

keren..piknik ke trinil..bagus khan? jd tahu lhoh..

16 Feb
Balas

Temuantemuan fosil manusia prasejarah. Tambah ilmu pak .

16 Feb

fotonya gak ada yg di dlm museum?

23 Feb



search

New Post