ENDAH HIDAYATI, S.Pd

Saat kau merasa ingin menyerah, ingatlah apa yang selama ini membuatmu bertahan Mengajar di MAN 2 KOTA KEDIRI. SD, SMP, S...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tahu Takwa

Tahu Takwa

Sobat Gurusiana.....

Pasti memiliki makanan yang menjadi ciri khas daerah masing-masing yang biasa di konsumsi. Menjadi unik ketika makanan itu hanya terdapat di daerah tersebut, dan tidak dimiliki daerah lain. Menunjukkan ciri khasnya. Misalnya Thiwul, hanya ada di daerah Jawa. Bentuk, tekstur , rasa, aroama nya menjadi ciri khas makanan tersebut. Orang Jawa sudah sangat familier dengan jenis makanan ini. di gunakan sebagai penambah energi pengganti beras.

Ku dilahirkan di pulau Jawa, di sebuah kota, yang juga memiliki makanan ciri khas,Yaitu Tahu Takwa. Beda jauh dengan thiwul. Kalau Thiwul lingkupnya luas, pulau jawa, namun makanan khas yang ada di daerahku, lebih spesifik lagi, namun telah menembus kota dan Pulau lain.

Mendengar kuliner yang bernama " tahu", tentu bukan hal baru lagi. Makanan yang menggunakan kedelai sebagai bahan baku utamanya. Persis sama dengan tahu warna putih, yang setiap saat di konsumsi.

Keunikan Tahu Takwa ,khas Kota Kediri, kota kelahiranku. Banyak. juga yang menyebutnya sebagai Tahu Kuning. pasti muncul pertanyaan, apakah tahu takwa berwarna kuning?, Mengapa berwarna kuning ? jawabnya pasti iya. Memang berwarna kuning. Warna kuning menjadi ciri khas Tahu Takwa asli Kediri . sesungguhnya, warna kuning itu disebabkan air rendaman kunyit . Kadang produsen menambahkan air perasan kunyit pada air rendaman tahu. maka wajar kalau tahu takwa asli Kediri berwarna kuning.

Tahu takwa memiliki bentuk kubus, tekstur padat, tidak mudah basi, karena teksturnya memang unik. kenyal, padat, gurih, lebih enak kalau di konsumsi mentah. Tidak perlu khawatir makan tahu takwa mentah. sesungguhnya tahu takwa itu telah di masak.

Kalau anda berkunjung ke Kota maupun Kabupaten Kediri, jangan lupa sempatkan untuk membeli tahu takwa sebagai oleh-oleh. Selain mudah di temukan, harganya sangat terjangkau, mulai Rp. 1.500,00 sampai Rp. 3500,00 perbiji. Biasanya pedagang, menjual dalam kemasan bamboo atau biasa disebut besek dengan isi 10 biji.

Unik , bukan ?

Di balik harganya yang sangat terjangkau, terkandung banyak manfaat protein kedelai ketika kita mengkonsumsi tahu takwa.

Kapan berkunjungke kota kami?

Pastinya akan mencicipi kelezatan tahu takwa kami.

Salam kuliner !!!!!

****************************************

tantangan hari ke 24

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pernah ada yg bilang tahu takwa sangat enak..btw, kenapa ya namanya tahu takwa?

11 Feb
Balas



search

New Post