Endah PS

Belajar bersama siswa di SMA Negeri 1 Rembang, Kab. Rembang....

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar dari Rasa Malu

Belajar dari Rasa Malu

#Tagur-9

Mengawali tahun ajaran baru, pastilah segala renik sudah disiapkan. Mulai dari persiapan, pelaksanaan, sampai evaluasi, segala bahan telah tersedia. Dan ketika tinggal 'mancal' maka hal pertama yang dilakukan guru adalah perkenalan.

Tidak mudah bagi siswa baru dalam mengadaptasi diri, apalagi pada kondisi yang seperti ini. Bertemu teman lewat dunia maya tentu tidak mudah untuk bisa mengenal lebih dekat. Yang pada akhirnya, apabila dalam proses perkenalan, bagi guru hanya sekilas tahu.

Yang paling ditunggu bagi guru, khusunya bagi guru muatan lokal, tentu berkenalan dengan mereka menghadirkan kesan sendiri. Pasalnya tidak semua anak bisa dengan lancar berkenalan. Sekedar menyebutkan nama dan alamatpun, bagi mereka yang tidak terbiasa menggunakan bahasa daerah dengan benar, akan terasa menyulitkan. Benar saja, pasti ada yang keliru dalam menyebutkan kata. Tak apa, yang terpenting berani berbicara.

Ya, perlu keberanian yang tinggi untuk sekedar membuka omongan. Dan disini peran guru sangat dibutuhkan. Sekedar menguatkan dengan reward berup acungan jempol ataupun kalimat pujian positif lainnya. Tekankan kepada anak, kita memang harus bisa mempunyai rasa malu tetapi dalam hal tertentu. Era perkembangan semakin menjadi. Jangan karena malu, kita tertinggal sendiri.

Salam Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post