Endang Ayu Patrianingsih,SSi.MPd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

CAHAYA TERANG CAHAYA GELAP

Bismillahirrahmanirrahim.

#MariMenulis di gurusiana.id

#TantanganMenulisGurusiana Hari ke-86

#MediaGuruIndonesia

CAHAYA TERANG CAHAYA GELAP

Penulis: Endang Ayu Patrianingsih, S.Si., M.Pd.

Guru SMAN 1 Takalar

*

Masih tentang cahaya

Yang padanya kehidupan ini berjalan

Suatu hari terdengar percakapan tentang cahaya terang dan cahaya gelap

Dalam penelitian tentang pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman, perbedaan perlakuan cahaya ini disebut sebagai variabel bebas.

Selompok siswa meneliti tentang cahaya terang dan cahaya gelap, dengan menggunakan biji tanaman kacang hijau.

Berdasarkan praktikum online, dengan simulasi yang diberikan oleh guru melalui google meet, kemudian siswa melaksanakan kegiatan praktikumnya secara mandiri di rumah masing-masing, sesuai anjuran belajar di rumah (BDR).

Setelah 5 hari pengamatan dan pengukuran terhadap variabel terikat seperti panjang batang, jumlah daun, lebar daun dan warna daun, siswa-siswa pun mengumpulkan data hasil pengamatan.

Di forum chat kelas maya google classroom, siswa-siswa kemudian banyak bertanya:

Siswa: ibu, mengapa tanaman yang ditempatkan pada cahaya terang daunnya lebih hijau daripada yang di tempat cahaya gelap?

Siswa: Hasil pengukuran panjang batang juga bu, jauh berbeda, yang di simpan pada cahaya gelap, batangnya lebih panjang daripada yang di simpan pada cahaya terang?

Guru: Baik nak, pertanyaan yang sangat bagus, ibu sangat kagum dan bangga dengan anak-anakku semua karena sudah dapat melaksanakan praktikum dengan baik di rumah masing-masing.

Guru: Dan kita akan menuju pada pertanyaan, mengapa terjadi perbedaan warna daun, dan perbedaan panjang batang? Untuk menjawab pertanyaan ini coba anak-anakku kaitkan dengan literatur atau teori pendukung.

Guru: ibu akan membantu memberikan arahan: untuk perbedaan warna daun, kita kaitkan dengan hal-hal yang mempengaruhi proses fotosintesis, terutama pengaruh cahaya gelap dan cahaya terang.

Dan untuk perbedaan panjang batang pada cahaya terang dan cahaya gelap, silahkan anak-anaku kaitkan dengan peran hormon auksin, apa dan bagimana efek kerja atau pengaruh aktifitas hormon auksin pada cahaya gelap dan cahaya terang, setelah mendapatkan informasi tentang auksin tersebut maka pertanyaan yang tadi akan terjawab.

Siswa: Benar ibu, saya sudah dapat jawabannya, mengapa warna daun pada cahaya terang lebih hijau, sedangkan pada cahaya gelap warna daunnya kuning muda atau pucat, hal ini disebabkan karena pada proses fotosintesis sangat membutuhkan cahaya, semakin tinggi intensitas cahaya maka semakin bagus proses fotosintesis, yang ditandai dengan hijaunya daun, cahaya dan zat hijau daun atau klorofil ini berperan penting dalam proses fotosintesis.

Sedangkan pada cahaya gelap, proses fotosintesis kurang optimal, menyebabkan daun berwarna pucat atau kuning muda. Cahaya terang dan cahaya gelap juga memiliki panjang gelombang yang berbeda, hal ini juga mempengaruhi produksi klorofil pada daun menjadi berbeda.

Siswa: Saya juga ibu, sudah dapat menjelaskan mengapa panjang batang pada cahaya gelap lebih panjang daripada pada cahaya terang. Berdasarkan teori yang saya baca ibu, dan saya lihat dengan hasil pengamatan saya, bahwa dalam proses pertumbuhan yang dimulai dari proses perkecambahan, pertumbuhan batang akan mengalami pemanjangan karena kurangnya cahaya, di dalam diri tumbuhan terdapat horrmon bernama auksin yang akan aktif bekerja pada kondisi kurang cahaya atau gelap, aktifitas hormon auksin inilah yang menyebabkan pemanjangan batang. Dalam istilahnya disebut dengan proses etiolasi.

Sedangkan pada cahaya terang, keberadaan hormon auksin mengalami penghambatan aktifitas jika dibandingkan pada cahaya gelap, sehingga panjang batang pada cahaya gelap lebih panjang daripada di cahaya terang.

Guru: Baik nak, ibu sangat mengapresiasi hasil kerja anak-anaku semua, sudah dapat mengomunikasikan hasil percobaan atau hasil praktikum tentang pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau. Untuk lebih menguatkan argumen, kita dapat menambahkannya dengan hasil-hasil penelitian terdahulu seperti hasil penelitian yang telah masuk jurnal atau prosiding.

Demikian diskusi kecil kita hari ini, ingat baca baik-baik petunjuk yang ada di classroom, itu menjadi bekal dalam kecakapan atau kompetensi literasi. Tetap semangat belajar, Biologi, bahagia belajar.

**

#GuruMenulisGuruPenulis

#SatuHariSatuTulisan

#SalamLiterasi

#GuruAyu

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen bgt bu. Bagus bgt pembelajarannya bu

25 Aug
Balas

Nuwun ibu, barokallah, sukses selalu ibu

25 Aug

Mantap Bu, pembelajaran yang sangat bagus dan bermanfaat ... Sukses selalu.

25 Aug
Balas

Nuwun pak, barokallah, sukses selalu juga pak

25 Aug



search

New Post