Endang Siwi Ekoati

Saya adalah seorang guru yang ingin terus belajar hingga maut menjemput. Belajar adalah kegiatan yang menyenangkan. Begitu pula mengajar.Terlebih ketika m...

Selengkapnya
Navigasi Web

Belajar dari FB

Pagi-pagi FB berkabar, hari ini ada yang berulang tahun. Ada sebuah perintah yang menurut saya cukup menggelitik, “Sampaikan sesuatu kepadanya!” Siapa dia kok berani menyuruh kita menyampaikan sesuatu kepada teman yang berulang tahun? Apa hak dia menyuruh kita? Apa untungnya kalau kita mengucapkan ulang tahun kepada teman?

Tentang hal itu, kita tidak usah berdebat. Panjang jawabannya. Ayo kita mengambil sisi positifnya saja. Setiap hari, kita diingatkan untuk berbuat baik dengan mengucapkan selamat ulang tahun. Mau atau tidak, itu urusan masing-masing. Boleh melakukan, boleh tidak. Saya yakin, jika mengabaikan perintahnya, FB juga tidak akan marah. Silakan dicoba kalau tidak percaya.

Saya memaknai ucapan ulang tahun bukan sebagai seremonial tahunan. Saya bersyukur karena FB selalu mengingatkan kita agar kita bisa menabur benih kebaikan. Ucapkan selamat, kirim doa untuk teman dan sahabat. Apa ini tak berguna? Bisa saja. Tetapi jika bisa memilih, kenapa tidak memilih yang baik-baik saja? Mengucapkan selamat dan mendoakan adalah salah satu contoh perbuatan baik.

Ucapan selamat ulang tahun diikuti dengan doa agar teman kita selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa, diberi umur yang berkah, diberikan kesehatan, diberikan kebahagiaan, kesejahteraan, bahkan didoakan agar sukses dunia akhirat. Ini wujud perhatian yang kecil tetapi dapat memberikan kekuatan dan semangat kepada teman yang berulang tahun. Ini sebuah perbuatan baik.

Kalau FB saja mempunyai kepedulian, masa kita sebagai teman acuh tak acuh saja?

Pelajaran yang bisa kita ambil adalah berbuat kebaikan. Ajakan untuk berkata-kata dengan baik. Hormat-menghormati antarteman, perhatian kepada teman, saling mendoakan.

Hari ini, saya menyambut baik perintah FB. Saya ucapkan selamat ulang tahun untuk teman yang mungkin sudah melupakan saya. Saya belajar untuk tidak menuntut balas akan apa yang saya lakukan. Saya tidak memaksa teman saya segera merespon. Mungkin saja ia belum sempat membuka ucapan selamat dari saya. Atau teman saya sudah melupakan saya. Saya tidak berpikir apa dan bagaimana. Saya hanya melakukan yang saya anggap baik. Saya belajar untuk berbuat baik meskipun kecil tak ada artinya.

Terima kasih FB, karena telah diingatkan ada teman yang sedang berulang tahun. Semoga ia bahagia, tercapai yang diinginkannya, panjang usia dan sehat selalu.

Jika FB saja bisa berbuat baik, mengapa kita tidak?

Mari kita berbuat baik meskipun hanya sebesar biji sawi saja..

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Siap bu kepala

15 Aug
Balas

Waduh..

15 Aug

Kereeeen bu

15 Aug
Balas

Tadi asal Jeng..

15 Aug

Setuju...berbuat baik sekecil apapun pasti berkah jika iklas.

15 Aug
Balas

Begitulah...semoga lama lama bisa berbuat baik yg lebih besar

15 Aug

Betul bu...berbuat baik bisa dalam bentuk apa saja...

15 Aug
Balas

Betul Ibu.. Dengan membuat orang lain senang kita juga senang..

15 Aug



search

New Post