Endang Siwi Ekoati

Saya adalah seorang guru yang ingin terus belajar hingga maut menjemput. Belajar adalah kegiatan yang menyenangkan. Begitu pula mengajar.Terlebih ketika m...

Selengkapnya
Navigasi Web

Catatan di Bulan Agustus

Bulan Agustus selalu menjadi bulan yang istimewa. Selain karena setiap tanggal 17 rakyat Indonesia memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia, bulan Agustus juga memperingati tahun kelahiran saya. Tepatnya tanggal 18, sehari setelah peringatan kemerdekaan.

Pada waktu saya masih kecil, tanggal 18 Agustus selalu digunakan untuk kegiatan karnaval atau pagelaran kesenian. Acara yang sama masih berlaku hingga sekarang. Rangkaian acara peringatan biasanya diawali tanggal 16 sampai dengan 18.

Tanggal 18 tetap dianggap istimewa karena masyarakat masih bergembira dalam rangka memperingati hari kemerdekaan. Berkah peringatan hari kemerdekaan menjadi berkah untuk saya karena teman, kerabat, saudara selalu ingat sehari setelah upacara 17 Agustus adalah ulang tahun saya. Alhamdulillah.

18 Agustus 2018, semakin istimewa karena dianggap sebagai tanggal cantik. Banyak pasangan muda-mudi yang merancang pernikahannya di tanggal ini. Akibatnya, banyak gedung yang tidak mampu menampung permintaan untuk kegiatan pernikahan. 18 8 18. Semoga, siapa pun yang memilih tanggal ini untuk mengikat janji suci sehidup semati bisa samawa, penuh berkah, bahagia dunia akhirat.

Betapa bahagianya, saya menjadi bagian dari kebahagiaan orang-orang yang memaknai tanggal 18 8 sebagai tanggal istimewa. Ini bukan sekadar tanggal keramat tetapi tanggal yang penuh harapan. Sama seperti doa untuk bangsa Indonesia agar abadi dan sejahtera, saya juga menitipkan doa agar setiap tiba tanggal 18 8 saya masih bisa menghirup nafas dengan bahagia. Ini 18 8 di atas 50 tahun, entah berapa tahun lagi Tuhan memberi usia, semoga saya masih bisa menjadi manusia yang berguna.

Setiap orang akan menganggap hari kelahiran sebagai hari istimewa. Saya juga demikian. Sungguh saya bersyukur Tuhan menentukan tanggal lahir saya berdekatan dengan kemerdekaan Indonesia. Semoga semangat dan jiwa untuk merdeka, menjadi semangat untuk memerdekakan diri saya dari kebodohan dan kepicikan. Semoga saya bisa mengisi kemerdekaan dengan warna-warna cerita yang penuh makna, yang akan memperindah cerita di bulan penuh berkah ini.

Agustus, saya akan selalu menantikanmu.

Agustus, izinkan saya bertemu lagi di tahun-tahun selanjutnya. Saya ingin berbahagia bersama orang-orang tercinta menyaksikan Sang Saka berkibar dan Indonesia Raya berkumandang.

Dirgahayu Republik Indonesia ke-73.

Indonesia tanah yang suci,

Tanah kita yang sakti,

Di sanalah aku berdiri m'jaga ibu pertiwi

Indonesia tanah berseri.

tanah yang aku sayangi.

Marilah kita berjanji Indonesia abadi

Hiduplah Indonesia Raya.

Jayalah Indonesia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Barakallah fi umrik...bu. Semoga sehat selalu, berkah rezeqynya, dimudahkan segala urusannya dan sensntiasa dalam ridho Allah SWT. Aamiin yaa robbal alaamiin.

19 Aug
Balas

Aamiin... Terima ksih Ibu... Barakallah..

19 Aug



search

New Post