PJJ Bagian 3
Tantangan Menulis Hari ke 42
PJJ Bagian 3
Bagian 3 dari 3 Bagian
Oleh : Endang Wahyu Widiasari, M.Pd
Mengajar Di SMPN 4 Cikalongwetan
Di group wa semua guru saling menimplai, akhirnya diambil kesimpulan kalau PJBL di ambil untuk 9 mapel yaitu : membuat Proyek gabungan beberapa mata pelajaran dengan Tema Filosopi Kupu-kupu
1. Mapel kesenian Membuat sketsa gambar kupu-kupu di atas triplek atau kertas,dengan latar segi empat atau lingkaran
2. Mapel prakarya Sketsa yang sudah dibuat diberi tempelan pelapah pisang atau kacang hijau,jagung,kacang merah.
3. Mapel matematikan menghitung berapa keliling dan luas bangun yang dibuat untuk alas menggambar kupu kupu
4. Bahasa Indonesia membuat laporan singkat dari kerajinan yang dibuat, Apa saja bahan, alat yang digunakan.
5. Bahasa Inggris menguraikan pembuatan kerajinan yang dibuat dengan menggunakan Bahasa Inggris.
6. IPA, mempelajari proses metamorposis kupu-kupu.
7. IPS, Indahnya kupu-kupu monarch dari Benua Amerika (Negara Meksiko) penarik wisatawan dunia.
8. Motivasi hidup dari kupu-kupu (memakai bahasa sunda)
9. PAI, memaknai kebesaran Alloh lewat makhluk kecik yang bernama kupu-kupu.
Dalam proses pembelajaran, yang dilakukan lewat daring setiap hari di group wa guru mengarahkan dan membimbing siswa, bahkan membuat kami kewalahan karena banyak sekali siswa yang bertanya secara pribadi karena tidak paham, akan tetapi kami terus memotivasi agar mereka tidak stres dan bisa menyelesaikan proyeknya.
Berdasarkan pengamatan dalam group wa para siswa terlihat aktif dan kreatif di bawah bimbingan guru secara bergiliran. Mereka melakukan tahapan dalam kegiatan pembelajaran sebagai berikut; siswa membuat proyek dengan tema yang sudah ditentukan, jadwal pembuatan di sepakati 3 minggu, mereka melaporkan pembuatan proyeknya setiap hari di group WA, Selanjutnya mempublikasikan hasil. Kegiatan publikasi dilakukan dengan cara mempresentasikan hasil proyek dalam sebuah vidio berdurasi singkat dan rencananya kami juga akan membuat pameran hasil karya siswa dalam bentuk digital untuk dipublikasi di media sosial.
Hasil yang didapatkan dengan kolaborasi kegiatan pembelajaran adalah selain kreativitas siswa meningkat, tujuan pembelajaran lebih cepat tercapai dan biaya yang digunakan menjadi lebih murah.
Tentunya masih banyak kekurangan dalam kegiatan tersebut, tetapi penulis berharap kegiatan ini bisa menjadi salah satu jalan membangun generasi emas 2045 di era pandemi covid 19, yang dibekali keterampilan abad 21, yaitu tumbuhnya kualitas karakter peserta didik, literasi dan kompetensi abad 21 yang dikenal dengan 4C, Communication, Collaborative, Critical Thinking, Dan Creativity serta penguasaan IT.
Alhamdulillah kerja keras dan cerdas kami sudah mulai membuahkan hasil
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar