Endang Widiarti Ningrum,S.Si.

Lahir di Purworejo, Rabu Pahing 4 Oktober 1978. Mulai sekolah TK Pertiwi Sapuran, SD N 2 Sapuran (1991) dan SMP N 1 Sapuran (1994), SMU N 1 Purworejo (199...

Selengkapnya
Navigasi Web
Empat Kepribadian

Empat Kepribadian

Tulisan ini diperoleh dari kiriman WA teman tentang materi Training Online yang sudah diadaptasi.

Kita perlu mengenal 4 Jenis Kepribadian pada diri manusia, agar lebih bisa menggali potensi diri. Pernah mendengar istilah Sanguinis, Koleris, Melankolis dan Plegmatis?

Nah, pasti ada beberapa yang bingung begitu dengar ‘Sanguinis’, ‘Koleris’, ‘Melankolis’, dan ‘Plegmatis’. Itu tadi adalah 4 tipe kepribadian manusia menurut ilmu psikologi.

Empat watak Manusia ini yg ASLI nya di ciptakan oleh HIPPOCRATES sekitar 400 tahun sebelum Masehi. Sebelum Florence Littauer merangkum 4 Watak Manusia ini ke dalam buku nya yg berjudul Personality Plus. Dua puluh lima tahun sebelum nya 4 watak manusia ini pernah diterbitkan ke dalam buku yg berjudul SPIRIT CONTROLLED TEMPERAMENT karya Tim LaHaye. Ingin tau apa itu Sanguinis, Koleris, Melankolis atau Plegmatis?

Orang dengan tipe kepribadian Sanguinis cenderung terbuka (bahkan mungkin ‘super terbuka’). Mereka juga suka berbicara, mudah menyesuaikan diri, ramah, hangat, humoris, dan reponsif. Orang-orang Sanguinis sangat suka bergaul dan spontan, jarang kuatir dengan masa lalu atau masa depan, dan lebih menikmati kegembiraan hari-hari yang dilaluinya dibandingkan dengan tipe kepribadian lainnya. Orang-orang Sanguinis jarang berpikir berat, mereka lebih sering menafsirkan kejadian-kejadian yang ada dengan cepat. Seringkali mereka mendapatkan masalah dari keputusannya sendiri, karena mereka jarang mengantisipasi pilihan atau tindakan mereka. Perasaan mereka lebih mendominasi dalam segala hal, sehingga menjurus pada keputusan-keputusan yang bersifat emosional.

Pada dasarnya, orang-orang Sanguinis adalah pribadi yang gembira, mudah membuat orang lain tertawa, dan bisa menyemangati orang lain. Sayangnya, mereka cenderung bersifat impulsif (bertindak sesuai emosi atau sesuai keinginannya. Kepribadian dengan tpe Sanguinis mempunyai kelebihan Yaitu: antusias dan ekspresif , tulus , kreatif, berenergi, mengawali sesuatu dengan brilian, menginspirasi orang lain, dan supel. Adapun kelemahannya adalah : terlalu banyak bicara, pelupa, terlalu bersemangat, egois, mudah komplain, mudah tertipu (naif), mudah emosi, dan tidak pernah dewasa.

Orang dengan tipe kepribadian Koleris juga merupakan tipe kepribadian yang terbuka, tapi tingkat keterbukaannya lebih rendah dari tipe Sanguinis yang notabene ‘super terbuka’. Orang-orang Koleris adalah pribadi yang aktif, pekerja keras, ambisius, Mereka cenderung bersifat keras kepala, dikarenakan kemauannya yang keras. Jika seseorang mempunyai tipe kepribadian Koleris, maka kata ‘kompromi’ tidak ada di kamus mereka. Orang-orang Koleris tidak bisa diajak kompromi, kecuali kompromi itu bermanfaat bagi diri mereka sendiri. Mereka mempunyai tujuan untuk segala sesuatu, mulai dari kesehatan jasmani sampai tingkah laku.

Orang-orang Koleris percaya bahwa mereka dilahirkan sebagai pemimpin. Dalam sebuah kelompok, seorang Koleris akan selalu tampil di depan dan menjadi pemimpin kelompok tersebut. Ambisi mereka untuk menjadi ‘The First One′ sangatlah besar. Mereka suka memerintah dan mengkritik orang lain, tetapi tidak mau diperintah dan dikritik orang lain. Orang-orang Koleris terkesan kejam dan sinis, mereka kurang bisa berempati pada orang lain, belas kasihannya terhadap penderitaan orang lain juga minim, karena perasaannya kurang bermain. Namun demikian tipe Koleris mempunyai kekuatan yaitu : berbakat memimpin, dinamis, berkemauan kuat dan memancarkan keyakinan, percaya diri, bisa melakukan semua hal, jago mengorganisasi, dan mandiri. Adapun kelemahannya adalah : tidak sabaran, suka memerintah, terburu buru, suka beragumentasi, dan kaku atau taat dengan aturan.

Tak diragukan lagi, tipe kepribadian Melankolis adalah tipe kepribadian yang paling berbakat, sekalipun mereka adalah tipe terakhir yang menghargai bakat mereka sendiri. Pada dasarnya, mereka adalah orang-orang yang tertutup. Mereka cenderung memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dan sangat menghargai seni. Orang-orang Melankolis adalah orang-orang yang pemurung dan gampang tersentuh. Mereka dilahirkan sebagai pribadi yang perfeksionis, analitis, sistematis, serius, rela berkorban, dan takut akan kegagalan. Mereka juga suka meremehkan diri sendiri, walaupun sebenarnya mereka adalah orang-orang yang produktif dan berbakat. Tipe Melankolis cenderung terobsesi untuk menghasilkan karya yang paling bagus dan sempurna. Mereka sangat sensitif, dan sangat mudah dikuasai oleh perasaan. Seringkali, perasaan yang mendasari kehidupan sehari-harinya adalah perasaan murung. Kekuatan tipe Melankolis adalah : bijaksana, , fokus dengan tujuan, berbakat dan kreatif di bidang seni, peka terhadap orang lain, teliti, perfeksionis, hemat, penemu solusi, dan setia. Adapun kelemahannya adalah : selalu mengingat hal negatif, mudah depresi, rendah diri, dan mementingkan kenyamanan diri sendiri.

Selain tipe Melankolis, tipe Plegmatis juga merupakan tipe kepribadian yang tertutup. Mereka nyaris tidak pernah marah. Mereka cinta damai dan tidak suka terlibat dalam pertengkaran. Orang-orang Plegmatis adalah orang-orang yang pemalu dan tidak ingin menonjol di keramaian. Mereka dilahirkan dengan bakat diplomasi, kalau mereka mempunyai kekurangan, akan mereka kemukakan dengan cara sediplomatis mungkin. Orang-orang Plegmatis mempunyai pembawaan yang tenang dan kalem, mereka juga dicintai oleh anak-anak. Mereka juga bisa membuat orang-orang tertawa dengan sifat humorisnya. Kadang, mereka tampak tidak beremosi, jarang menampakkan perasaan sedih atau senangnya, dan naik turun emosi mereka tidak tampak dengan jelas. Mereka bisa menguasai diri mereka sendiri, introspektif, dan bisa menjadi teman yang menyenangkan. Kelemahan tipe kepribadian Plegmatis adalah mereka cenderung mencari jalan pintas dan hanya ingin mengambil mudahnya saja. Jadi kekutan tipe kepribadian Plegmatis adalah : tenang, meneduhkan, penurut, mudah bergaul, sabar, simpatik, memiliki kemampuan di bidang administratif, dapat menengahi permasalahan, dan senang memilih solusi yg mudah atau simpel. Namun kelemahannya adalah tidak antusias,, peragu, suka menghindari tanggung jawab, terlalu pendiam, dan keras kepala.

Lalu bagaimana dengan Kita? Termasuk tipe

SANGUINIS yang selalu CERIA, atau KOLERIS sipekerja Keras? Mungkin, Kita adalah tipe MELANKOLIS yg SENSITIF dan PEMURUNG, atau termasuk dalam kategori PLEGMATIS yg CINTA DAMAI dan PENUH DIPLOMASI?

Perlu diketahui, bahwa tidak ada satupun manusia di dunia yang 100% sepenuhnya bertipe Sanguinis, Koleris, Melankolis, maupun Plegmatis pasti ada campuran beberapa tipe pada diri orang tersebut, Tipe kepribadian manusia juga dipengaruhi oleh pola pengasuhan dan lingkungan sekitar.

Jadi, semua dari kita mempunyai nilai atau angka dari semua tipe kepribadian yang sudah disebutkan di atas, tetapi diantara semua tipe itu, pasti ada satu tipe yang lebih DOMINAN dari yg lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam Dahsyat Luar Biasa!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan yang bagus ibu, saya masuk yang mana ya menurut analisa ibu?

12 May
Balas

Bagus bu Endang bisa nambah wawasan nih, tapi agak susah juga ya mengklaim kepribadian kita tuh ya

12 May
Balas

Dapat ilmu baru, maturnuwun Bu.

12 May
Balas



search

New Post