endas dasiah

Guru di SDN. Cijulangadeg Kecamatan Cikalong Kab. Tasikmalaya. Aktif dalam Gerakan Pramuka. Hobi menulis ditekuni sejak tahun 2016. Beberapa judul cerpen dan ca...

Selengkapnya
Navigasi Web
Permainan Tepuk Pundak Teman
Tantangan hari kee-195

Permainan Tepuk Pundak Teman

Permainan Tepuk Pundak Teman

                Salah satu metode kepramukaan yang hendaknya dilaksanakan oleh para Pembina Pramuka dalam rangka melakukan pembinaan kepada peserta didik adalah menyelenggarakan proses pembinaan atau pendidikan kepramukaan berupa kegiatan yang menarik dan menantang serta mengandung unsur pendidikan. Kegiatan tersebut bisa berupa nyanyian, tarian, tepukan, atau permainan. Kali ini penulis akan menyampaikan salah satu permainan yang biasa dilaksanakan pada latihan pramuka.

                Permainan ini sangat relevan dengan pramuka siaga. Permainan ini dilakukan untuk menyampaikan materi SKU nomor 12, dapat dengan hafal menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bait pertama di depan perindukannya.

                Permainan tepuk pundak teman, sangat banyak manfaatnya. Selain anak siaga termotivasi untuk menghafal syair lagu Indonesia Raya, permainan ini juga melatih kekompakkan, kejujuran, konsentrasi, ketangkasan dan tentu kegiatan latihan pramuka semakin semarak dan menyenangkan.

                Permaianan ini sangat sederhana. Tak banyak alat yang diperlukan hanya memerlukan sehelai kertas dan sebuah spidol kecil.

                Adapun langkah-langkah permainan Tepuk Pundak Teman adalah sebagai berikut:

1.       Setiap barung diminta membentuk barisan satu berbanjar, dengan posisi pemimpin barung berada pada urutan paling depan, sedangkan posisi paling belakang diisi oleh wakil pemimpin barung.

2.       Setelah mendapat aba-aba mulai, dari Yanda/Bunda, wakil pemimpin barung yang ada pada posisi paling belakang, menepuk pundak teman di depannya. Kemudian tepukan dilakukan secara berantai, hingga tepukan pada pundak sampai pada pemimpin barung yang berdiri paling depan. Pemimpin Barung,  berlari secepatnya pada tempat yang sudah disediakan oleh Bunda / Yanda, untuk menuliskan syair lagu Indonesia Raya baris pertama.

3.      Setelah menuliskan satu baris syair lagu Indonesia raya, pemimpin barung berlari secepatnya ke belakang, lalu menepuk pundak teman yang paling belakang. Tepukan dilakukan secara berantai sampai pada anggota yang berdiri pada posisi paling depan. Anggota yang berdiri paling depan berlari secepatnya untuk menuliskan syair lagu Indonesia Raya melanjutkan pekerjaan temannya yang tadi sudah menulis. Begitu seterusnya sampai batas waktu yang sudah ditetapkan Yanda/Bunda habis.

4.      Semua anggota barung bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya berdasarkan syair lagu yang telah mereka buat.

5.      Yanda/Bunda bersama anak siaga barung lain  menilai hasil pekerjaan temannya. Jika menyusun syair lagu Indonesia Raya itu benar, maka akan benar pula cara menyanyikannya.

6.      Pada kegiatan akhir hendaknya Yanda/Bunda merefleksi apa pentingnya memahami makna yang terkandung dalam syair lagu Indonesia Raya.

 

Permaianan Tepuk Pundak Teman, bisa juga dimanfaatkan pada penyampaian SKU lainnya, misalnya pada SKU nomor 2 yaitu dapat menyebutkan Dwi Satya dan Dwi Dharma.

 

Semoga tulisan ini bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren anget permainannya, Bund. Anak-anak pasti riang dan semangat.

25 Oct
Balas

Makasih kunjungnnya

25 Nov

Luar biasa

25 Oct
Balas

Makasih kunjungannya!

25 Oct

Mantul bu ulasannya, terimakasih sudah berbagi. Semangat salam literasi dan sukses selalu

25 Oct
Balas

Makasih kunjungannya!

25 Oct

Mantab ulasannya bu. Inspiratif.Salam sukses selalu

25 Oct
Balas

Makasih kunjungannya!

25 Oct



search

New Post