Eneng rahmayanti

Guru IPA di SMPN 1 Jatinangor, memiliki hobi menulis. Buku karya perdana bejudul "Seribu Tanya, Sejuta Jalan", menjadi salah satu penulis pada antologi fabel ka...

Selengkapnya
Navigasi Web
PRESTASI YES, FRUSTRASI NO (Tantangan hari ke-6#TantanganGurusiana)

PRESTASI YES, FRUSTRASI NO (Tantangan hari ke-6#TantanganGurusiana)

Upacara pengibaran bendera hari senin, 20 Januari 2020 di SMPN 1 Jatinangor berlangsung cukup khidmat. Walau di awal pelaksanaan masih diwarnai oleh riuhnya obrolan peserta upacara.

Rutinitas senin pagi yang dilaksanakan 2 kali dalam sebulan, berselang dengan pelaksanaan shalat dhuha bersama. Susunan acara yang sama berulang setiap pelaksanaan upacara. Ada satu yang menjadi puncak kegiatan setelah pengibaran bendera merah putih yaitu penyampaian amanat dari pembina upacara.

Masalah kebersihan adalah topik yang tak pernah lepas dari amanat saat upacara. Hari ini ada yang berbeda. Farida Siswidawati, wali kelas 7.A yang menjadi Pembina upacara mengingatkan semua peserta upacara mengenai Pendidikan Penguatan Karakter (PPK). Ada lima nilai utama karakter yang menjadi prioritas PPK, kelima karakter ini merupakan pengejewantahan dari nilai-nilai Pancasila yaitu religius, integritas, mandiri, nasionalis, dan gotong royong. Selain itu, Pembina upacara mengajak seluruh peserta upacara untuk meneriakkan yel yel yang berbunyi “Prestasi Yes, Frustrasi No”. Sejenak terdengar gemuruh suara siswa meneriakkan yel dengan penuh semangat.

Bukan tanpa alasan Pembina upacara memperkenalkan yel ini kepada siswa. kehidupan siswa di zaman yang serba canggih dan serba mudah seperti pisau bermata dua. Di satu sisi dapat meningkatkan prestasi dan kualitas hidup, disisi lain dapat membentuk karakter manja dan mudah frustrasi pada diri anak.

Semoga yel ini tak sebatas dipahami sebagai yel yang harus diteraikkan dengan penuh semangat, tapi dapat dipahami dan menjadi pemicu semangat bagi siswa untuk berprestasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Menjadi pembina upacara selalu membuat saya senang, karena merupakan kesempatan untuk menyampaikan motivasi kita kepada seluruh siswa

20 Jan
Balas



search

New Post