Eneng rahmayanti

Guru IPA di SMPN 1 Jatinangor, memiliki hobi menulis. Buku karya perdana bejudul "Seribu Tanya, Sejuta Jalan", menjadi salah satu penulis pada antologi fabel ka...

Selengkapnya
Navigasi Web
WHO’S THE NEXT LEADER? (Tantangan hari ke-21#TantanganGurusiana)

WHO’S THE NEXT LEADER? (Tantangan hari ke-21#TantanganGurusiana)

4 Februari 2020. Nesaja (sebutan untuk SMP Negeri 1 Jatinangor) mengadakan pesta demokrasi. Pemilihan pimpinan tertinggi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Pemilihan ketua OSIS dan wakilnya merupakan program rutin yang diadakan satu tahun sekali, sesuai dengan lamanya masa jabatan kepengurusan OSIS.

Ada yang berbeda pada kegiatan pemilu tahun ini. Pemungutan suara dilakukan secara on line. Hal ini merupakan pengejewantahan dari program zero waste. Pemilu on line, pemilu ramah lingkungan. Meminimalisasi penggunaan kertas, sebagai salah satu upaya menjaga kelestarian hutan. Selain itu, melalui program ini siswa diperkenalkan pada pemanfaatan teknologi. Sebagai salah satu cara mempersiapkan siswa menghadapi dan menjalani era digital.

Dengan tajuk “Who’s the next leader?” seluruh civitas academica SMPN 1 Jatinangor dapat memilih langsung ketua OSIS dan wakilnya di bilik suara. Deretan meja lengkap dengan fasilitas laptop untuk pemilu on line telah disiapkan oleh panitia.

Agar kegiatan pemilu dapat berjalan tanpa mengganggu proses pembelajaran, maka panitia mengatur pemanggilan pemilih yaitu pemanggilan per kelas. Setiap siswa yang akan memilih diberi user id dan password. Ini dilakukan agar tak ada pemilih ganda, karena setiap user id hanya dapat digunakan satu kali. Cara ini juga dilakukan sebagai upaya kontrol, untuk memastikan semua siswa ikut serta dalam kegiatan ini. demikian juga dengan guru dan warga sekolah lainnya.

Selain ramah lingkungan, pemilu on line juga mempercepat penghitungan hasil pemungutan suara. Setiap suara yang masuk akan terhitung secara otomatis, sehingga dapat dilakukan quick count.

Pada pemilu tahun ini ada tiga pasangan calon ketua dan wakil OSIS. Pasangan nomor 1 adalah Fauzan-Nadia, nomor 2 Akbar-Felisya, dan nomor 3 Radja-Mentari. Setiap pasangan calon memiliki visi dan misi yang sebelumnya telah disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah, yaitu pada kegiatan orasi pasangan calon ketua dan wakil OSIS. Sehingga para pemilih memiliki alasan untuk memilih pasangan calon terbaik dari yang terbaik.

Kegiatan berjalan lancar. Terpilih pasangan No 1. Fauzan-Nadila sebagai pemenang denga perolehan 627 suara. Selamat bagi pasangan terpilih, semoga dapat menjalankan tugas dengan baik, melaksanakan program sesuai dengan visi dan misi yang telah direncanakan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post