Eneng Sumarni, S.S.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

KOMITMEN

#TantanganMenulisGurusiana Hari ke-79

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefenisikan kata komitmen sebagai perjanjian untuk melakukan sesuatu; kontrak. Berkomitmen berarti memiliki komitmen. Dalam bahasa Inggris, commitment berarti tanggung jawab terhadap pemenuhan janji. Orang yang komitmen, ia bertanggung jawab terhadap apa yang telah dijanjikannya.

Ketika seseorang membuat komitmen, berarti ia membuat janji yang harus ia penuhi. Seseorang yang mengucapkan dua kalimat syahadat berarti di telah membuat komitmen bahwa hanya akan menuhankan Allah, bukan yang lain dan bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah yang harus dia ikuti.

Ketika seseorang sudah bersyahadat lalu masih menuhankan selain Allah, masih meminta pertolongan kepada selain Allah, masih belum mau mentaati perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya maka ia telah merusak komitmennya sendiri.

Ketika bersyahadat bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah yang harus ditaati tapi ia tidak mau mengikuti sunah-sunahnya maka ia telah mencederai komitmen sendiri.

Maka jika sudah membuat komitmen, maka seseorang harus menerima konsekuensinya dan konsisten dengan komitmen yang sudah dibuat.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

"Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu."

QS. Al-Baqarah[2]:208

Gunung Sindur, 2 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Bun...

02 Jul
Balas



search

New Post