ENI ERAWATI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Penerapan Tugas Berbasis Online pada Kegiatan Wisata Religi Matsanesa

Penerapan Tugas Berbasis Online pada Kegiatan Wisata Religi Matsanesa

Kegiatan Tengah Semester (KTS) merupakan salah satu kegiatan yang menjadi program pembelajaran Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Surabaya. Kegiatan ini bisa berupa kegiatan pembelajaran di luar kelas, yang sering disebut dengan Outing Class atau Outdoor Learning Class. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap tahun di masing-masing jenjang dengan tujuan yang berbeda, menyesuaikan dengan materi pada mata pelajaran tertentu dan nantinya akan menghasilkan penilaian terhadap masing-masing individu siswa.

Kegiatan Tengah Semester dan penilaian di sebuah sekolah ibarat dua sisi mata uang, keduanya harus dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku. Pada Kegiatan Tengah Semester itu juga pastinya melibatkan para siswa dan guru. Kegiatan Tengah Semester itu bisa berupa:

a. Kegiatan Pekan Olah Raga dan Seni (PORSENI)

b. Karyawisata

c. Lomba kreativitas

d. Praktik pembelajaran.

Kegiatan Tengah Semester mempunyai tujuan untuk mengembangkan potensi siswa dalam rangka pengembangan pendidikan seutuhnya. Oleh karena itu, kegiatan tersebut diselenggarakan diarahkan untuk mengembangkan: a. Bakat, b. Keterampilan, c. Prestasi, d. Kreativitas siswa.

Di MTsN 1 Kota Surabaya setiap jenjang mempunyai Kegiatan Tengah Semester yang berbeda. Kegiatan Tengah Semester yang sasarannya siswa-siswi kelas 7 dinamai dengan kegiatan “Tadabbur Alam”. Kegiatan ini bermaksud agar siswa lebih mengenal terhadap kondisi alam yang merupakan hasil ciptaan Allah sebagai Sang Khalik. Terkait dengan kegiatan “Tadabbur Alam” ini ada beberapa penerapan tugas pada beberapa mata pelajaran, di antaranya Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Seni Budaya, dan Prakarya.

Sedangkan untuk jenjang kelas 8 MTsN 1 Kota Surabaya, Kegiatan Tengah Semester memiliki redaksi nama “Wisata Religi” seperti yang telah dilakukan pada hari ini, Rabu, 23 Oktober 2019. Seluruh siswa kelas 8 MTsN 1 Kota Surabaya melaksanakan kegiatan “Wisata Religi” mulai pagi hingga malam hari ini. Kegiatan ini selain bertujuan agar siswa bisa mengenal lebih dekat tentang sejarah Wali Songo, juga merupakan penerapan pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), meliputi Fiqih, Qur’an Hadist, Aqidah Akhlak, dan Sejarah Kebudayaan Islam.

Beberapa tempat yang menjadi tujuan kegiatan “Wisata Religi” kali ini adalah kegiatan ziarah pada makam para wali yang berada di area Jawa Timur, di antaranya:

1. Makam Sunan Ampel (Raden Rahmat)

2. Makam Sunan Giri (Raden Paku)

3. Makam Sunan Drajat ( Raden Qasim)

4. Makam Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi

5. Makam Sunan Bonang (Raden Maulana Makdum Ibrahim)

6. Masjid Agung Tuban dan Alun-alun Tuban

Setelah mengakhiri kegiatan ziarah para wali, saatnya para siswa mengerjakan tugas Lembar Kerja Siswa (LKS) mereka secara berkelompok. Ada yang menarik pada penugasan kali ini. Bertempat di alun-alun Kota Tuban, seluruh siswa kelas 8 MTsN 1 Kota Surabaya dengan enjoy mengerjakan tugas-tugas LKS nya via online dengan media handphonenya bersama kelompok masing-masing. Dan yang lebih menarik lagi, berbeda dengan penugasan-penugasan sebelumnya, seluruh siswa sangat exited, karena pasca mengerjakan LKS via online tersebut, mereka langsung mengetahui nilainya. Betul-betul pembelajaran berbasis IT yang sangat luar biasa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post