ENI ERAWATI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
“Teatrikal Kolosal” pada Peringatan Hari Pahlawan, “Aku Pahlawan Masa Kini” MATSANESA JAYA
Peran Kompeni Belanda dan Jepang ala Matsanesa

“Teatrikal Kolosal” pada Peringatan Hari Pahlawan, “Aku Pahlawan Masa Kini” MATSANESA JAYA

Hari ini, tepat pada tanggal 11 November 2019, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Surabaya, melaksanakan agenda Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) yakni Peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2019, bertepatan dengan hari Minggu. Kegiatan ini masih dalam satu rangkaian kegiatan dengan kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H, yang telah usai dilaksanakan pada Jumat, 8 November 2019 yang dikemas dalam “Entrepreneur Day”.

Setelah seluruh siswa kelas 7, 8, dan 9 melaksanakan Sholat Dhuha berjamaah dan pengarahan dari Ibu Suyanti, S.Pd., mereka diarahkan ke lapangan untuk menyaksikan kegiatan yang sangat menarik dan luar biasa sekali. Bapak/ibu guru dan pegawai pun siap untuk berperan sesuai dengan peran yang diperolehnya. Teatrikal Kolosal ini disutradarai oleh Ibu Farida Kusmarheni, S.Pd. Beliau adalah seorang guru pengampu Mata Pelajaran Seni Budaya yang sangat multi talenta. Terima kasih, Ibu!

Teatrikal Kolosal ini merupakan hasil kemasan dalam Peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2019. Peringatan Hari Pahlawan tahun ini mengambil tema “Aku Pahlawan Masa Kini”. Sedangkan jika dikorelasikan dengan pelaksanaan Teatrikal Kolosal, sangatlah bersinergi, karena Teatrikal Kolosal ini bertemakan “Memerangi Kemalasan yang Mengakibatkan Kebodohan”. Sehingga dua tema tersebut jika digabungkan menjadi “Aku Pahlawan Masa Kini, Siap Melawan Kemalasan”. Bapak/Ibu Guru dan pegawai beserta siswa yang bertugas, sejak beberapa hari yang lalu sudah menyiapkan diri untuk menyewa kostum serta properti yang sangat cocok dalam kegiatan. Ada yang berperan sebagai tentara Kompeni Belanda, tentara Jepang, masyarakat pribumi, tentara Indonesia, termasuk para siswa sebagai anak, baik anak –anak pribumi, anak Belanda, anak Jepang. Selain itu juga terdapat tampilan dari para Dega (Dewan Galang) ekstra kurikuler Pramuka MTsN 1 Kota Surabaya yang juga sangat luar biasa.

Inti dari cerita yang ditampilkan, berawal dari penduduk desa atau masyarakat pribumi yang bermalas-malasan dalam belajar (terutama), akhirnya dengan sangat mudah untuk ditindas oleh kaum Kompeni dan Jepang. Mereka, penduduk desa menyerah dan tidak berdaya. Akhirnya dengan adanya semangat yang dikobarkan oleh tentara Indonesia, akhirnya penduduk desa atau masyarakat pribumi kembali bangkit, semangat kembali muncul. Mereka bersemangat untuk kembali merebut desanya kembali dan berkomitmen untuk siap berubah menjadi lebih baik. MERDEKA!!!ALLAHU AKBAR!!!

Pasca Teatrikal Kolosal, terdapat 20 doorprize yang disiapkan oleh panitia dan ditujukan kepada seluruh siswa yang bisa menjawab pertanyaan seputar pelaksanaan Teatrikal Kolosal tadi. Setelah itu dilanjutkan dengan pembagian hadiah pemenang pada lomba “Entrepreneur Day”. Telah diumumkan oleh Ibu Asmiati, S.Pd., M.Pd. selaku koordinator lomba, terbaik kelas 7 diraih oleh kelas 7A, terbaik kelas 8, diraih oleh kelas 8G, dan terbaik kelas 9, diraih oleh kelas 9A. Masing-masing pemenang lomba mendapat hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp 200.000,00. SELAMAT DAN SUKSES!!!

Jeda kurang lebih 30 menit, seluruh siswa diarahkan masuk ke ruang kelas masing-masing untuk kegiatan absensi dan istirahat. Tepat pukul 10.00 WIB, dipandu doa bersama dari sentral, siswa-siswi diberikan ijin untuk melakukan kegiatan belajar di rumah, dikarenakan Bapak/ibu Guru siap melaksanakan agenda kegiatan berikutnya, yaitu Pembinaan Pengisian SiEka (Sistem Informasi Elektronik ASN (Aparatur Sipil Negara)) dan Penyusunan PTK (Penelitian Tindakan Kelas).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post