Eni Junaeni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Ketika disiplin harus dibarengi dengan denda

Bangunan sekolah tempatku mengajar terlihat megah dan asri. Halamanya luas, tanaman di depan tiap kelas tertata rapi, tempat sampah juga ada di depan tiap kelas. Tidak ada sampah berserakan.

Tiap jam istirahat, halaman ramai oleh anak - anak yang bermain. Ada yg berlari - lari, main bola voli, gopak sodor, dll. Ada yg sekedar duduk sambil ngobrol dan makan jajanan mereka. Nah inilah pangkal masalahnya. Mereka tidak membuang kemasan atau bungkus bekas jajanan mereka ke tempat sampah. Sehingga nampak berserakan di mana - mana.

Tukang kebon skolah nampak kewalahan membersihkan sampah - sampah tadi. Apa lagi harus dua kali membersihkan. Pada saat istirahat petama dan kedua. Hal itu berlangsung setiap hari.

Setelah berembug dengan kepala sekolah dan teman - teman, akhirnya kami memutuskan mendisiplinkan anak - anak denga cara memberikan denda bagi mereka yg membuang sampah tidak pada tempatnya. Setiap wali kelas bertugas memberi pengarahan pada anak - anak. Pemberian denda terpaksa diberikan karena sudah berbagai cara diterapkan tapi kurang memberikan hasil yang maksimal.

Sejak belakunya sanksi denda, halaman sekolah dan halaman depan tiap kelas bersih dari sampah. Rupanya, buat mereka sangat sayang kalau harus mengeluarkan uang untuk membayar denda. Tapi kami tidak tahu sampai kapan disiplin yang dibarengi dengan denda itu akan bertahan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post