Eni Pesma

Guru Fisika SMAN 4 SIJUNJUNG ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Emosi Positif

Emosi Positif

Selasa, 8 September 2020Berbagai perasaan yang diharapkan oleh manusia, seperti rasa senang, suka, dan gembira merupakan emosi positif.

Berikut 10 emosi positif menurut Barbara Fredrickson:

Joy atau gembira. Orang yang memiliki joy akan selalu bersemangat, dan memiliki pengalaman-pengalaman yang menyenangkan bersama orang lain. Gratitude atau bersyukur. Orang yang bersyukur menyadari bahwa apa pun yang mereka terima adalah keberuntungan yang bernilai bagi diri mereka. Serenity atau ketenangan, ketenteraman, kedamaian. Orang yang memiliki serenity akan merasa segala sesuatu terjadi sesuai dengan apa yang seharusnya. Mereka tidak pernah merasa gundah dan memprotes keadaan yang mereka hadapi. Interest atau berminat, tertarik. Orang yang memiliki interest selalu menemukan hal baru dalam hidupnya. Mereka selalu ingin tahu keadaan orang lain yang ada di sekitar mereka. Hope atau harapan. Orang yang memiliki hope yakin bahwa segala sesuatu akan berakhir dengan baik. Masalah yang mereka hadapi saat ini adalah perkara sementara yang tidak akan berlangsung selamanya. Pride atau kebanggaan. Orang yang memiliki pride merasa dirinya bermartabat, penting. Perasaan ini lahir dari sebuah pencapaian atau accomplishment, bukan pemberian dari orang lain. Amusement atau terhibur. Orang yang tertawa bersama orang lain di sekitarnya karena merasa terhibur dalam interaksi sosial di antara mereka. Orang yang mendapatkan yang mencerahkan, aha experience, dan bisa memberikan insight kepada orang lain yang ada di sekitar mereka. Awe atau terpesona, takjub. Orang yang memiliki awe mudah merasa takjub dengan apa yang mereka alami. Ada perasaan betapa kecilnya diri mereka di hadapan keagungan Sang Maha Kuasa. Love atau cinta. Love adalah kompilasi dari 9 emosi positif sebelumnya. Orang yang memiliki kasih sayang dan ketertarikan emosional yang kuat sehingga selalu merasa terhubung satu sama lain.

Menurut Barbara Fredrickson seseorang harus memiliki 3 emosi positif untuk 1 emosi negatif. Emosi positif memperluas perhatian seseorang terhadap apa yang mereka alami. Sedangkan emosi negatif mempersempit perhatian agar kita fokus dengan masalah yang kita hadapi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post