Dra. Enung Kartini, M. Pd.

Sebagai guru adalah sebuah anugerah dari Allah yang harus saya jaga keamanahannya. Guru BK adalah tugas yang saya emban. SMP Negeri 2 Cileunyi Kab. Bandung menj...

Selengkapnya
Navigasi Web
10 T DARI 30 T

10 T DARI 30 T

10 T DARI 30 T METODE PENDIDIKAN ISLAMI

Oleh: Enung Kartini

Dalam rangka mewujudkan anak didik yang shalih sesuai dengan syari’at Islam, perlu kiranya kita, para guru sebagai pendidik mengenal konsep-konsep pendidikan dalam Al-Qur’an. Konsep-konsep pendidikan Islam bersumber dari Allah SWT yang disampaikan untuk manusia melalui RasulNya. Tujuannya tentu untuk mengajak manusia ke jalan kebenaran yang diridlai oleh Allah SWT.

Berdasarkan konsep-konsep dalam Al Qur’an, terutama tentang berbagai metode dakwah yang dipraktekkan oleh para Rasul Allah dapat kita jadikan referensi dalam membangun metodologi pendidikan dengan menanamkan jiwa agama pada anak didik.

Dalam tulisan ini saya akan menyampaikan 10 dari 30 metode pendidikan yang dikemukakan oleh M. Thalib dalam bukunya yang berjudul “Pendidikan Islami metode 30 T”.

Adapun 10 T yang dimaksud yaitu:

1. Ta’liim (Memberi Tahu).

Ta’liim secara harfiah artinya memberitahukan sesuatu kepada seseorang yang belum tahu.

2. Tabyiin (Memberi Penjelasan)

Tabyiin yaitu memberi penjelasan lebih jauh kepada lawan bicara setelah dia mengajukan permintaan pejelasan lebih jauh atas pemberitahuan yang diterimanya atau menyampaikan sanggahan atas keterangan yang diterimanya karena ingin mendapatkan penjelasan lebih mendalam mengenai obyek pembicaraan.

3. Tafshiil (Merinci)

Tafshiil adalah cara untuk memberi keterangan secara detail mengenai suatu masalah agar lawan bicara memperoleh pengertian secara utuh dan mendalam mengenai berbagai sifat dari obyek yang dibicarakan, sehingga diharapkan apa yang hendak dilakukan berkenaan dengan obyek pembicaraan itu terlaksana dengan utuh dan benar

4. Tafhiim (Memahamkan)

Tafhiim ialah memberikan pengertian tentang suatu masalah dengan merumuskan obyek secara utuh, baik benda, keadaan, persoalan, atau kasus.

5. Tarjiih (Memilih yang Lebih Mendekati Kebenaran)

Tarjiih adalah usaha memilih satu dari dua atau lebih pendapat, mana yang lebih kuat alasannya atau yang lebih mendekati kemaslahatan agama dan kehidupan.

6. Tahjiir (Menjauhkan Diri)

Tahjiir yaitu meninggalkan atau menjauhkan diri dari orang yang berbuat tidak baik setelah yang bersangkutan tidak mempan diluruskan kesalahannya.

7. Tahriim (Melarang)

Tahriim yaitu melarang atau mengharamkan sesutau untuk dilakukan

8. Tadaarus (Mengulang-ulang)

Tadaarus adalah mempelajari suatu masalah bersama-sama secara berulang kali atau dengan cara seorang membaca dan yang lain menyimak untuk mengoreksi kesalahannya.

9. Tahriidl (Mengobarkan Semangat)

Tahriidl ialah membangkitkan dan mengobarkan semangat untuk menghadapi rintangan besar atau kekuatan yang lebih besar.

10. Ta’tsiir (Menggugah Rasa Kepedulian Sosial)

Membangkitkan rasa kepedulian orang pada hal-hal yang bersifat peka atas penderitaan orang lain atau kepentingan-kepentingan orang lain disebut Ta’tsiir.

Demikian kesepuluh metode pendidikan Islami yang bisa kita terapkan dalam usaha mendidik anak, baik anak kandung maupun anak didik kita. Semoga apa yang kita amalkan membuahkan hasil yang baik dan tentu tujuan utama kita adalah mendapat ridho Allah SWT.

Masih ada 20 T lainnya yang dapat kita jadikan panduan mendidik anak. Insya Allah pada tulisan berikutnya akan saya sampaikan.

Terima kasih sudah mampir teman-teman…

Salam literasi

Bandung, 20 Maret 2021

Gambar oleh https://pandaibesi.com/metode-pembelajaran/

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Informatif dan mencerahkan bunda. Lanjutkan dengan T berikutnya. Terimakasih telah setia mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk saling SKSS.

20 Mar
Balas

Alhamdulillah...Terima kasih suportnya Bapak. sukses selalu untuk Bapak Kepsek yang literat ini....Salam literasi

20 Mar

Lanjutkan bunda ....

21 Mar
Balas

Siap. Insya Allah...

21 Mar

Keren sekali ulasannya Bunda. Salam literasi dari Grobogan.

20 Mar
Balas

Aahamdulillah....Terima kasih atas apresiasinya....Salam literasi dari Bandung

21 Mar

Alhamdulillah, bermanfaat Bunda. Sae pisan ulasanna. Nepangkeun, abdi ti Lembang. Ijin folow. Folower ka-98. Semoga sehat dan sukses selalu ya Bun aamiin

20 Mar
Balas

Masya Allah meni bingah tepang sareng dulur saSunda. Abdi ge pun Biang ti Lembanng, Cihideung Gudang...Cibodasna Manokko atanapi Leuweung Datar? Mangga ku abdi difollback nya....

20 Mar

Hatur nuhun folbackna. Abdi Cibodas leuweung datar, ti maribaya ka tonggoh. SDN Cibeunying, desa Cibodas kec. Lembang. Abdi di perumahan SD.

20 Mar

Ulasan yang mantap dan keren

21 Mar
Balas

Alhamdulillah... Terima kasih apresiasinya Bun...Salam literasi.

22 Mar

Ulasan yg keren bucan, trimakasih sudah berbagi ilmu

20 Mar
Balas

Alhamdulillah....Apa kabar Buncan, saya baru mulai lagi nih....

20 Mar

sangat bermanfaat bunda

23 Mar
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih BUn Salam literasi

25 Mar

ulasan yang informatif dan mencerahkan bunda. sehat sukss sll nggih

21 Mar
Balas

Alhamdulillah...Terima kasih Bun...Aamiin YRA....Sehat selalu Bun

21 Mar

Keren ulasannya. Terimakasih sangat bermanfaat. Salam literasi

20 Mar
Balas

Alhamdulillah...Terima kasih apresiasinya Bun...Salam literasi

20 Mar



search

New Post