Dra. Enung Kartini, M. Pd.

Sebagai guru adalah sebuah anugerah dari Allah yang harus saya jaga keamanahannya. Guru BK adalah tugas yang saya emban. SMP Negeri 2 Cileunyi Kab. Bandung menj...

Selengkapnya
Navigasi Web
BANGUN TERTATIH

BANGUN TERTATIH

BANGUN TERTATIH

Oleh: Enung Kartini

Sudah dua atau tiga hari ini saya mulai membuka buka lagi tulisan saya di Gurusiana. Tapi baru hari ini saya fokus pada tanggal terakhir saya memosting tulisan saya di dalamnya. Astaghfirullah ternyata sudah cukup lama saya tidak menulis. Terakhir saya menulis tanggal 03 september 2020. Ini berarti 6 bulan atau setengah tahun yang lalu.

Sebetulnya ada kegelisahan ketika sesuatu yang sudah dibiasakan sekitar 6 bulan (Maret 2020 sampai dengan September 2020) tidak dilakukan lagi. Saya istirahat menulis setelah menerima sertifikat emas dari Gurusiana--padahal ini tidak perlu dilakukan--. Saat itu saya merasa lelah dan jenuh, apalagi sebulan kemudian suami terkena Covid-19 lengkaplah alasan saya untuk istirahat menulis. Saya shock saat itu.

Sekitar tiga bulan yang lalu, saat suami dinyatakan sembuh dari sakitnya saya mulai ingin menulis lagi. Usaha pertama adalah membuka laptop untuk menulis apa saja yang penting menulis. Tapi entah mengapa ada saja godaan untuk membatalkan kegiatan tersebut. Godaan berupa WA yang harus dibalas. Godaan perasaan cape yang memaklumi saya untuk duduk santai sambil bermain game di phonecell dan godaan-godaan lainnya yang akhirnya kegiatan menulis tidak pernah dimulai. Dan laptoppun ditutup kembali tanpa hasil tulisan.

Belakangan ini saya merasakan badan ini banyak keluhan disetiap bagiannya, mungkin ini faktor usia yang sudah tidak muda lagi, maklum lahir tahun 60an ha ha ha… Ingin rasanya rasa sakit ini diceritakan kepada orang lain, tapi kepada siapa? Dengan teman sudah jarang sekali bertemu karena kami lebih sering bekerja di rumah. Ada jadwal piket ke sekolahpun jadwalnya tidak bersamaan dengan sahabat yang dipercaya mendengar cerita saya. Mau curhat ke anak, tidak mungkin. saya merasa kasihan mereka begitu banyak tanggung jawab pekerjaan yang memerlukan pemikiran, saya tidak tega menambahnya dengan keluh kesah diri ini. Curhat ke suami? Aah lebih kasihan lagi karena dia keluhannya lebih banyak dari saya.

Disaat bingung seperti itu, saya ingat pada tulisan di Gurusiana. Mengapa saya tidak menulis lagi? Maka hari kemarin saya mulai menuliskan apa yanng saya rasakan (bukan untuk dipublikasikan he…). Setelah selesai menulis saya merasa lebih rileks. Kecemasan yang ditimbulkan oleh rasa sakit sedikit berkurang.

Benar menurut pendapat banyak orang bahwa antara menulis dan membaca itu mempunyai hubungan yang erat dan harmonis. Ketika saya mulai menulis walau awalnya hanya menuliskan apa yang saya rasakan, memberi dampak motivasi untuk menulis hal lain. Nah dalam menulis berikutnya saya perlu membaca buku, maka dimulailah kebiasaan lama yang sudah agak ditinggalkan juga untuk dimulai lagi yaitu membaca.

Sayapun mulai mengunjungi tulisan teman-teman di Gurusiana. Ini memancing gairah saya untuk melakukan hal yang sama seperti teman-teman. Dari kegiatan kunjungan inilah saya bertekad untuk mulai aktif lagi menulis. Semoga ya Allah… .

Salam literasi,

Bandung, 19 Maret 2021

Photo by: https://www.jakartakerja.com/pekerjaan-untuk-orang-yang-gemar-menulis/

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah sudah hadir kembali. Semangat buk. Saya salut dan saya suka. Saya follow ya buk

20 Mar
Balas

Alhamdulillah...Terima kasih suportnya Bu...baik Ibu akan saya follback ya...

20 Mar

Semangat pantang kendur bunda, maju terus pantang mundur bunda. Semoga pandemi COVID-19 segera berakhir. Terimakasih telah berkunjung ke sriyonospd.gurusiana.id untuk saling SKSS.

20 Mar
Balas

Aamiin Pak...Terima kasih supportnya....sukses selalu untuk Bapak. Salam literasi...

20 Mar

Alhamdulillah, sehat selalu bunda... semoga semakin berkah... Aamiin

19 Mar
Balas

Aamiin yaa Rabbal'aalamiin, terima kasih doa dan apresiasinya...salam literasi

19 Mar

Alhamdulillah, semangat bun. Niatkan tulisan kita sebagai sedekah. Semoga sehat n bahagia selalu bersama keluarga tercinta. Barokallah

20 Mar
Balas

Aamiin yaa Rabbal'aalamiin....Terima kasih suportnya Mbak cantik. Doa yang sama untuk keluarga di sana...

20 Mar

selamat kembali menemukan gairah menulis lagi ya bunda salam literasi

19 Mar
Balas

Alhamdulillah....Terima kasih apresiasinya Bun...Salam literasi.

19 Mar

inspirasi buat saya Bunda ... saya juga lama.... belum memulai lagi... menulis adalah obat Bunda... managemen yang kurang pas kurasa sebagai kendala... moga saya segera menyusul semangat Bunda...

22 Mar
Balas

Ayo Bun kita mulai...Terima kasih sudah mampir ya...Salam literasi

22 Mar

inspirasi buat saya Bunda ... saya juga lama.... belum memulai lagi... menulis adalah obat Bunda... managemen yang kurang pas kurasa sebagai kendala... moga saya segera menyusul semangat Bunda...

22 Mar
Balas

Semangat dan sukses selalu bunda.ijin sybafollow...follow bcak ya...

20 Mar
Balas

Terima kasih supportnya....terima kasih sudah follow. Sudah saya follback ya...

20 Mar



search

New Post