Dra. Enung Kartini, M. Pd.

Sebagai guru adalah sebuah anugerah dari Allah yang harus saya jaga keamanahannya. Guru BK adalah tugas yang saya emban. SMP Negeri 2 Cileunyi Kab. Bandung menj...

Selengkapnya
Navigasi Web
IKHLAS

IKHLAS

IKHLAS

Oleh: Enung Kartini

Ada kisah yang diceritakan oleh Ustadz Khalid Basalamah dalam ceramahnya. Kisah ini menceritakan tentang seseorang yang memiliki tingkat keikhlasan sangat tinggi. Tidak disebutkan siapa namanya, karena yang penting menurut beliau adalah hikmah dari perilakunya tokoh tersebut.

Dikisahkan dahulu kala di Madinah Arab Saudi ada seorang lelaki yang setiap malam keluar rumah memikul gandum dalam karung untuk dibagikan kepada orang-orang yang miskin. Setiap rumah orang miskin dia datangi untuk diberi sekantong plastik gandum seberat kurang lebih 1 kg. Gandum tersebut dia simpan di depan pintu tanpa orang yang diberinya tahu. Selesai rumah yang satu dia beranjak ke rumah orang miskin lainnya. Itu dia lakukan setiap malam selama hidupnya. Tak ada seorangpun yang tahu dia melakukan itu. Dia memang tidak mau diketahui orang lain karena dia takut menjadi tidak ikhlas. Dia hanya ingin Allah SWT yang tahu.

Ketika dia meninggal barulah diketahui dia beramal shalih seperti itu. Bagaimana akhirnya diketahui bahwa lelaki itu punya amal shalih yang tidak pernah diketahui orang? Ketika dia meninggal, yang memandikan jenazahnya bertanya kepada istri si lelaki itu.

“Karena apa pundah mendiang suamimu begitu hitam?”

Rupanya yang memandikan jenazah melihat dipundak kanan ada kulit yang menghitam karena beban berat yang sering dia pikul. Ditanya begitu si istri menjawab,

“Saya tidak tahu kenapa, karena dia tidak pernah cerita penyebabnya dan sayapun tidak berani bertanya. Hanya saja yang saya tahu tiap malam dia keluar rumah memikul sendiri bahan makanan dalam karung dan keluar rumah.”

Rupanya kepada istrinyapun dia tidak bercerita bahwa dia membagi-bagikan bahan makanan itu ke orang-orang miskin di kotanya. Mungkin akan berbeda kalau istrinya itu Penulis, pastu maksa ingin tahu he he…jangan ditiru ya. Akhirnya semua masyarakat tahu amal ibadah dia semasa hidup ketika orang-orang miskin di kota tersebut mengeluh. Sejak lelaki itu meninggal tak ada lagi bahan makanan yang dia temukan di depan pintu rumah mereka.

Masya Allah mengagumkan sekali kerendahan hati dan keikhlasan beramal shalih lelaki ini. Berbanding terbalik dengan yang terlihat masa kini. Amal sedikitpun kadang tersebar luas di masyarakat karena ketika memberikannya harus terekam kamera. Walaupun itu tidak salah asal niatnya memberi contoh. Semoga niatnya ingin jadi suri tauladan. Ikhlas ini penting karena Allah menyukai orang-orang yang merahasiakan amal baiknya.

Aamiin…

Kata ikhlas mudah diucapkan tidak mudah dilaksanakan, tapi harus diuasahakan. Ustadz Kahlid Basalamah mengatakan, ikhlas adalah dimana pujian dan hinaan sama nilainya dalam dirimu. Dalam sekali maknanya ya para pembaca. Ini berarti bahwa orang ikhlas tidak mememlukan pujian dan tidak sakit hati dengan hinaan atau caci maki. Ciri orang ikhlas adalah tidak pernah menceriterakan amalnya kecuali kalau ditanya, baru dia menjawab.

Wallahu ‘alam bishawab..

Salam literasi

Bandung, 15 Juli 2020

Disarikan dari ceramah Ustadz Khalid Basalamah di YouTube tanggal 9 Juni 2020

Gambar diambil dari: https://daarulabroor.com/ikhlas-itu-ruh-semua-amal/

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga kita selalu menjadi orang yang senantiasa ikhlas.....Aamiin.

16 Jul
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih sudah mampir Mbak Catur. Salam

18 Jul

Sangat menginspirasi ilmu ikhlas. Ibu sudah saya follow, follback ya

15 Jul
Balas

Terima kasih Bu Eti sudah mampir. Saya juga sudah follow ya. Salam

18 Jul

Sangat inspiratif..

18 Jul
Balas

Terima kasih Mbak Susi apresiasinya. Salam...

18 Jul

benar menyebut kata ikhlas memang sangat mudah namun menjalankannya sungguh terlalu sulit.

16 Jul
Balas

He he he.... Terima kasih sudah mampir Mbak Mardiawati..

18 Jul

betul sekali, bu..ikhlas memang mudah dilisan tapi sulit dilakukan..apik hikmah dari perjalanan ibadahnya..salut

16 Jul
Balas

Terima kasih Pak Eko apresiasinya...

18 Jul

Ilmu baru...Tulisan penuh nasehat...Khususnya keikhlasan....Amal ibadah yg tak perlu dipamerkan.....Kerennn tulisannya Bun...

15 Jul
Balas

Terima kasih apresiasinya Bucan Kartina... Salam

18 Jul

Tulisan yang sangat menginspirasi, makasih taushiyahnya Bu Enung....

18 Jul
Balas

Sama-sama Mbak Defi... Terima kasih apresiasinya..

18 Jul

Terima kasih sudah berbagi ilmunya. Sehat dan sukses selalu.

15 Jul
Balas

Aamiin... Sama-sama Pak Suhargo. Terima kasih sudah mampir..

18 Jul

Tulisan yg keren Bu, penuh nasehat dan ilmu di dalamnya

15 Jul
Balas

Terima kasih Buncan Amel... Salam lliterasi,

19 Jul

Semoga kita selalu menjadi orang yang senantiasa ikhlas, apa yang kita terima.

15 Jul
Balas

Aamiin yaa Rabbal'aalamiin... terima kasih apresiasinya Mbak Farida.

19 Jul

Tulisan inspiratif, penuh hikmah kebajikan dan tuntunan hidup. Operasional dan wajib dilaksanakan bagi kaum muslimin. Salam literasi.

15 Jul
Balas

Terima kasih apresiasinya Pak Edi. Salam lliterasi

19 Jul

Subhanallah.... cerita yang sangat bermanfaat... menginfirasi... keren bun

15 Jul
Balas

Terima kasih Mbak Solvia...

19 Jul

Subhanallah terima kasih ilmunya Bh Enung. Semoga kita tetap istiqamah. Aamiin.

15 Jul
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih apresiaisnya Mbak Elina. Salam literasi

19 Jul



search

New Post