Dra. Enung Kartini, M. Pd.

Sebagai guru adalah sebuah anugerah dari Allah yang harus saya jaga keamanahannya. Guru BK adalah tugas yang saya emban. SMP Negeri 2 Cileunyi Kab. Bandung menj...

Selengkapnya
Navigasi Web
REMAJA INSPIRATIF

REMAJA INSPIRATIF

REMAJA INSPIRATIF

NAZWA SUCI RAHMANI

Oleh: Enung Kartini

Dua tahun sudah pandemi terjadi. Diawal terjadi, begitu banyak sisi kehidupan yang berubah drastis, bahkan sampai sekarang. Saat ini kehidupan belum normal. Mungkin tak akan pernah seperti dulu lagi. Segalanya harus disesuaikan dengan keadaan. Mau tidak mau. Suka tidak suka. Banyak hal yang menjadi tekanan hidup. Sektor ekonomi melemah. Sektor pendidikan tersendat. Sektor pariwisata tak menggairahkan seperti biasanya. Begitu banyak kesedihan dan kebingungan dialami oleh hampir semua orang dari berbagai kalangan, termasuk di dunia pendidikan. Bagaimana tidak bingung dan sedih? Guru dan siswa kehilangan kesempatan untuk berinteraksi secara langsung. Kalaupun tetap ada interaksi secara virtual, efektivitasnya tidak seperti kalau interaksi tatap muka.

Penggunaan gawai sebagai sarana belajar, tidak sepenuhnya memenuhi harapan. Bahkan begitu banyak siswa yang menggunakan kesempatan ini untuk memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Dengan alasan mengerjakan tugas-tugas sekolah mereka berselanjar di dunia maya dengan gawainya untuk menemukan hal-hal negatif. Begitu mudahnya informasi masuk rumah melalui teknologi informasi. Ini sangat mempengaruhi kehidupan remaja yang notabene adalah pelajar.

Sistem yang tidak teratur memuat pola interaksi antara remaja dan lingkungannya menjadi tidak stabil. Banyak dari remaja yang tidak produktif lagi, anak-anak bahkan para remaja memanfaatkan banyak waktunya dengan bermain, malas belajar dan sekolah karena tidak sistematisnya pola pembelajaran di lingkungan sekolah saat ini. Tak heran pandemi ini menimbulkan masalah sosial yang baru yaitu semakin meningkatnya kenakalan remaja di tengah masyarakat.

Ditengah hiruk pikuk dan hingar bingar kehidupan remaja yang semakin tak terkendali, saya menemukan seorang remaja putri yang bisa dijadikan contoh panutan. Bagaimana dia menyikapi keadaan (masa pandemi ini), bagaimana dia mengisi waktu dengan sesuatu yang positif dan bagaimana dia menggali bakat dan potensi diri menjadi sesuatu yang bernilai. Semoga cerita tentang remaja yang satu ini akan memberikan motivasi bagi remaja lainnya.

Nazwa Suci Rahmani Nama yang cantik secantik orangnya. Terlahir sebagai anak bungsu dari pasangan suami istri Bapak Drs. H. Mumu Abdurrohman, M. Pd. dan Ibu Dra. Hj. Imas Kurniati, M. Ag. Kedua orang tuanya adalah pendidik. Ayah seorang dosen dan Ibu seorang guru. Nazwa, begitu biasa dia disapa mengisi hari-harinya dengan berbagai kegiatan yang menarik dan tidak membosankan. Disamping tugas belajar, Nazwa yang kini duduk di kelas 10 MAN 1 Kota Bandung , dia juga mempunyai kegiatan yang tidak banyak remaja menekuninya. Apa saja kegiatannya?

1. Membuat pakaian rajutan. Yang menarik dan mengagumkan dari kegiatannya ini karena diawali dengan ketidakbisaannya merajut. Dia mengaku awalnya betul-betul tidak bisa merajut. Jangankan merajut baju katanya, merajut benda-benda kecil saja tidak bisa. Tapi karena keinginan nya untuk bisa sangat besar, maka dia dengan tekun belajar. Lebih menarik lagi kaena belajarnya autodidak (belajar sendiri). Remaja putri yang cantik ini memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dengan sangat cerdas. Melalui Youtube, Instagram atau Tiktok, Nazwa mempelajari bagaimana cara merajut. Betul-betul belajar sendiri dari nol. Usaha yang serius, tekun dan sabar membuahkan hasil yang manis berupa karya-karya rajutan yang cantik. Pelajaran yang bisa kita ambil, “Tidak ada kata tidak bisa bila kita mau belajar dan tekun mempelajarinya”

2. Kreativitas lainnya yang dia kerjakan adalah membuat karya kerajinan tangan berupa konektor masker manik-manik. SMART! Yups, smart kata yang tepat untuk remaja putri seperti ini. Disaat remaja seusianya bingung dengan keadaan pandemi ini, dia terpikir untuk membuat sesuatu yang sangat berguna untuk mendukung pelaksanaan protokol kesehatan. Dan imbas positifnya dia menerima banyak pesanan baik dari saudara, teman dan konsumen lainnya. Tentu bukan dipesan gratis ya. Pelajaran apa yang bisa kita ambil? “Berkaryalah, rizki insya Allah mengikutimu”

3. Hobi menggambar membawa Nazwa untuk menggambari apa saja benda yang ada di sekitarnya. Karena dilakukan dengan segenap rasa senang, maka bagi Nazwa menggambar adalah kegembiraan dan hiburan. Ketika merasa bosan dengan warna pintu kamarnya yang itu-itu saja maka jiwa seninya menuntut dia untuk mengambil cat dan kuas. Selanjutnya tangan lentik nan cantik menggoreskan cat warna warni dengan kuas sebagai alatnya. Hasilnya, pintu kamar sang remaja putri menjadi cantik, indah dipandang mata. Nasib yang sama baiknya dialami oleh phonecell yang dia miliki, berhias lukisan tangannya. Pelajaran yang bisa kita dapat. “Benda di s ekitar kita bisa menjadi sahabat sejati orang kreatif menuangkan idenya.”

4. Krestivitas menyenangkan lainnya yang Nazwa buat adalah membuat cincin dari clay. Hasilnya lucu-lucu dengan warni-warni ceria. Mungkin selintas terlihat seperti mainan anak kecil, tapi kalau melihat hasilnya, ini memperlihatkan daya imajinasi yang bagus. bentuk cincin yang unik dan menarik. Pelajaran yang bisa diambil, “Tidak ada kreativitas yang sia-sia, semua membuat kreatornya berbeda dari yang lain”

5. Selain empat keterampilan di atas, ternyata Nazwa juga bakat bisnisnya keren juga. Idhul Fitri yang baru lalu merupakan saat dimana Nazwa mengembangkan jiwa usahanya dengan menjual hampers lebaran. Hampers lebaran gaya remaja dengan ciri khas unik, lucu, tidak terlalu mahal. Pelajaran yang bisa kita dapat, “Dimana ada kesempatan berkarya di situ ada peluang usaha”

Pemanfaatan teknologi informasi ternyata bukan hanya untuk menuntut ilmu-ilmu keterampilan yang sekarang dia miliki, tetapi juga dimanfaatkan untuk menjual hasil-hasil karyanya. Nazwa sudah menjual hasil karyanya dengan memanfaatkan Market Place yang ada. Keren bukan?

Nazwa adalah salah satu dari sekian banyak remaja yang ditakdirnya mengalami masa sulit ini. Masa dimana semua orang bekerja di rumah. Nazwa juga mengalami hal sama dengan remaja lain yang merasa bosan di rumah, pelajaran banyak tidak dimengertinya, tidak ada kesempatan berinteraksi dengan teman dan berbagai ketidaknyamanan lainnya. Walaupun keadaan seperti itu bagi Nazwa tidak ada alasan untuk menyesali keadaan. Sebaliknya dia berusaha mengisi hari-harimya dengan kegiatan yang menyenangkan, berguna dan bahkan menghasilkan uang.

Kalau Nazwa bisa, tentu remaja lainnya pun akan bisa. Syaratnya berkemauan, tekun, sabar dan lakukan.

Salam literasi,

Bandung, 11 Juni 2021

Gambar: Dokumentasi pribadi Nazwa Suci Rahmani

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren tulisannya Ceu...Lewat tulisan ini menjadi tahu, ternyata ada seorang putri rekan kerja kita yang sungguh kreatif ...Salam sukses untuk terus berkarya ya Bu Enung Kartini

11 Jun
Balas

Alhamdulillah....Terima kasih apresiasinya Bu Ria... Aamiin yaa Rabbal'aalamiin...

11 Jun

Wow, ulasannya mantap keren bun, infornatif dan menginspirasi . Senoga sehat dan sukses selalu..

11 Jun
Balas

Keren pisan teh... Nazwa adalah anak jenius, ia mampu keluar dari zona nyamannya anak2 sekolahan.. di tengah keterbatasan ruang gerak karena covid, ia tetap terus berkarya... Luar biasa... Sukses selalu

12 Jun
Balas

Keren sekali Nazwa, Barokallah Bu Enung Kartini, salam sehat dan terus berkarya dan berbagi, jangan lupa SKSS di Gurusiana

11 Jun
Balas

Alhamdulillah.....Terima kasih apresiasinya Pak Haji...Kenapa saya tidak bisa nulis komentar di tulisan Pak haji ya?...

11 Jun

Infomatif dan mencerahkan bunda.Dua anak pakde semuanya sarjana tapi juga pilih usaha sendiri di rumah. Selamat sore selamat menikmati kebersamaan dengan keluarga tercinta walaupun di rumah saja. Terimakasih telah berkunjung ke sriyonospd.gurusiana.id untuk SKSS.

11 Jun
Balas

Keren banget ulasannya

14 Jul
Balas

Keren ulasannya

23 Aug
Balas

Nazwa yang luar biasa. sehat dan sukses selalu Bu cantik

12 Jun
Balas

keren bun.... salam kenal dan sukses selalu

12 Jun
Balas

Remaja Keren. Luar biasa. Salam sukses selalu.

11 Jun
Balas

Semoga akan lahir nazwa = nazwa baru yang kreaif bu

23 Aug
Balas

Luar biasa sosok Nazwa yang diceritakan oleh ibu..jika anak saya masih lajang, saya mau mengambilnya menantu he..he., tapi ibu aja deh, khan sesama bangsawan ha..ha.,salam

11 Jun
Balas

Iya anak laki-laki saya juga sudah menikah jadi ga bisa jadiin Nazwa menantu dech...Sesama bangsawan tidak boleh saling menyalip ya ha ha ha....Salam

11 Jun

Keren ulasannya Bu.. mantap

11 Jun
Balas

Keren dan luar biasa ide dan kreativitas nya Bunda.. Semoga menjadi bekal untuk masa depan yang Indah dan memberikan motivasi bagi remaja atau teman-- temanya.. Barakallah fiik.. Ulasan yang mantap, informatif dan inspiratif.. Terimakasih.. Barakallah fiik.

11 Jun
Balas

Alhamdulillah....Terima kasih apresiasinya Bun....Aamiin yaa Rabbal'aalamiin

11 Jun

Mantul bun semua usaha yang dilakukan dengan baik hasilnya sudah pasti ok

14 Jun
Balas

Keren bunda. Nazwa yang inspiratif.

11 Jun
Balas

Alhamdulillah....Terima kasih apresiasinya BUn...Salam

11 Jun

Ulasannya mantap keren bu Enung Kartini, infornatif dan menginspirasi . Senoga sehat dan sukses selu

11 Jun
Balas

Aamiin yaa Rabbal'aalamiin....Alhamdulillah. Terima kasih apresiasinya Pak. Salam literasi.

11 Jun

remaja kreatif dan penuh inspiratif semoga sukses selalu bu Enung Kartini, ijin follow dan follow back ya salam literasi

11 Jun
Balas

Aamiin...Terima kasih apresiasinya Pak. Sudah saya follback ya...Salam

12 Jun

Wooowww kerreen bu Enung...Mugia bermanfaat buat orang banyak, terutama buat bu nunk semoga jadi ladang ibadah yg penuh berkah juga buat Nazwa semoga jadi motivasi untuk terus berkarya

11 Jun
Balas

Aamiin yaa Rabbal'aalamiin....Terima kasih Bu...

11 Jun

Wooowww kerreen bu Enung...Mugia bermanfaat buat orang banyak, terutama buat bu nunk semoga jadi ladang ibadah yg penuh berkah juga buat Nazwa semoga jadi motivasi untuk terus berkarya

11 Jun
Balas

Excellent job . Keep working.

11 Jun
Balas

Thank you so much Sir...

11 Jun

Tulisannya bagus Bu..., Sangat menginspirasi Saya Ikhsan Nur Rizki kelas 9A

23 Aug
Balas

bagi saya artikel miss tentang ka nazwa ini sangat bagus, bisa menginspirasi dan memotivasi banyak orang terlebih anak remaja seumuran saya, yang masih harus beradaptasi dengan keadaan seperti ini (pandemi). Dan dengan artikel miss ini saya bisa belajar bagaimana cara memanfaatkan waktu sebaik dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi diri sendiri, dan orang banyak.-Kanaya Andya Putri 9A

23 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus , menginspirasi dan bermanfaat untuk mengisi waktu luang dimasa pandemi ini Salwa Mutiza Afra 9A

23 Aug
Balas

Cerita dari ka nazwa ini sangat hebat dan bisa menginspirasi anak muda/remaja lainnya seperti saya untuk melakukan hal positif dan belajar hal baru untuk mengisi waktu luang agar tidak sia sia dipakai hanya untuk hal negatif. Hebat Mrs bisa menginspirasi saya untuk melakukan hal positif di masa pandemi, Rana Muthia Salsabilah 9A

23 Aug
Balas

Sangat produktif. Disaat remaja lain enggak tahu harus apa saat selesai pjj atau weekend, dia membuat sesuatu yg sangat bermanfaat dan bernilai. Saya Lintang Raisya Rachman 9A.

23 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia siaSalwa Kayla Maulana Putri 9A

23 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia siaSalwa Kayla Maulana Putri 9A

23 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia siaSalwa Kayla Maulana Putri 9A

23 Aug
Balas

ulasan miss tentang ka nazwa ini sangat menginspirasi dan bermanfaat untuk anak muda/remaja lainnya untuk melakukan hal positif.cesy difiana putri 9a

23 Aug
Balas

cerita Kak Nazwa sangat inspiratif untuk para remaja seperti saya untuk selalu produktif di masa pandemi ini. Rizqa Fakhira Z kelas 9A.

23 Aug
Balas

Ulasan nya sangat bagus, Menginspirasi kegiatan produktif di rumah, Dari saya Ariq Fajar Mulyana 9a

23 Aug
Balas

cerita tentang kak nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat dibaca lebih banyak orang lagi untuk mengispirasi anak muda yang lain, syafira 9A

23 Aug
Balas

ulasan buatan kak nazwa sangat menginspirasi anak muda atau remaja sekarang untuk melakukan hal positif/produktif .Andiena Indah F [9A]

23 Aug
Balas

Ulasannya bagus dan sangat menginspirasi, semoga corona cepat berakhir. Renya Rosari -9A-

23 Aug
Balas

Ulasannya bagus dan sangat menginspirasi, semoga corona cepat berakhir. Renya Rosari -9A-

23 Aug
Balas

Ulasannya bagus dan sangat menginspirasi, semoga corona cepat berakhir. Renya Rosari -9A-

23 Aug
Balas

cerita tentang kak nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat dibaca lebih banyak orang lagi untuk mengispirasi anak muda yang lain, Naufal rasyadan maulid 9A

23 Aug
Balas

cerita tentang kak Nazwa sangat memberi inspirasi untuk saya, semoga cerita yang mrs buat tentang kak Nazwa bisa si baca oleh banyak orang, supaya bisa menginspirasi remaja lebih banyak lagi. shintya ramadhani 9A

23 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus dan menginspirasi remaja seperti saya untuk lebih produktif lagi. Fauzia Salsabila K 9A

23 Aug
Balas

ulasan yang sangat bagus menginspirasi remaja sekarang untuk melakukan kegiatan positif, nidia marsya 9a

23 Aug
Balas

ulasan yang sangat bagus menginspirasi remaja sekarang untuk melakukan kegiatan positif, nidia marsya 9a

23 Aug
Balas

ulasan yang sangat bagus menginspirasi remaja sekarang untuk melakukan kegiatan positif, nidia marsya 9a

23 Aug
Balas

ulasan yang sangat bagus menginspirasi remaja sekarang untuk melakukan kegiatan positif, nidia marsya 9a

23 Aug
Balas

ulasan yang sangat bagus menginspirasi remaja sekarang untuk melakukan kegiatan positif, nidia marsya 9a

23 Aug
Balas

ulasan yang sangat bagus menginspirasi remaja sekarang untuk melakukan kegiatan positif, nidia marsya 9a

23 Aug
Balas

keren mrs ulasannya sangat bagus dan menginspirasi remaja skrg,M.Zhafran 9B

23 Aug
Balas

keren mrs ulasannya sangat bagus dan menginspirasi remaja skrg,M.Zhafran 9B

23 Aug
Balas

Kisah Yang Menginsipirasi Kaum milenial Untuk tetap berusaha di Kala Situasi yang Tidak Memungkinkan,memang benar tidak ada Gunanya mengeluh Akan tetapi Kita bisa Bangkit mencari Celah celah Peluang Yang Bisa Membuat Kita bangkit dari keterpurukan.perjalanan Yang Inspiratif dari Mbak Nazwa.Terima Kasih Diffa Ardiansyah 9C

23 Aug
Balas

Ulasannya cocok buat inspirasi anak muda pada zama sekarang bagus bangett ,supaya bisa ngelakuin hal hal positif,dan saya pun terinspirasi dari ka Nazwa semoga orang di luar sana bisa baca ini . Intan nurawaliyah razsyah kelas 9H

23 Aug
Balas

Kerenn cerita ka nazwa bisa menginsprirasi kaum muda seperti saya untuk berani mencoba hal baru..muhamad ilyasa gustiana kelas:9i

24 Aug
Balas

keren mrs ulasannya sangat bagus dan menginspirasi remaja untuk banyak melakukan kegiatan kegiatan positif di rumah pada masa pandemi ini.

23 Aug
Balas

Keren banget Mrs ulasan nya dapat menginspirasi banyak orang untuk melakukan kegiatan positif ,Daniella zepanya 9c

23 Aug
Balas

Cerita sangat menginspirasi remaja sekarang dan sangat bagus dari saya Mrs rizqi Achmad darajat 9c

23 Aug
Balas

ulasan yg bagus sekali Mrs,semoga dengan ini remaja skrng dapat melakukan kegiatan positif,Rachmad Gilang 9B

23 Aug
Balas

Keren mrs, cerita nya sangat menginspirasi para remaja dan saya untuk melakukan kegiatan positif dalam masa pandemi ini, Desvina Hilma Sofwah 9G.

23 Aug
Balas

ulasan di atas sangat bagus dan berguna untuk menginspirasi para remaja remaja, sosok yg di ceritakan di atas sangat bisa membuat para remaja atau mungkin anak anak yg akan tumbuh dewasa untuk lebih giat dan lebih semangat dalam hal apapun.Aulia Nur Shaumi IX G // 9G

23 Aug
Balas

Cerita cocok buat inspirasi anak muda pada zama sekarang Karan supaya lebih mengiatkan ank muda jaman sekrang bagus bangett ,supaya bisa ngelakuin hal hal positif dan nigalin hal yg negatif .dan terimakasih kepada yg sudah megigatkan anak muda jaman sekarang.

23 Aug
Balas

ulasan nya bagus mrs,m insan tri hikmah 9c

23 Aug
Balas

Ceritanya sangat memotivasi mrs, Ka Nazwa patut jadi panutan. Saya jadi semakin semangat dan mau seperti ka Nazwa yg mengisi hari harinya dimasa pandemi dengan hal hal positif. Karena kebiasaan baik dapat merusak kebiasaan buruk. Semoga para remaja di zaman sekarang dapat seperti ka Nazwa. Ronauli Pebriani 9H.

23 Aug
Balas

Artikelnya sangat bagus Mrs. Sangat memotivasi saya. Muhammad Naufal Arkananta dari Kelas 9G

23 Aug
Balas

Keren banget Mrs ulasan nya dapat menginspirasi banyak orang keren banget.. Alkan ar rasyid 9f

23 Aug
Balas

Keren banget Mrs ulasan nya dapat menginspirasi banyak orang keren banget.. Alkan ar rasyid 9f

23 Aug
Balas

Keren banget Mrs ulasan nya dapat menginspirasi banyak orang keren banget.. Alkan ar rasyid 9f

23 Aug
Balas

Keren banget Mrs ulasan nya dapat menginspirasi banyak orang keren banget.. Alkan ar rasyid 9f

23 Aug
Balas

Keren banget Mrs ulasan nya dapat menginspirasi banyak orang keren banget.. Alkan ar rasyid 9f

23 Aug
Balas

Keren banget Mrs ulasan nya dapat menginspirasi banyak orang keren banget.. Alkan ar rasyid 9f

23 Aug
Balas

Keren banget Mrs ulasan nya dapat menginspirasi banyak orang keren banget.. Alkan ar rasyid 9f

23 Aug
Balas

Keren banget Mrs ulasan nya dapat menginspirasi banyak orang keren banget.. Alkan ar rasyid 9f

23 Aug
Balas

Keren banget Mrs ulasan nya dapat menginspirasi banyak orang keren banget.. Alkan ar rasyid 9f

23 Aug
Balas

Keren banget Mrs ulasan nya dapat menginspirasi banyak orang keren banget.. Alkan ar rasyid 9f

23 Aug
Balas

Ulasan yang sangat bagus sekali mrs dan menginspirasi remaja skrg,Asep Saepul Burhan 9B

23 Aug
Balas

keren banget Mrs, ulasan yang sangat bagus menginspirasi remaja sekarang untuk melakukan kegiatan positif,nisa auliani 9G

23 Aug
Balas

Pengalaman KK Nazwa merupakan insfirasi bagi saya untuk lebih banyak lagi belajar dan berkarya di masa Corona ,Brian Alfian Hidayat 9E

23 Aug
Balas

Pengalaman KK Nazwa merupakan insfirasi bagi saya untuk lebih banyak lagi belajar dan berkarya di masa Corona ,Brian Alfian Hidayat 9E

23 Aug
Balas

Keren Mrs ,bagi saya artikel miss tentang ka nazwa ini sangat bagus, bisa menginspirasi dan memotivasi banyak orang terlebih anak remaja seumuran saya, yang masih harus beradaptasi dengan keadaan seperti ini (pandemi).siti Robiyah Adawiyah 9b

23 Aug
Balas

Keren Mrs ,bagi saya artikel miss tentang ka nazwa ini sangat bagus, bisa menginspirasi dan memotivasi banyak orang terlebih anak remaja seumuran saya, yang masih harus beradaptasi dengan keadaan seperti ini (pandemi).siti Robiyah Adawiyah 9b

23 Aug
Balas

Ulasan tentang kak Nazwa sangat bagus dan sangat menginspirasi saya sebagai remaja saat ini, terimakasih sudah membuat ulasan yang sangat memotivasi ini Mrs dan semoga virus covid-19 cepat berakhir. Jeanny Yuliana -9A-

23 Aug
Balas

keren mrs, dari cerita yang mrs tulis rapi dan bagus seperti ini sangat menginspirasi dan memikat bagi saya untuk melakukan hal-hal positif, dan berkarya seperti kak nazwa. terimakasih mrs sudah memberi kami inspirasi yang menarik, dan bermanfaat lewat cerita ini.wassalam, greisya titania beviandari kelas 9i

23 Aug
Balas

keren mrs, ulasan yang sangat bagus untuk menginspirasi para remaja sekarang ini untuk melakukan hal yang positif dirumah. anisa apriliani 9i

23 Aug
Balas

Baguss mrs semoga banyak anak remaja yang seperti nazwa, termasuk aku ya mrs

23 Aug
Balas

sangat menginspirasi mrs aku juga jadi pangen bikin rajutan deh , semoga banyak cerita cerita yang mrs keluarkan karna positif vibes banget loh mrs..., Raisya saribanon 9b

23 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus dan dapat menginspirasi banyak orang untuk melakukan kegiatan positif, Haifa Ayudya Resta 9D

23 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus dan dapat menginspirasi banyak orang untuk melakukan kegiatan positif, Haifa Ayudya Resta 9D

23 Aug
Balas

Jujur memang dikeadaan pandemi seperti ini, yang mengharuskan kita semua berlama lama diam dirumah membuat banyak orang menjadi agak stres, termasuk para pelajar yang merasa banyak kebingungan dalam pembelajaran online ini, termasuk saya sendiri sebagai pelajar. Dari banyaknya orang-orang yang berhasil tetap produktif dimasa pandemi ini, Kak Najwa menjadi salah satu dari orang-orang hebat tersebut, memberi inspirasi bagi banyak orang serta pelajar diluar sana. Membuat pemikiran menjadi lebih luas dari sebelumnya. Membaca pengalamannya membuat kita sadar bahwa kita masih bisa berusaha di ruang yang terbatas ini. Terima kasih kepada Kak Najwa serta Mrs Enka yang senang tiasa memberi inspirasi-inspirasi luar biasanya.

23 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus dan menginspirasi banyak orang Anggela Octavia Ardani 9D

23 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus dan menginspirasi banyak orang Anggela Octavia Ardani 9D

23 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus dan menginspirasi banyak orang Anggela Octavia Ardani 9D

23 Aug
Balas

Luar biasa dan keren sekali, cerita kak Nazwa sangat menginspirasi dan memotivasi untuk remaja agar memanfaatkan waktu dengan hal-hal yang bermanfaat. Arsyani Dewita Wijaya 9E

23 Aug
Balas

ulasan yang sangat bagus dapat menginspirasi banyak orang terutama remaja sekarang untuk melakukan hal hal yang positif.(M.Shidqi.Adhitya 9i)

23 Aug
Balas

ulasan yang sangat bagus dapat menginspirasi banyak orang terutama remaja sekarang untuk melakukan hal hal yang positif.(M.Shidqi.Adhitya 9i)

23 Aug
Balas

Menurut saya artikel ini sangat bagus dan memotivasi para kalangan remaja. Kak Nazwa sangat menjadi panutan bagi kami, dengan caranya dia menggalih potensinya menjadi hal yang sangat positif di masa pandemi ini dan selalu memanfaatkan keadaan menjadi lebih produktif. Terimkasih kak Nazwa dan ms Eka telah memotivasi kami para remaja untuk selalu berfikir positif dan selalu menggalih potensi yang kita punya, sukses selalu bagi kita semua! Khalisa Rajwa Umayna 9F

23 Aug
Balas

Ulasannya sangat menarik dan sangat inspiratif. Menginspirasi saya untuk selalu melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat di saat pandemi seperti ini.Saya Rakha Fadilah Ramdan dari kelas 9H

23 Aug
Balas

Ulasannya sangat menarik dan sangat inspiratif. Menginspirasi saya untuk selalu melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat di saat pandemi seperti ini.Saya Rakha Fadilah Ramdan dari kelas 9H

23 Aug
Balas

Ulasannya sangat menarik dan sangat inspiratif. Menginspirasi saya untuk selalu melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat di saat pandemi seperti ini.Saya Rakha Fadilah Ramdan dari kelas 9H

23 Aug
Balas

Ulasannya sangat menarik dan sangat inspiratif. Menginspirasi saya untuk selalu melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat di saat pandemi seperti ini.Saya Rakha Fadilah Ramdan dari kelas 9H

23 Aug
Balas

Ulasannya sangat menarik dan sangat inspiratif. Menginspirasi saya untuk selalu melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat di saat pandemi seperti ini.Saya Rakha Fadilah Ramdan dari kelas 9H

23 Aug
Balas

Sangat menginspiratif untuk saya mrs dan khusus nya kalangan remaja.kegiatan yang positif,bermanfaat bahkan menghasil kanNadia raisah lanika 9B

23 Aug
Balas

Cerita kak nazwa ini sangat hebat ,melakukan hal-hal positif di masa pandemi ini, bisa menginspirasi anak-anak milenial lainnya , dari cerita kak nazwa ini juga saya belajar bahwa di masa pandemi ini tidak ada kata tidak bisa bila kita mau belajar dan tekun mempelajarinya -Katherine Nisrina 9B

23 Aug
Balas

Ulasan nya sangat bagus, Menginspirasi kegiatan produktif di rumah, Dari saya Handika Aditya 9b

23 Aug
Balas

ulasannya sangat bagus dan menginspiratif bagi saya,kerennn sekali, menginspiratif saya untuk lebih giat lgi belajar, melakukan kegiatan hal positif dimasa pandemi iniRahma aulia 9h

23 Aug
Balas

Ulasan tentang kak Nazwa sangat menginspirasi dan mendorong remaja agar menjadi produktif selama masa pandemi ini. -silvia fitrianisa 9C

23 Aug
Balas

Ulasan tentang kak Nazwa sangat menginspirasi dan mendorong remaja agar menjadi produktif selama masa pandemi ini. -silvia fitrianisa 9C

23 Aug
Balas

Menurut saya artikel mrs tentang ka Nazwa ini bagus sekali, bisa membuat para remaja berfikir kembali dan mencontoh hal hal baik juga kreatif seperti ka Nazwa ini walaupun di masa sekarang(pandemi). Dengan begitu para remaja akan semangat kembali mengolah kreativitas mereka dengan segala cara yang ada. Tidak ada kata tidak bisa sebelum mencoba. "Meisya Cahya Lestari 9C"

23 Aug
Balas

Ulasan tentang kak nazwa sangat bagus mrs sangat menginspirasi banyak remaja di masa pandemi ini.-Reyna azzahra 9i

23 Aug
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para siswa lebih bisa meluangkan waktunya untuk berkarya di masa pandemi ini

23 Aug
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para siswa lebih bisa meluangkan waktunya untuk berkarya di masa pandemi ini. -Zahra luthfiya 9B

23 Aug
Balas

Ulasanya bagus Mrs, sangat menginspirasi para siswa agar lebih bisa meluangkan waktunya untuk berkarya "Chelsea ayunita kelas 9A"

23 Aug
Balas

Ulasanya bagus Mrs, sangat menginspirasi para siswa agar lebih bisa meluangkan waktunya untuk berkarya "Chelsea ayunita kelas 9A"

23 Aug
Balas

Sangat keren , ulasan yang sangat bagus menginspirasi remaja sekarang untuk melakukan kegiatan positif. -Nuri Nur Rahayu 9G-

24 Aug
Balas

Sangat keren , ulasan yang sangat bagus menginspirasi remaja sekarang untuk melakukan kegiatan positif. -Nuri Nur Rahayu 9G-

24 Aug
Balas

Keren mrs ,ulasan yang sangat bagus menginspirasi remaja sekarang untuk melakukan kegiatan positif. - Nuri -(9G)

13 Sep
Balas

ulasanya baguss mrs, sangat menginspirasi untuk selalu berkarya saat masa pandemi ini. Nabila Alya Wijaya (9F)

23 Aug
Balas

"Ulasan ini sangat menginspirasi saya untuk memanfaatkan waktu dengan melakukan sesuatu hal yg bermanfaat" . Muhammad Rizqi Syahrizal ( 9H )

23 Aug
Balas

Tertampar? Tentu, kak Nazwa ini sangat menginspirasi semua orang. Dengan cerita ini semoga semua anak remaja bisa memanfaatkan kesempatan dengan baik, dan bisa menggubah diri nya menjadi lebih baik lagi Aamiin -Nina Anugrah Wijaya 9D

23 Aug
Balas

Tertampar? Tentu, kak Nazwa ini sangat menginspirasi semua orang. Dengan cerita ini semoga semua anak remaja bisa memanfaatkan kesempatan dengan baik, dan bisa menggubah diri nya menjadi lebih baik lagi Aamiin -Nina Anugrah Wijaya 9D

23 Aug
Balas

Menurut saya artikel ini sangat menarik, sangat menginspirasi remaja remaja di masa pandemi ini untuk menjadi lebih produktif. Salsabila 9H

23 Aug
Balas

Ulasan ini sangat membawa kesan positif ke semua kalangan anak remaja, untuk lebih produktif di rumah, mengisi luang waktu dan melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat. Rega bayu hadistia (9H)

23 Aug
Balas

Terinspiras? Tentu, ulasan tentang kak Nazwa ini sangat menginspirasi bagi semua orang khususnya saya. Dengan cerita dari kak Nazwa ini semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita agar memanfaatkan waktu yg kita punya agar lebih produktif- Desti Elsa Maharani 9F

23 Aug
Balas

Ulasan ini sangat membawa kesan positif ke semua kalangan anak remaja, untuk lebih produktif di rumah, mengisi luang waktu dan melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat. Arfa Rey 9H

23 Aug
Balas

ulasannya sangat bagus mrs menginpirasi para siswa untuk tetap berkarya dan memanfaatkan waktu untuk hal yang baik. - Siti Mutia Kaisa 9G

23 Aug
Balas

Artikel nya sangat hebat dan menginspirasi Mrs

23 Aug
Balas

keren mrs ulasannya sangat bagus dan menginspirasi remaja sekarang,- DINDA RAHMA EVALANI 9G

23 Aug
Balas

keren mrs ulasannya sangat bagus dan menginspirasi remaja sekarang,- DINDA RAHMA EVALANI 9G

23 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus mrs menarik dan sangat menginspirasi terhadap siswa-siswa. - Aisha Shaliha Hernawan 9G

23 Aug
Balas

cerita tentang ka nazwa sangat menginspirasi para remaja termasuk saya untuk melakukan kegiatan positif dalam masa pandemi ini, risti puri s 9G.

23 Aug
Balas

semua kegiatan kak nazwa memberi berbagai hal yang positif dan juga tentu menginspirasi banyak orang, Jovani arzelita 9D

23 Aug
Balas

Ulasan positif yang ka Nazwa berikan sangat bagus untuk para siswa/siswi dan banyak orng lainnya,karena ka Nazwa memberikan kita semua agar banyak berkarya dan juga menghargai,dan memanfaatkan waktu. Anisa Nurjanah 9H

23 Aug
Balas

Ulasan positif yang ka Nazwa berikan sangat bagus untuk para siswa/siswi dan banyak orng lainnya,karena ka Nazwa memberikan kita semua agar banyak berkarya dan juga menghargai,dan memanfaatkan waktu. Anisa Nurjanah 9H

23 Aug
Balas

Ka Nazwa memberi kesan yang baik dan positif dan juga sangat menginspirasi saya. Sabda maliki rahmanffy 9C

23 Aug
Balas

cerita tentang kak nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat dibaca lebih banyak orang lagi untuk mengispirasi anak muda yang lain, kurniawan sandi 9B

23 Aug
Balas

cerita tentang kak nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat dibaca lebih banyak orang lagi untuk mengispirasi anak muda yang lain, kurniawan sandi 9B

23 Aug
Balas

cerita tentang ka nazwa sangat menginspirasi para remaja termasuk saya untuk melakukan kegiatan positif dalam masa pandemi ini, salsabil salwa 9i

23 Aug
Balas

cerita nya sangat infornatif dan menginspirasi . mendorong para pelajar untuk kembali produktif di masa skrg ini ,sisi maia 9e

23 Aug
Balas

Cerita ini sangat menginspirasi para remaja untuk tetap produktif di masa seperti sekarang ini dan agar kita tetap melakukan hal yg positif di masa pandemi ini.azkya ghanita 9H

23 Aug
Balas

Cerita ini menginspirasi para anak dan remaja untuk lebih produktif di masa pandemi ini agar slalu bersemangat dalam melakukan hal yang positive. Keisha sabina 9H

23 Aug
Balas

Keren mrs artikel mrs tentang ka Nazwa ini sangat bagus,bisa menginspirasi dan memotivasi banyak anak remaja yang harus beradaptasi dengan keadaan seperti ini(pandemi) Ghefira Nurlatifa IX-B

23 Aug
Balas

Ulasan yang sangat bagus sekali dan menginspirasi banyak orang keren banget. -Afif Fadillah 9F

24 Aug
Balas

Artikelnya menarik, positif, memberi kesan positif juga menginspirasi. Keren Mrs! - Najla Nelano 9E -

24 Aug
Balas

Artikelnya menarik, positif, memberi kesan positif juga menginspirasi. Keren Mrs! - Najla Nelano 9E -

24 Aug
Balas

keren mrs artikel miss tentang kak nazwa, menginspirasi dan memotivasi dimasa pandemi ini,memperi kesan positif juga! -Maharani Mutia Chahya 9A-

24 Aug
Balas

keren mrs artikel miss tentang kak nazwa, menginspirasi dan memotivasi dimasa pandemi ini,memperi kesan positif juga! -Maharani Mutia Chahya 9A-

24 Aug
Balas

keren mrs artikel miss tentang kak nazwa, menginspirasi dan memotivasi dimasa pandemi ini,memperi kesan positif juga! -Maharani Mutia Chahya 9A-

24 Aug
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para siswa lebih bisa meluangkan waktunya untuk berkarya walaupun di masa pandemi ini.-Naya Nadzkira Zahra 9D

24 Aug
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para siswa lebih bisa meluangkan waktunya untuk berkarya walaupun di masa pandemi ini.-Naya Nadzkira Zahra 9D

24 Aug
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para siswa lebih bisa meluangkan waktunya untuk berkarya walaupun di masa pandemi ini.-Naya Nadzkira Zahra 9D

24 Aug
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para siswa lebih bisa meluangkan waktunya untuk berkarya walaupun di masa pandemi ini.-Naya Nadzkira Zahra 9D

24 Aug
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para siswa lebih bisa meluangkan waktunya untuk berkarya walaupun di masa pandemi ini.-Naya Nadzkira Zahra 9D

24 Aug
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para siswa lebih bisa meluangkan waktunya untuk berkarya walaupun di masa pandemi ini.-Naya Nadzkira Zahra 9D

24 Aug
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para siswa lebih bisa meluangkan waktunya untuk berkarya walaupun di masa pandemi ini.-Naya Nadzkira Zahra 9D

24 Aug
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para siswa lebih bisa meluangkan waktunya untuk berkarya walaupun di masa pandemi ini.-Naya Nadzkira Zahra 9D

24 Aug
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para siswa lebih bisa meluangkan waktunya untuk berkarya walaupun di masa pandemi ini.-Naya Nadzkira Zahra 9D

24 Aug
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para siswa lebih bisa meluangkan waktunya untuk berkarya walaupun di masa pandemi ini.-Naya Nadzkira Zahra 9D

24 Aug
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para siswa lebih bisa meluangkan waktunya untuk berkarya walaupun di masa pandemi ini.-Naya Nadzkira Zahra 9D

24 Aug
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para siswa lebih bisa meluangkan waktunya untuk berkarya walaupun di masa pandemi ini.-Naya Nadzkira Zahra 9D

24 Aug
Balas

kutipan cerita kak nazwa sangat mendorong kreatifitas anak bangsa untuk lebih giat membuat sebuah karya melalui kreatifitas diri. -Lira Andini Khoerunisa 9D

24 Aug
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para siswa lebih bisa meluangkan waktunya untuk berkarya walaupun di masa pandemi iji, -Rizki yusron azhar 9D

24 Aug
Balas

Cerita yang sangat menginspirasi anak muda untuk memanfaatkan waktu dengan hal yang positif terimakasih atas kutipannya mrs. -Nenden Siti N.A 9A

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja untuk mencoba hal-hal yang baruREKSA BAYU NURJAGAT NATA 9A

24 Aug
Balas

cerita ka nazwa sangat menginspirasi banyak orang dan mengajarkan untuk mengisi waktu dengan baikk ,Keren dan luar biasa ide dan kreativitas nya.-veronika 9B

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana 9A

24 Aug
Balas

cerita tentang kak Nazwa sangat memberi inspirasi untuk saya, semoga cerita yang mrs buat tentang kak Nazwa bisa si baca oleh banyak orang, supaya bisa menginspirasi remaja lebih banyak lagi.,Rizki Aditia Pratama kelas 9B

24 Aug
Balas

cerita tentang kak Nazwa sangat memberi inspirasi untuk saya, semoga cerita yang mrs buat tentang kak Nazwa bisa si baca oleh banyak orang, supaya bisa menginspirasi remaja lebih banyak lagi.,Rizki Aditia Pratama kelas 9B

24 Aug
Balas

cerita tentang kak Nazwa sangat memberi inspirasi untuk saya, semoga cerita yang mrs buat tentang kak Nazwa bisa si baca oleh banyak orang, supaya bisa menginspirasi remaja lebih banyak lagi.,Rizki Aditia Pratama kelas 9B

24 Aug
Balas

cerita tentang kak Nazwa sangat memberi inspirasi untuk saya, semoga cerita yang mrs buat tentang kak Nazwa bisa si baca oleh banyak orang, supaya bisa menginspirasi remaja lebih banyak lagi.,Rizki Aditia Pratama kelas 9B

24 Aug
Balas

Kak nazwa sangat menginspirasi remaja remaja di luaran sana

12 Oct
Balas

Cerita ka nazwa sangat menginspirasi remaja remaja di luaran sana

12 Oct
Balas

Keren banget Mrs ulasan nya dapat menginspirasi banyak orang untuk melakukan kegiatan positif Luthfi Agil muzaki 9b

24 Aug
Balas

Ulasan ini sangat membawa kesan positif ke semua kalangan anak remaja, untuk lebih produktif di rumah, mengisi luang waktu dan melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat. Jona Ridwan Aditya 9e

24 Aug
Balas

Ulasan ini sangat membawa kesan positif ke semua kalangan anak remaja, untuk lebih produktif di rumah, mengisi luang waktu dan melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat. Jona Ridwan Aditya 9e

24 Aug
Balas

cerita kak nazwa ini sangat lah menginspirasi anak muda untuk berkarya walaupun pada masa pandemi seperti ini. -Nayla Rizkia Anandita 9G

24 Aug
Balas

Keren Mrs ,bagi saya artikel miss tentang ka nazwa ini sangat bagus, bisa menginspirasi dan memotivasi banyak orang terlebih anak remaja seumuran saya, yang masih harus beradaptasi dengan keadaan seperti ini (pandemi).Wulan Amalia Fadilah (9G)

24 Aug
Balas

Ceritanya Menarik sekali untuk dibaca dan memotivasi banyak orang terutama untuk anak remaja, Yang harus beradaptasi dengan keadaan seperti ini Jdi kita harus mencontoh seperti ka nazwa meskipun negara kita sedang tidak baik, Tetapi kita bisa membantu orang lain dengan cara kita sendiri seperti berkarya salah satu contohnya Aulia Fitra NurZahra-9G

24 Aug
Balas

Ceritanya Menarik sekali untuk dibaca dan memotivasi banyak orang terutama untuk anak remaja, Yang harus beradaptasi dengan keadaan seperti ini Jdi kita harus mencontoh seperti ka nazwa meskipun negara kita sedang tidak baik, Tetapi kita bisa membantu orang lain dengan cara kita sendiri seperti berkarya salah satu contohnya Aulia Fitra NurZahra-9G

24 Aug
Balas

Ceritanya Menarik sekali untuk dibaca dan memotivasi banyak orang terutama untuk anak remaja, Yang harus beradaptasi dengan keadaan seperti ini Jdi kita harus mencontoh seperti ka nazwa meskipun negara kita sedang tidak baik, Tetapi kita bisa membantu orang lain dengan cara kita sendiri seperti berkarya salah satu contohnya Aulia Fitra NurZahra-9G

24 Aug
Balas

Ceritanya sangat menarik untuk dibaca, memotivasi sekali untuk kaum remaja seusia kita, apalagi ini di masa pandemi bnyk anak yg kekurangan motivasi untuk membuat sesuatu atau berkarya seperti ka nazwa. Aulia Fitra NurZahra-9G

24 Aug
Balas

Kren Mrs, sangat menginspirasi terutama untuk anak muda Amelia nur m 9e

24 Aug
Balas

Kren Mrs, sangat menginspirasi terutama untuk anak muda Amelia nur m 9e

24 Aug
Balas

Kren Mrs, sangat menginspirasi terutama untuk anak muda Amelia nur m 9e

24 Aug
Balas

Kren Mrs, sangat menginspirasi terutama untuk anak muda Amelia nur m 9e

24 Aug
Balas

Kren Mrs, sangat menginspirasi terutama untuk anak muda Amelia nur m 9e

24 Aug
Balas

Kren Mrs, sangat menginspirasi terutama untuk anak muda Amelia nur m 9e

24 Aug
Balas

Kren Mrs, sangat menginspirasi terutama untuk anak muda Amelia nur m 9e

24 Aug
Balas

Kren Mrs, sangat menginspirasi terutama untuk anak muda Amelia nur m 9e

24 Aug
Balas

Kren Mrs, sangat menginspirasi terutama untuk anak muda Amelia nur m 9e

24 Aug
Balas

Kren Mrs, sangat menginspirasi terutama untuk anak muda Amelia nur m 9e

24 Aug
Balas

Keren banget Mrs ulasan nya dapat menginspirasi banyak orang keren banget.. Siti Nur Fadilah 9H

24 Aug
Balas

Keren banget Mrs ulasan nya dapat menginspirasi banyak orang keren banget.. Siti Nur Fadilah 9H

24 Aug
Balas

Keren banget Mrs ulasan nya dapat menginspirasi banyak orang keren banget.. Siti Nur Fadilah 9H

24 Aug
Balas

Keren banget Mrs ulasan nya dapat menginspirasi banyak orang keren banget.. Siti Nur Fadilah 9H

24 Aug
Balas

Keren banget Mrs ulasan nya dapat menginspirasi banyak orang keren banget.. Siti Nur Fadilah 9H

24 Aug
Balas

Wah sangat meng inspirasi sekali mrs,Semoga saya bisa menginspirasi Banyak orang seperti Hal nya mrs aamiinFAQIH NAIL KAMIL 9H

24 Aug
Balas

Artikel ini sangat menginspirasi saya dalam melakukan sesuatu di saat waktu luang agar tidak terbuang sia sia seperti ka nazwa saya Faqih nail kamil 9H mrs

01 Oct
Balas

Ulasan nya sangat bagus, Menginspirasi kegiatan produktif di rumah, Dari saya zaskia octavia 9i

24 Aug
Balas

Kegiatan kak Nazwa sehari hari selama pandemi sangat produktif dan menginspirasi banyak remaja

24 Aug
Balas

Kegiatan kak Nazwa sehari hari selama pandemi sangat produktif dan menginspirasi banyak remaja, (Nabilah Alya Thalia 9D)

24 Aug
Balas

Ulasan nya cukup menginspirasi di saat pandemi seperti ini, dari Deka Endang Komalasari 9C

24 Aug
Balas

Ulsan nya sangat bagus, menginspirasi kegiatan produktif di rumah, saya Reyhan ahmad zh 9A

24 Aug
Balas

Kegiatan ka nazwa sangat menginspirasi para remaja supaya menjadi produktif, ka nazwa juga bisa menginspirasi remaja untuk kreatif di kala waktu senggang, saya Arini Eka Putriani 9F

24 Aug
Balas

Kegiatan ka nazwa sangat menginspirasi para remaja supaya menjadi produktif, ka nazwa juga bisa menginspirasi remaja untuk kreatif di kala waktu senggang, saya Arini Eka Putriani 9F

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Cerita dari kak nazwa ini sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk melakukan hal hal yang baru dan mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia sia Ariq fadhlurrahman kelas 9G

24 Aug
Balas

Ulasannyah Bagus Mrs,M Rehan Aprian 9c

24 Aug
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para siswa lebih bisa meluangkan waktunya untuk berkarya walaupun di masa pandemi ini.-Ade Risman Septiana Mugni 9D

24 Aug
Balas

Keren mrs,cerita kak Nazwa sangat menginspirasi remaja di masa pandemi untuk melakukan kegiatan yang positif-Kemal Malik Ibrahim 9I

24 Aug
Balas

Cerita kak nazwa sangat menarik dan menjadi motifasi untuk para remaja dan anak anak d masa pandemi seperti ini.kita harus semangat walau d masa sulit seperti ini.Bilal nurizal 9G

24 Aug
Balas

Cerita kak nazwa sangat menarik dan menjadi motifasi untuk para remaja dan anak anak d masa pandemi seperti ini.kita harus semangat walau d masa sulit seperti ini.Bilal nurizal 9G

24 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus , menginspirasi dan bermanfaat untuk mengisi waktu luang dimasa pandemi. -Yusrina Nabila 9G

24 Aug
Balas

Cerita yang sangat bagus , sangat menginspirasi remaja remaja di Indonesia di masa pandemi covid-19. Agar mereka bisa mengisi waktu waktu luang mereka dengan kegiatan yang positif.

24 Aug
Balas

Cerita yang sangat bagus , sangat menginspirasi remaja remaja di Indonesia di masa pandemi covid-19. Agar mereka bisa mengisi waktu waktu luang mereka dengan kegiatan yang positif. Dika Maulana 9D

24 Aug
Balas

Cerita kak Najwa ini sangat menarik untuk menginspirasi dan memotivasi untuk para remaja di masa pandemi ini agar tidak membuang buang waktu luang yang kosong,jadi kita harus mengisi kekosongan waktu kita dengan hal hal yang positif.-Sandi Permana 9G

24 Aug
Balas

Cerita kak Najwa ini sangat menarik untuk menginspirasi dan memotivasi untuk para remaja di masa pandemi ini agar tidak membuang buang waktu luang yang kosong,jadi kita harus mengisi kekosongan waktu kita dengan hal hal yang positif.-Sandi Permana 9G

24 Aug
Balas

Cerita kak Najwa ini sangat menarik untuk menginspirasi dan memotivasi untuk para remaja di masa pandemi ini agar tidak membuang buang waktu luang yang kosong,jadi kita harus mengisi kekosongan waktu kita dengan hal hal yang positif.-Sandi Permana 9G

24 Aug
Balas

Cerita yang sangat bagus , sangat menginspirasi remaja remaja di Indonesia di masa pandemi covid-19. Agar mereka bisa mengisi waktu waktu luang mereka dengan kegiatan yang positif.zaenal 9g

24 Aug
Balas

Cerita yang sangat bagus dan menarik, untuk menginspirasi para remaja di masa pandemi covid-19. Dengan memanfaatkan waktu luang sebaik mungkin dengan kreativitas dalam melakukan banyak hal.

24 Aug
Balas

Menurut saya artikel ini sangat bagus dan menarik, menginspirasi remaja remaja untum menjadi produktif. Ririn Tri Amanda 9E

24 Aug
Balas

Menurut saya artikel ini sangat bagus dan menarik, menginspirasi remaja remaja untum menjadi produktif. Ririn Tri Amanda 9E

24 Aug
Balas

Menurut saya artikel ini sangat bagus dan menarik, menginspirasi remaja remaja untum menjadi produktif. Ririn Tri Amanda 9E

24 Aug
Balas

Menurut saya artikel ini sangat bagus dan menarik, menginspirasi remaja remaja untum menjadi produktif. Ririn Tri Amanda 9E

24 Aug
Balas

Menurut saya artikel ini sangat bagus dan menarik, menginspirasi remaja remaja untum menjadi produktif. Ririn Tri Amanda 9E

24 Aug
Balas

Menurut saya artikel ini sangat bagus dan menarik, menginspirasi remaja remaja untum menjadi produktif. Ririn Tri Amanda 9E

24 Aug
Balas

Menurut saya artikel ini sangat bagus dan menarik, menginspirasi remaja remaja untum menjadi produktif. Ririn Tri Amanda 9E

24 Aug
Balas

Menurut saya artikel ini sangat bagus dan menarik, menginspirasi remaja remaja untum menjadi produktif. Ririn Tri Amanda 9E

24 Aug
Balas

cerita yang sangat bagus dan sangat menginspirasi saya sebagai remaja dan juga memotivasi untuk para remaja di masa pandemi ini agar tidak membuang buang waktu luang yang kosong, Nugraha wijaya saputra 9A

24 Aug
Balas

Kere banget mrs ulasanya dapat menginspirasi banyak orang. Semoga para remaja jaman sekarang dapat seperti ka Nazwa. Aldi Ardiansyah 9G

24 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus dan menginspirasi remaja untuk lebih produktif. Farel wibisana 9C

24 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus dan menginspirasi remaja untuk lebih produktif. Farel wibisana 9C

24 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus dan menginspirasi remaja untuk lebih produktif. Farel wibisana 9C

24 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus dan menginspirasi remaja untuk lebih produktif. Farel wibisana 9C

24 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus dan menginspirasi remaja untuk lebih produktif. Farel wibisana 9C

24 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus dan menginspirasi remaja untuk lebih produktif. Farel wibisana 9C

24 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus dan menginspirasi remaja untuk lebih produktif. Farel wibisana 9C

24 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus dan menginspirasi remaja untuk lebih produktif. Farel wibisana 9C

24 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus dan menginspirasi remaja untuk lebih produktif. Farel wibisana 9C

24 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus dan menginspirasi remaja untuk lebih produktif. Farel wibisana 9C

24 Aug
Balas

waaahh.. ka nazwa ini sangat menginspirasi dan memotivasi sekali, semoga banyak remaja diluar sana (termasuk aku) bisa seperti ka nazwa -humaira putri 9B

24 Aug
Balas

ulasannya sangat menginspirasi,-Ayla Imanifadillah 9C

24 Aug
Balas

Ulasan nya sangat bagus, Menginspirasi kegiatan produktif di rumah, -Amin Maftuh N M 9A

24 Aug
Balas

Ulasan nya sangat bagus, Menginspirasi kegiatan produktif di rumah, -Amin Maftuh N M 9A

24 Aug
Balas

Menurut pendapat Saya artikel ini sangat bagus dan menginspirasi anak remaja seperti saya ini , dengan ini pasti banyak anak muda termotivasi dan melakukannya di masa pandemi ini agar tidak ada yang namanya menyia-nyiakan waktu, terimakasih untuk Mrs dan kak Najwa telah memotivasi kami para anak remaja. Nabila Azzahra 9e

24 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus dan menginpirasi untuk Produktif di rumah,-Amelia,kusumaswati 9d

24 Aug
Balas

Ulasannya sangat bagus dan menginpirasi untuk Produktif di rumah , semoga para remaja remaja diluarsana terutama saya bisa menjadi seperti kanazwa_-Najla Mutia Arifani9H

25 Aug
Balas

Ulasan yang sangat bagus mrs. Cerita ka Nazwa ini sangat menginspirasi bagi kalangan remaja untuk lebih produktif dan memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang bermanfaat. - Kayla Nurfajrina 9I

25 Aug
Balas

Ulasannya sangat bermanfaat, bisa menginspirasi remaja lain untuk mengembangkan kreativitasnya ditengah pandemi seperti sekarang. Tentunya dengan kegiatan positif yang bermanfaat seperti yang dilakukan Kak Nazwa sebagai contohnya. - Rifa Alifia Ramadhina 9C

25 Aug
Balas

Ulasan nya bagus mrs bisa menginspirasi remaja remaja . Rizki A.P 9i

25 Aug
Balas

Ulasan nya bagus mrs bisa menginspirasi remaja remaja . Rizki A.P 9i

25 Aug
Balas

Cerita dari ka nazwa ini sangat hebat dan bisa menginspirasi anak muda/remaja lainnya seperti saya untuk melakukan hal positif dan belajar hal baru untuk mengisi waktu luang agar tidak sia sia dipakai hanya untuk hal negatif. Hebat Mrs bisa menginspirasi saya untuk melakukan hal positif di masa pandemi, Dela Maya kurniasih 9D

25 Aug
Balas

Cerita kak nazwa sangat menginspirasi remaja sekarang.

25 Aug
Balas

Ulasan tentang kak nazwa memotivasi saya untuk lebih produktif lagi meski dirumah.Rahmadina Rosselia-30-9F

25 Aug
Balas

ulasan miss tentang ka nazwa ini sangat menginspirasi dan bermanfaat untuk anak muda/remaja lainnya untuk melakukan hal positif. Fauzia lathifa-14-9F

25 Aug
Balas

Selamat Sore Mrs. Mohon Maaf sebelumnya Mrs, jikalau Saya baru bisa memberikan Komentar di artikel Mrs pada hari ini Rabu, 25 Agustus 2021. Komentar Saya dari isi artikel di atas yaitu cerita tersebut sangatlah bagus, menginspirasi saya terutama untuk bisa berkarya di masa pandemi Covid-19 ini. Saya juga sangat termotivasi dari beberapa pelajaran yang tertulis diambil dari kegiatan yang di ceritakan, seperti: Tidak ada kata tidak bisa bila kita mau belajar dan tekun mempelajarinya, Benda di sekitar kita bisa menjadi sahabat sejati orang kreatif menuangkan idenya. serta Dimana ada kesempatan berkarya di situ ada peluang usaha. Sungguh pelajaran yang sangat berharga. Pelajaran terpenting yang saya dapatkan adalah dari setiap kegiatan dengan tujuan untuk mengisi waktu yang luang dan sarana untuk berkarya, dapat menjadikan seorang remaja yang kreatif, inspiratif dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain dengan syarat berkemauan, ditekuni, sabar dan dilakukan. Kesan saya selama membaca artikel ini sangat menyenangkan dan harapan saya semoga saya juga dapat berkarya dengan kreatif sesuai dengan kemampuan saya serta semoga artikel ini dapat memotivasi para remaja yang lain. Demikian komentar dari saya, mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Salam sehat, salam literasi dan terima kasih Mrs....Teriring Salam dan Doa, Marbun Yosua Lambok - 9A - SMPN 2 Cileunyi.

25 Aug
Balas

keren mrs, ulasan yang sangat bagus untuk menginspirasi para remaja sekarang ini untuk melakukan hal yang positiAdania 9c

25 Aug
Balas

Di lihat dari cerita ka Nazwa ini sangat menginspirasi bagi para remaja remaja sekarang, ka Nazwa sangat hebat dan keren. Dari ka Nazwa kita belajar bahwa beraktivitas/membuat kerajinan selama masa pandemi itu bisa di manfaatkan agar kita jg tidak terlalu bosan di rumah dan kerajinan itu bisa saja di jual di online shop. Terima kasih Mrs Enka yg sudah menuliskan tentang literasi ini kami sebagai para remaja dan pelajar sangat lah terinspirasi dan semoga bisa seperti ka Nazwa. Saya Davina nuralifa 9F

25 Aug
Balas

Sangat mengispirasi, apalagi di keadaan sekarang yang kadang bisa membuat kita jenuh di rumah, Adika faza athallah 9C

26 Aug
Balas

Ulasan mrs tentang ka najwa sangat menginspirasi, agar para pemuda seperti saya lebih produktif lagi di masa masa pandemi seperti sekarang ini

26 Aug
Balas

Ulasan mrs tentang ka najwa sangat menginspirasi, agar para pemuda seperti saya lebih produktif lagi di masa masa pandemi seperti ini.Riella vebryela,9A

26 Aug
Balas

ulusan Mrs tentang ka najwa sangat keren dan menginspirasi agar para remaja lebih produktif walaupun di rumah.alif a.i,9e

26 Aug
Balas

ulusan Mrs tentang ka najwa sangat keren dan menginspirasi agar para remaja lebih produktif walaupun di rumah.alif a.i,9e

26 Aug
Balas

ulusan Mrs tentang ka najwa sangat keren dan menginspirasi agar para remaja lebih produktif walaupun di rumah.alif a.i,9e

26 Aug
Balas

ulusan Mrs tentang ka najwa sangat keren dan menginspirasi agar para remaja lebih produktif walaupun di rumah.alif a.i,9e

26 Aug
Balas

ulusan Mrs tentang ka najwa sangat keren dan menginspirasi agar para remaja lebih produktif walaupun di rumah.alif a.i,9e

26 Aug
Balas

ulusan Mrs tentang ka najwa sangat keren dan menginspirasi agar para remaja lebih produktif walaupun di rumah.alif a.i,9e

26 Aug
Balas

ulusan Mrs tentang ka najwa sangat keren dan menginspirasi agar para remaja lebih produktif walaupun di rumah.alif a.i,9e

26 Aug
Balas

ulusan Mrs tentang ka najwa sangat keren dan menginspirasi agar para remaja lebih produktif walaupun di rumah.alif a.i,9e

26 Aug
Balas

ulusan Mrs tentang ka najwa sangat keren dan menginspirasi agar para remaja lebih produktif walaupun di rumah.alif a.i,9e

26 Aug
Balas

ulusan Mrs tentang ka najwa sangat keren dan menginspirasi agar para remaja lebih produktif walaupun di rumah.alif a.i,9e

26 Aug
Balas

ulusan Mrs tentang ka najwa sangat keren dan menginspirasi agar para remaja lebih produktif walaupun di rumah.alif a.i,9e

26 Aug
Balas

ulusan Mrs tentang ka najwa sangat keren dan menginspirasi agar para remaja lebih produktif walaupun di rumah.alif a.i,9e

26 Aug
Balas

ulusan Mrs tentang ka najwa sangat keren dan menginspirasi agar para remaja lebih produktif walaupun di rumah.alif a.i,9e

26 Aug
Balas

ulusan Mrs tentang ka najwa sangat keren dan menginspirasi agar para remaja lebih produktif walaupun di rumah.alif a.i,9e

26 Aug
Balas

Bagus mrs sangat menginspirasi. Fajar 9i

26 Aug
Balas

Ka Najwa menginspirasi anak remaja bahwa dgn diam d rmh bnyk hal yg BS kt lakukan asal kan kt mau dan ada niat untuk melakukan nya.vivian 9f

26 Aug
Balas

Dimana ada kesempatan berkarya di situ ada peluang usaha saya sangat suka quotes ini mrs, walau terlihat mudah dan sepele tapi menggandung banyak makna, -Maeza salsabila 9D

26 Aug
Balas

Ulasannya sangat menginspirasi Mrs,-Rini Rahayu 9D

27 Aug
Balas

Ulasannya sangat menginspirasi, Kurnia Rismayanti 9C

27 Aug
Balas

Sangat menginspirasi para remaja untuk mengisi hari-harinya dengan kegiatan yang menyenangkan dan berguna.Putri Indah L. 9A

27 Aug
Balas

Hobi sangat berguna untuk inspirasi anak muda kedepan. Rizki Nugraha 9f

29 Aug
Balas

Menginspirasi anak muda diluaran sana keren mrs -Resya afrily syah9B

30 Aug
Balas

Menginspirasi anak muda diluaran sana keren mrs -Resya afrily syah9B

30 Aug
Balas

Menginspirasi anak muda diluaran sana keren mrs -Resya afrily syah9B

30 Aug
Balas

ceritanya sangat menginspirasi mrs semoga banyak remaja yang terinspirasi lalu memulai hari yang produktif untuk membuat karya karya seperti ini -Arrabela 9B

30 Aug
Balas

ceritanya sangat menginspirasi mrs semoga banyak remaja yang terinspirasi lalu memulai hari yang produktif untuk membuat karya karya seperti ini -Arrabela 9B

30 Aug
Balas

ceritanya sangat menginspirasi mrs semoga banyak remaja yang terinspirasi lalu memulai hari yang produktif untuk membuat karya karya seperti ini -Arrabela 9B

30 Aug
Balas

ceritanya sangat menginspirasi mrs semoga banyak remaja yang terinspirasi lalu memulai hari yang produktif untuk membuat karya karya seperti ini -Arrabela 9B

30 Aug
Balas

ceritanya sangat menginspirasi mrs semoga banyak remaja yang terinspirasi lalu memulai hari yang produktif untuk membuat karya karya seperti ini -Arrabela 9B

30 Aug
Balas

ceritanya sangat menginspirasi mrs semoga banyak remaja yang terinspirasi lalu memulai hari yang produktif untuk membuat karya karya seperti ini -Arrabela 9B

30 Aug
Balas

ceritanya sangat menginspirasi mrs semoga banyak remaja yang terinspirasi lalu memulai hari yang produktif untuk membuat karya karya seperti ini -Arrabela 9B

30 Aug
Balas

ceritanya sangat menginspirasi mrs semoga banyak remaja yang terinspirasi lalu memulai hari yang produktif untuk membuat karya karya seperti ini -Arrabela 9B

30 Aug
Balas

ceritanya sangat menginspirasi mrs semoga banyak remaja yang terinspirasi lalu memulai hari yang produktif untuk membuat karya karya seperti ini -Arrabela 9B

30 Aug
Balas

ceritanya sangat menginspirasi mrs semoga banyak remaja yang terinspirasi lalu memulai hari yang produktif untuk membuat karya karya seperti ini -Arrabela 9B

30 Aug
Balas

ceritanya sangat menginspirasi mrs semoga banyak remaja yang terinspirasi lalu memulai hari yang produktif untuk membuat karya karya seperti ini -Arrabela 9B

30 Aug
Balas

ceritanya sangat menginspirasi mrs semoga banyak remaja yang terinspirasi lalu memulai hari yang produktif untuk membuat karya karya seperti ini -Arrabela 9B

30 Aug
Balas

ceritanya sangat menginspirasi mrs semoga banyak remaja yang terinspirasi lalu memulai hari yang produktif untuk membuat karya karya seperti ini -Arrabela 9B

30 Aug
Balas

ceritanya sangat menginspirasi mrs semoga banyak remaja yang terinspirasi lalu memulai hari yang produktif untuk membuat karya karya seperti ini -Arrabela 9B

30 Aug
Balas

ceritanya sangat menginspirasi mrs semoga banyak remaja yang terinspirasi lalu memulai hari yang produktif untuk membuat karya karya seperti ini -Arrabela 9B

30 Aug
Balas

ceritanya sangat menginspirasi mrs semoga banyak remaja yang terinspirasi lalu memulai hari yang produktif untuk membuat karya karya seperti ini -Arrabela 9B

30 Aug
Balas

ceritanya sangat menginspirasi mrs semoga banyak remaja yang terinspirasi lalu memulai hari yang produktif untuk membuat karya karya seperti ini -Arrabela 9B

30 Aug
Balas

Dari ceritanya kita dapat menyimpulkan bahwa tidak ada yang tidak bisa jika kita berkemauan, berusaha, berdoa.Ceritanya menginspirasi buat kalangan remaja yang waktunya terbuang untuk bermalas-malasan. Muhammad Pasha Rinaldhi 9A

30 Aug
Balas

Dari ceritanya kita dapat menyimpulkan bahwa tidak ada yang tidak bisa jika kita berkemauan, berusaha, berdoa.Ceritanya menginspirasi buat kalangan remaja yang waktunya terbuang untuk bermalas-malasan. Muhammad Pasha Rinaldhi 9A

30 Aug
Balas

Dari ceritanya kita dapat menyimpulkan bahwa tidak ada yang tidak bisa jika kita berkemauan, berusaha, berdoa.Ceritanya menginspirasi buat kalangan remaja yang waktunya terbuang untuk bermalas-malasan. Muhammad Pasha Rinaldhi 9A

30 Aug
Balas

waw cerita ka nazwa menginsprasi kaum remaja termasuk saya yang untuk selalu kreatif dan tidak pantang menyerah -auralia putri pertwi 9A

30 Aug
Balas

-auralia putri prtwi 9I

30 Aug

Cerita kak nazwa sangat menginspirasi kaum remaja apalagi di masa pandemi seperti ini dengan tidak pantang menyerah, dan dari cerita di atas bisa menyimpulkan dimana ada kemauan dan usaha disitu ada jalan keberhasilan-Denisa Aprilia Trisaputri,9B

30 Aug
Balas

bagus bngt sangat menginspirasi kaum remaja kita juga dapat belajar dari tokoh ka nazwa bahwa apa sangat mempengaruhi kehidupan remaja yang notabene adalah pelajar.nining setiawati 9c

30 Aug
Balas

cerita ka nazwa sangat menginspirasi kaum muda termasuk saya untuk selalu kreatif dan tidak pantang menyerah-Syera Vicka Aulia 9I

30 Aug
Balas

Waww cerita kak Nazwa ini keren dan menginspirasi untuk kaum remaja mrs - Naila Syetia Pujaningsih 9i

04 Sep
Balas

cerita ini sangat menginspirasi banyak orang supaya kita harus selalu memanfaatkan keadaan yang ada untuk hal-hal yang bermanfaat.dan bisa menjadikan diri sendiri menjadi lebih kreatif dalam hal apapunReva Handayani 9H

06 Sep
Balas

cerita ini sangat menginspirasi banyak orang supaya kita harus selalu memanfaatkan keadaan yang ada untuk hal-hal yang bermanfaat.dan bisa menjadikan diri sendiri menjadi lebih kreatif dalam hal apapun krisna juan 9G

20 Sep
Balas

cerita ini sangat menginspirasi banyak orang supaya kita harus selalu memanfaatkan keadaan yang ada untuk hal-hal yang bermanfaat.dan bisa menjadikan diri sendiri menjadi lebih kreatif dalam hal apapun.wafa h.v 9D

20 Sep
Balas

cerita ini sangat menginspirasi banyak orang supaya kita harus selalu memanfaatkan keadaan yang ada untuk hal-hal yang bermanfaat.dan bisa menjadikan diri sendiri menjadi lebih kreatif dalam hal apapun.wafa h.v 9D

20 Sep
Balas

ulasannya sangat bagus dan menginspirasi para remaja untuk melakukan hal hal yg baru dan positif. Lahfah Zulfaa 9E

20 Sep
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Krisna Rohdiana

21 Sep
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Arief abdul rohman 9A

21 Sep
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Arief abdul rohman 9A

21 Sep
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Arief abdul rohman 9A

21 Sep
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Arief abdul rohman 9A

21 Sep
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Arief abdul rohman 9A

21 Sep
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Arief abdul rohman 9A

21 Sep
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Arief abdul rohman 9A

21 Sep
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Arief abdul rohman 9A

21 Sep
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Arief abdul rohman 9A

21 Sep
Balas

cerita tentang ka Nazwa sangat menginspirasi saya, semoga ulasan miss dapat di baca lebih banyak orng untuk anak muda yang lain, Arief abdul rohman 9A

21 Sep
Balas

Dari cerita ini kita bisa menyimpulkan bahwa, ananda nazwa bisa jadikan kita untuk menjadi sebuah inspirasi di masa pandemi seperti sekarang ini. Karna kreativitas nya,ke produktif nya beliau, sangat harus kita tiru oleh remaja kalangan kita di masa pandemi.

21 Sep
Balas

Dari cerita ini kita bisa menyimpulkan bahwa, ananda nazwa bisa jadikan kita untuk menjadi sebuah inspirasi di masa pandemi seperti sekarang ini. Karna kreativitas nya,ke produktif nya beliau, sangat harus kita tiru oleh remaja kalangan kita di masa pandemi. Roby Ramdhani 9C..

21 Sep
Balas

Ceritanya bagus, sangat menginspirasi banyak orang di masa pendemi seperti sekarang ini. Dan bisa menjadikan diri sendiri menjadi lebih kreatif dalam hal apapun._Ratna Dewi-9G

21 Sep
Balas

cerita sangat bagus dan sangat menginspirasi banyak orang di masa pandemi seperti sekarang ini TRI RIZKY AULIA 9C

21 Sep
Balas

Ceritanya sangan menginspiratif dan sangat bagus...saya akan berusaha belajar dan tekun agar dapat seperti "Nazwa Suci Rahmani"..amin

21 Sep
Balas

Widiya puspa dewi 9i

21 Sep

cerita ini sangat menginspirasi banyak orang supaya kita harus selalu memanfaatkan keadaan yang ada untuk hal-hal yang bermanfaat.dan bisa menjadikan diri sendiri menjadi lebih kreatif dalam hal apapun - Najla Mutia Arifani

29 Sep
Balas

cerita ini sangat menginspirasi banyak orang supaya kita harus selalu memanfaatkan keadaan yang ada untuk hal-hal yang bermanfaat.dan bisa menjadikan diri sendiri menjadi lebih kreatif dalam hal apapun - Najla Mutia Arifani

29 Sep
Balas

cerita ini sangat menginspirasi banyak orang supaya kita harus selalu memanfaatkan keadaan yang ada untuk hal-hal yang bermanfaat.dan bisa menjadikan diri sendiri menjadi lebih kreatif dalam hal apapun - Najla Mutia Arifani

29 Sep
Balas

cerita ini sangat menginspirasi banyak orang supaya kita harus selalu memanfaatkan keadaan yang ada untuk hal-hal yang bermanfaat.dan bisa menjadikan diri sendiri menjadi lebih kreatif dalam hal apapun - Najla Mutia Arifani

29 Sep
Balas

cerita ini sangat menginspirasi banyak orang supaya kita harus selalu memanfaatkan keadaan yang ada untuk hal-hal yang bermanfaat.dan bisa menjadikan diri sendiri menjadi lebih kreatif dalam hal apapun - Najla Mutia Arifani

29 Sep
Balas

cerita ini sangat menginspirasi banyak orang supaya kita harus selalu memanfaatkan keadaan yang ada untuk hal-hal yang bermanfaat.dan bisa menjadikan diri sendiri menjadi lebih kreatif dalam hal apapun - Najla Mutia Arifani 9H

29 Sep
Balas

Cerita kak nazwa ini sangat mengispirasi para remaja di kala keadaan pandemi seperti ini. Memanfaatkan keadaan dimana hampir semua remaja bermalas malasan dan jarang sekali hidup produktif. Jadi kita belajar dari kak nazwa untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat dan lebih kreatif dalam hal apapun. HAFAYAH NURUL QORIAH 9C

01 Oct
Balas

keren bgt mrss ceritanya sangat menginspirasi banyak orang untuk melakukan kegiatan positif, Chalila rafaifa asyla 9f

07 Oct
Balas

keren bgt mrss ceritanya sangat menginspirasi banyak orang untuk melakukan kegiatan positif, Chalila rafaifa asyla 9f

07 Oct
Balas

keren bgt mrss ceritanya sangat menginspirasi banyak orang untuk melakukan kegiatan positif, Chalila rafaifa asyla 9f

07 Oct
Balas

cerita ka nazwa sangat menginspirasi remaja"/kalangan anak muda saat pandemi sekarang ini, dari cerita ini aku belajar agar melakukan hal hal positif dan bermanfaat. - LUTHFIE NABILLA RINOVA 9F

07 Oct
Balas

cerita ini sangat menginspirasi dan kata katanya bagusFahmi Ahmad hidayat 13. 9F

07 Oct
Balas

cerita ini sangat menginspirasi dan kata katanya bagusFahmi Ahmad hidayat 13. 9F

07 Oct
Balas

cerita ini sangat menginspirasi dan kata katanya bagusFahmi Ahmad hidayat 13. 9F

07 Oct
Balas

cerita ini sangat menginspirasi dan kata katanya bagusFahmi Ahmad hidayat 13. 9F

07 Oct
Balas

cerita ini sangat menginspirasi banyak orang supaya kita harus selalu memanfaatkan keadaan yang ada untuk hal-hal yang bermanfaat.Diki Ramdani 9F

07 Oct
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para remaja lebih bisa meluangkan waktunya untuk berkarya walaupun di masa pendemi ini. Annisa kf 9F

07 Oct
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para remaja melakukan kegiatan yang positif.ilham.k 9f

07 Oct
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para remaja melakukan kegiatan yang positif.ilham.k 9f

07 Oct
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para remaja melakukan kegiatan yang positif.ilham.k 9f

07 Oct
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para remaja melakukan kegiatan yang positif.ilham.k 9f

07 Oct
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para remaja melakukan kegiatan yang positif.ilham.k 9f

07 Oct
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para remaja melakukan kegiatan yang positif.ilham.k 9f

07 Oct
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para remaja melakukan kegiatan yang positif.ilham.k 9f

07 Oct
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para remaja melakukan kegiatan yang positif.ilham.k 9f

07 Oct
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para remaja melakukan kegiatan yang positif.ilham.k 9f

07 Oct
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para remaja melakukan kegiatan yang positif.ilham.k 9f

07 Oct
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para remaja melakukan kegiatan yang positif.ilham.k 9f

07 Oct
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para remaja melakukan kegiatan yang positif.ilham.k 9f

07 Oct
Balas

Ceritanya sangat menginspirasi agar para remaja melakukan kegiatan yang positif.ilham.k 9f

07 Oct
Balas

Ceritanya bagus, sangat menginspirasi banyak orang di masa pendemi seperti sekarang ini. Dan bisa menjadikan diri sendiri menjadi lebih kreatif dalam hal apapun.Nadia Nurul Hidayah-9G

11 Oct
Balas

Ceritanya bagus, sangat menginspirasi banyak orang di masa pendemi seperti sekarang ini. Dan bisa menjadikan diri sendiri menjadi lebih kreatif dalam hal apapun.Nadia Nurul Hidayah-9G

11 Oct
Balas

Ceritanya bagus, sangat menginspirasi banyak orang di masa pendemi seperti sekarang ini. Dan bisa menjadikan diri sendiri menjadi lebih kreatif dalam hal apapun.Nadia Nurul Hidayah-9G

11 Oct
Balas

cerita Kak Nazwa sangat inspiratif untuk para remaja seperti saya untuk selalu produktif di masa pandemi ini.suci lestari 9b

12 Oct
Balas

waw sangat keren, ka Nazwa adalah anak jenius, ia mampu keluar dari zona nyamannya anak2 sekolahan. HANA DWI 9B

13 Oct
Balas

sangat inspiratif untuk para remaja seperti saya untuk selalu produktif di masa pandemi ini. Adrian 9B

18 Oct
Balas

sangat inspiratif untuk para remaja seperti saya untuk selalu produktif di masa pandemi ini. Adrian 9B

18 Oct
Balas

kerennn mrs, sangat menginspirasi para remaja seperti saya untuk selalu melalukan kegiatan positif. -Listia Destiani 9E

24 Oct
Balas



search

New Post