Epiardi Anam

Ranah minang diri terlahir, sikarih kampung kecil, pariaman kotanya, dipanggil diri supaya berarti, bernamalah EPIARDI ANAM, merantau kebanggaan lelaki, singgah...

Selengkapnya
Navigasi Web
IBU CAMAT 'BERSILAT'

IBU CAMAT 'BERSILAT'

IBU CAMAT ‘BERSILAT’

#epiardi anam

Pembelajaran Silat tidak dipandang dari jenis kelamin (wanita atau laki-laki), tidak diukur dari strata sosial ataupun ekonomi. Meskipun sebagian geraknya tampak seperti menari tapi dia memiliki gerak rahasia dan unik sendiri. Dibalik lemah lembutnya tersimpan ‘besi kursani’.

Kini, Sang Pecinta Silat Negeri membuat langkah pasti. Melalui Kampung Silat Rumbai, Pergelaran Silat Tradisional Indonesia se Kota Pekanbaru ditaja tanpa ragu. Sabtu 18 Februari 2023 adalah tanggal yang ditunggu untuk memberitahukan ke masyarakat Kota Pekanbaru bahwa Silat Negeri ada disini.

Panitia Pelaksana sudah berencana dan itu tidak lagi wacana. Tuan Guru Oyon Tuanku Paik sebagai ketua Pelaksana dengan waktu lima hari memacu diri untuk siapkan pergelaran ini. Dan Sebagai Ketua Kampung Silat Rumbai, Tuan Guru Safrimen Tuanku Malin Mudo, didampingi oleh Tuan Guru M. Kadri Tuanku Pakih Mudo juga mengambil ‘start’, bergerak tanpa komando tapi paham akan fungsi dan porsi (seolah-olah komunikasi sudah terjalin meskipun kata baru di hati) untuk menyemarakan penampilan ini. Tiga Tuan Guru ini disebut sebagai ‘tiga tungku sajarangan’ (dimaknai: tiga tiang yang saling menopang). Dan mereka dipanggil juga sebagai ‘Harimau nan Tigo (dibaca: Harimau yang tiga, versi penulis).

Jemputan disebarkan, Taufik Chandra ambil alih. Koordinasi dan konfirmasi terus dijaga supaya situasi terkendali hingga acara tiba.

Semua terkesima …, gerak silat memukau rasa, ‘talempong dan tambur bersahut-sahutan hingga mulut lupa ‘mengunyah’ bahwa masih ada gorengan pisang yang tersisa. Bahkan ibu Camat Vemi Herliza ‘Sang Pembina’ ikut bersilat dengan tangan siap di dada.

Ucapan syukur tak terkira, semua sesuai rencana. Terima kasih kepada seluruh Sang Pecinta Silat Negeri yang telah berpartisipasi, terkhusus bagi yang langsung ada dilokasi: Silat Tua Langkah Harimau, Silat Cakak Ampek Harimau Putih, Silat Harimau Tuanku nanrenceh, Silat Lintau IX Koto, Silat Kinantan Suci, Silat Hang Jebat, Silat Kumango, Silat Alam Takambang, Silat Beringin Putih, Silat Sasak Langkah Tigo dan Silat Buluh Tua.

Kampung Silat Rumbai, 18022023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post