Erni Lestari

Guru MIN 3 Sukabumi, Jl. Pelda Km.14 Ds.Bojongraharja kec.Cikembar kab.Sukabumi...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tradisi Munggahan

Alhamdulillah, shaum pertama cuaca sangat bersahabat. Pagi yang cerah menambah semangat beraktivitas dan siang menjelang sore diberi hujan sehingga suasana terasa sejuk.

Hari ini shaum Teteh dan Aa terbilang lancar karena tak ada drama seperti tahun sebelumnya. Itu semua membuat saya tambah bersyukur memiliki anak-anak yang baik.

Shaum kami pada Ramadhan pertama tak kami awali dengan mengikuti tradisi munggahan seperti biasanya, yaitu sibuk dengan memasak menu hidangan yang boleh dibilang istimewa bagi kebanyakan orang. Ada yang sibuk memasak semur daging atau opor ayam dengan segala pernak-perniknya.

Tradisi ini biasa dilakukan dalam rangka menyambut Ramadhan dengan penuh suka cita. Mempersiapkan menu terbaik agar selera makan tetap terjaga saat sahur dan tidak repot saat berbuka, bahkan ini dilakukan untuk saling berkunjung terutama ke orangtua dengan membawa hantaran yang berisi masakan terbaik untuk bersilahturahmi sebagai wujud rasa sayang dan hormat.

Berbeda dengan kami di sini, saya khususnya. Tidak mempersiapkan hal istimewa dengan memasak bahan dasar daging, karena selera anak-anak yang tidak terlalu suka dengan daging dan bosan dengan menu ayam. Kamipun tak bertradisi mengirim hantaran makanan karena kami berada di rantau orang.

Menu kami hanya sayur bening oyong, pepes tahu, telur balado,tempe crispy, kerupuk dan sambal. Alhamdulillah ini rezeki dan masih menjadi menu favorit keluarga. Walaupun sederhana yang penting tetap bisa melaksanakan ibadah shaum dengan baik.

Semoga kita semuanya senantiasa sehat, mendapat berkah, rahmat, dan ridho Allah SWT di bulan penuh ampunan ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin. Ya munggahan sudah memasyarakat. Salam literasi. Sudah like & follow

13 Apr
Balas

Makasih Pak sudah mampir

14 Apr



search

New Post