Ernae Lovie

Assalamualaikum Warahmatullahi Wa Barokatuh Sahabat ku Perkenalkan namaku Ernae Lovie . Seorang pendidik yang mencintai anak khususnya anak-anak ABK. Na...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menggapai Cita lewat Ekskul
Bintang Kecilku

Menggapai Cita lewat Ekskul

#tantangangurusianah+47

Bismillahirrahmanirohim

Menggapai Cita lewat Ekskul

Kegiatan ekskul adalah kegiatan tambahan sekolah yang bertujuan untuk memfasilitasi siswa dalam mengembangkan bakat dan minatnya. Ekskul juga dapat menjadi ajang untuk meningkatkan nama besar sekolah. Sekolah tersebut menjadi sekolah populer dan dapat menjadi sekolah favorit.

Sekolah yang favorit banyak diminati orang tua. Orang tua memiliki kebanggan atau prestise bisa anaknya diterima di sekolah favorit.

Kegiatan ekskul disekolah harus disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Sekolah harus melihat input yang dimilikinya kemudian mengasah input tersebut untuk mendapatkan output yang dapat memberikan prestasi sekolah.

Pemilihan ekskul sekolah juga harus sesuai dengan visi dan misi yang dimiliki sekolah. Dan

setiap sekolah mempunyai visi dan misi yang berbeda. Kepala Sekolah sebagai pengelola sekolah harus memahami kelemahan dan kekuatan yang dimiliki sekolahnya sehingga bisa memilih ekskul apa saja yang harus di adakan disekolah.

Ekskul di tingkat sekolah dasar banyak jenisnya :

1. Seni

Ekskul Tari, Melukis, Menyanyi Pantomim, Marawis, Band dan Marching Band.

2. Olah Raga

Ekskul silat, Footsal, Basket, volley ball, Bulu Tangkis dan sepak bola.

3. Literasi/Sastra

4. Sains

Kelompok Sains dan Matematikan

5. Kesiswaan

Ekskul Dokter Kecil, Pramuka, PMR dan Paskibra.

Apakah semua ekskul ini harus dimiliki sekolah?

Tidak harus semua, biasanya ekskul dipilih untuk persiapan lomba yang sering diikuti sekolah. Dan melihat animo dari siswa yang mengikuti ekskul tersebut.

Bagaimana membiayai semua ekskul tersebut ? Memiliki banyak kegiatan ekskul memang banyak biaya yang harus dikeluarkan. Dari pembayaran honorarium guru ekskul, biaya lomba, perlengkapan lomba dan transportasi saat lomba. Sekolah dapat membiayai kegiatan ekskul nya dari BOS dan BOP. Untuk honorarium guru ekskul sekolah bisa menganggarkan dari BOS sedangkan untuk kegiatan dan perlengkapannya bisa diambil dianggarkan dari BOP.

Untuk sekolah swasta semua biaya kegiatan dan honorium guru dibayarkan oleh orang tua. Jadi sudah wajar jika sekolah favorit biaya pendidikannya pasti lebih mahal dan sekolah biasa.

Jika sekolah memiliki ekskul maka impian menjadi sekolah favorit akan tercapai. Dan siswa akan mudah mencapai mimpi dan citanya untuk mengembangkan minat dan bakatnya sesuai yang diinginnya.

Jangan memaksakan anak untuk memilih ekskul hanya karena prestise. Bebaskan mereka memilih sesuai keinginan. Biarkan anak memilih mau jadi apa dimasa depannya nanti.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mengembangkan bakat, kreativitas melalui ekskul yang terprogram dan terpantau oleh sekolah.

03 Mar
Balas

Betul Bu... Harus terprogram hingga hasilnya maksimal

04 Mar

Trima kasih sudah berkunjung ke wall saya

04 Mar



search

New Post