Ernasari Fitriati

Saya adalah orang Kuningan Jabar yang mengajar di SMA Yos Sudarso Majenang Cilacap Jateng...

Selengkapnya
Navigasi Web

Empat Langkah Agar Lebih Dekat Allah

Allah SWT berfirman:

"Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa; kemudian Dia bersemayam di atas `Arsy. Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar dari dalamnya, apa yang turun dari langit dan apa yang naik ke sana. *Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Hadid 57: Ayat 4)

Dari ayat di atas dapat dipahami bahwa Allah bersama kita berada. Maka pada saat ditimpa masalah kita harus mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjadikannya sebagai sandaran.

Setidaknya ada empat langkah agar lebih dekat dengan Alloh yaitu:

1. Bersyukur kepada Allah Ta’la

Langkah pertama yang harus dilakukan agar lebih dekat dengan Allah SWT adalah bersyukur kepada-Nya. Banyak manusia yang merasa dirinya gelisah dan tidak bahagia dengan apa yang telah dimiliki. Bahkan banyak di antara mereka yang tidak bersyukur atas apa yang telah diterima. Padahal, nikmat yang mereka peroleh tersebut berasal dari Allah SWT. Maka apabila orang tersebut tidak bersyukur, maka ia telah mengingkari pemberian dari Allah. Orang-orang yang tidak bersyukur tersebut akan lebih dekat dengan segala sesuatu yang mengandung dosa, karena ia akan rela melakukan apa saja agar keinginannya dapat tercapai.

Lain halnya dengan orang yang senantiasa bersyukur, maka kehidupannya akan lebih tenang dan jauh dari kata gelisah. Aid Al-Qarni dalam bukunya La Tahzan mengingatkan, “Ingatlah setiap nikmat yang Allah anugerahkan kepada Anda. Karena Dia telah melipatkan nikmat-Nya dari ujung rambut hingga ke bawah kedua telapak kaki.”

Bagi mereka yang mampu bersyukur, maka ia telah melangkahkan kakinya lebih dekat kepada Allah SWT. Hal ini disebabkan ia menyadari bahwa nikmat yang dilimpahkan oleh Allah itu tidak bisa dihitung jumlahnya. Seperti yang tertera dalam Al-Qur’an. Allah SWT berfirman:

“Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (QS: Ibrahim [14]: 34).

Oleh sebab itu, sebagai manusia yang diberi kemampuan berpikir kita seharusnya mampu merenungkan betapa Allah sangat memuliakan kehidupan makhluk-Nya. Apalagi setelah kita mengetahui bahwa ada tambahan nikmat jika senantiasa bersyukur. Allah Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS: Ibrahim [14]: 7)

2. Berprasangka Baik pada Allah Ta’ala

Selain bersyukur kepada Allah, langkah selanjutnya agar dekat dengan-Nya adalah berprasangka baik kepada Allah Ta’ala. Banyak orang yang mungkin tidak bisa menjalankan langkah yang satu ini dengan baik. Bahkan di antara kita ada yang menyalahkan Allah sebagai penyebab segala kesusahan yang dialaminya.

Padahal, ketika kita ditimpa sebuah masalah maka hal yang harus dilakukan adalah berprasangka baik kepada-Nya. Sebab sebuah kemustahilan Allah menzalimin hamba-Nya. Allah Ta’ala berfirman;

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak Mengetahui.” (QS: Al-Baqarah [2]: 216).

Kemudian di dalam Al-Qur’an, Allah juga menegaskan: “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari pra-sangka itu adalah dosa.” (QS: Al-Hujurat [49]: 12).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren pisan ulasannya Teh. Sukses selalu

09 Apr
Balas

Keren ulasannya, sangat inspiratif Bu

09 Apr
Balas

Tulisannya keren dan inspiratif. Salam Literasi.

09 Apr
Balas



search

New Post