Ernasari Fitriati

Saya adalah orang Kuningan Jabar yang mengajar di SMA Yos Sudarso Majenang Cilacap Jateng...

Selengkapnya
Navigasi Web

Empat Langkah Lebih Dekat Allah (2)

3. Sabar dalam Ikhtiar

Langkah selanjutnya untuk menjadi lebih dekat kepada Allah SWT adalah sabar dalam ikhtiar. Tidak ada manusia yang absen dari cobaan Allah SWT. Akan tetapi, hanya manusia yang sabar dalam berusaha menyelesaikan cobaan tersebutlah yang akan mendapatkan kemuliaan.

Setiap manusia dituntut untuk berusaha terlebih dahulu ketika menginginkan sesuatu. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa ada saja hal yang membuat usaha tersebut gagal. Ketika berada dalam kondisi yang demikian, maka kita diwajibkan untuk lebih berusaha keras dan senantiasa bersabar.

Bahkan Allah akan senantiasa menyertai dan mencintai kita karena kesabaran kita. Umar bin Khaththab berkata, “Dengan kesabaran, kita tau makna hidup yang baik.”

4. Tawakal kepada Allah

Namun bagaimana jika kesabaran dalam berusaha tersebut tidak membuahkan hasil? Jawabannya adalah bertawakal kepada Allah SWT. Inilah salah satu langkah terakhir agar kita bisa lebih dekat dengan Allah.

Berserah dirilah kepada Allah ketika kita sudah mengerjakan segala sesuatu sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Sebab hanya Allah-lah yang mengerti mana yang terbaik untuk hamba-Nya.

Ibnu Hajar Al Asqolani berkata,“Tawakkal yaitu bh memalingkan pandangan dari berbagai sebab setelah sebab disiapkan.” Artinya, sebab bukanlah penentu, tetapi Allah Yang Maha Menentukan.

Semoga kita semua bisa melangkah agar bisa lebih dekat dengan Alloh sehingga dimudahkan dapat berkumpul bersama di JannahNya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post