Ernasari Fitriati

Saya adalah orang Kuningan Jabar yang mengajar di SMA Yos Sudarso Majenang Cilacap Jateng...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kisah Inspiratif Bu Maria

Kisah Inspiratif Bu Maria

Sejak tahun 2011 SMP Maria Immaculata Cilacap sudah mendapat SK Bupati untuk menjadi sekolah inklusi. Sejak saat itu, semua guru mulai dilatih untuk menangani ABK. Saat itu hanya 2 atau 3 ABK tapi relative masih mampu didik.

Tahun 2021/2022, ada 11 ABK yang sekolah di sana dengan keistimewaannya masing-masing. Bu Maria, mantan KS SMP Immaculata, kemudian berinisiatif membaktikan diri menangani ABK. Apalagi saat itu masih pandemic, sehingga beliau memutar otak bagaimana agar ABK tersebut mendapatkan pelayanan terbaik.

Awalnya beliau melakukan asesmen untuk melihat kemampuan ABK tersebut secara garis besar. Ada 7 anak yang mampu didik sedangkan 5 anak tuna grahita berat. Dengan kerja kerasnya, beliau berhasil membimbing anak-anak tersebut agar bisa membaca. Salah satu triknya, mereka dipasangkan dengan temannya yang normal untuk membantu mereka belajar membaca. ABK putra dipasangkan dengan putri dan sebaliknya. Hasilnya anak ABK tersebut jadi lebih bersemangat karena mereka malu kalau sampai tidak bisa membaca. Sedangkan bagi yang membantu, Bu Maria memberikan hadiah balpoin yang disambut bahagia oleh anak-anak. Saat pembagian rapor, semua orang tua ABK tersebut menangis dan berterima kasih karena anak-anaknya sudah bisa membaca. Bahkan ada satu anak yang dilepas ke bank untuk membuat buku bank dan mengisi identitasnya sendiri.

Memang untuk 5 anak tuna grahita berat, masih proses merangkai huruf karena mereka perlu penanganan yang lebih serius lagi. Namun Bu Maria tetap semangat mendampingi mereka. Sungguh kisah yang inspiratif.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya Teh. Sukses selalu

07 Mar
Balas

Untuk tingkat SMP ya Teh? Luar biasa memang Bu Maria.

07 Mar
Balas

Keren ceritanya Bu, sukses selalu.

07 Mar
Balas

Menginspirasi bunda. Luar biasa

07 Mar
Balas

Mantap banget, sukses selalu untuk Ibu

07 Mar
Balas

Perlu kita adopsi cara mendidik beliau.

07 Mar
Balas

Duhh...oma terharu dg perjuangan b Maria yg blm bs oma lakukan.

07 Mar
Balas

Keren ulasannya, sukses selalu Bu Erna

07 Mar
Balas

bu Maria luar biasa. Semoga berkat melimpah atas Bu Maria. amin. Salam sukses, Bu.

07 Mar
Balas

Waah...salut buat bu Maria, kita jadi malu sendiri kadang suka galau melihat siswa yang tidak mau tuntas materi yang diberikan.

07 Mar
Balas

Keren ulasannya. Sukses selalu Bunda.

07 Mar
Balas



search

New Post