ERNAWATI SUGISTINA

Aku lahir di kota Marmer Tulungagung Jawa Timur, tanggal 27 Mei 1978 . Keinginanku untuk bisa menyampaikan apa yang kulakukan kurasakan, kuinginkan dan ku harap...

Selengkapnya
Navigasi Web

GAWAT NI....ANAK BOSAN BELAJAR DIRUMAH AJA

Kondisi saat ini benar-benar sangat memprihatinkan, ditengah kondisi fisik kita dihantam kondisi psikis kitapun diporakporandakan. Sungguh menjadikan tantangan bagi semuanya, untuk dapat bangkit mengatasinya.Begitu pula dengan kondisi anak-anak yang biasanya belajar disekolah dan sekarang harus belajar dirumah. Bagaimana ya para temen-temen guru menyikapinya?

Bagi anak-anak yang sudah lebih dari sebulan ini berada dirumah dan mendapatkan pembelajaran melalui media online ternyata sudah menampakkan gejala kebosanan. Ketidaknyamanan mereka dalam cara belajar ini ternyata dipengaruhi oleh banyak hal, diantaranya adalah bertumpuknya tugas yang disajikan dengan apa adanya tanpa sajian yang menarik dan monoton.

Nah inilah yang diperlukan oleh para guru untuk memahami situasi dan kondisi dari anak-anak didiknya. Cara kreatif yang tentunya harus mempertimbangkan faktor internal dan eksternal anak. Faktor internal anak misalnya kemampuan menangkap kejelasan tugas maupun materi untuk menyelesaiakan tugas, sedangkan faktor eksternal adalah orangtua yang tentunya menjadi pendamping mereka yang kadang dituntut untuk bisa menggantikan keberadaan gurunya.

Untuk itu harus bijaksana seorang guru memandang tiap kasus dari anak didiknya, mengajak mereka untuk dapat memberikan kesempaatn seluas-luasnya dalam mengeksplorasi apa saja dan bagaimana mereka para anak didik dapat menyelesaikan tugas sebagai bentuk memahami  materi dalam mencapai tujuan dari pembelajaran itu. Jadi yang terpenting adalah poin bagaimana anak bisa mencapai tujuannya, dan jalannya diberikan oleh para guru.

Tugas yang komprehensip dalam makna tetapi sederhana dalam penyampaiannya akan lebih mudah dimengerti dipahami sekaligus dilakukan anak, sebagai misal tujuan pembelajarannya adalah anak menyelesaikan masalah sehari-hari, klu kegiatan nya adalah membantu orangtua membersihkan rumah, capaian perkembangan nya antara lain membuat alat memberihkan plafon kamarnya dari kemoceng yang disambung dengan galah.....Satu kata untuk memberikan motivasi tanpa henti pada mereka TAK ADA YANG TAK MUNGKIN BAGI YANG MAU BERUSAHA.Tetap semangat sehat selalu dan berbahagia ...sukses juga. SEMOGA

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post