ERNAWATI SUGISTINA

Aku lahir di kota Marmer Tulungagung Jawa Timur, tanggal 27 Mei 1978 . Keinginanku untuk bisa menyampaikan apa yang kulakukan kurasakan, kuinginkan dan ku harap...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENGURAI KOMPETENSI ANAK MELALUI KARYA KREATIF

MENGURAI KOMPETENSI ANAK MELALUI KARYA KREATIF

Pendidikan anak usia dini bertujuan untuk mempersiapkan anak siap untuk mengikuti pendidikan selanjutnya. Kesiapan yang di maksud terkait kompetensi yang harus di kembangkan dalam proses pembelajarannya sehingga capaian kompetensi anak dapat seperti yang seharusnya ( sesuai dengan STPPA). Kesempatan anak dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah harus pula di berikan kesinambungan dengan apa yang seharusnya di lakukan orang tua di rumah.

Proses pembelajaran yang diberikan  keleluasaan baik pada guru atau pendidik sebagai fasilitator maupun pengarah dan juga anak-anak didik yang dapat pula meng aktualisasikan sebagaimana minat dan bakatnya.Kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, pengetahuan maupun ketrampilan dapat berjalan bersama dalam bentuk-bentuk karya kreatif yang diaktualisasikan oleh seorang anak didik. Sebagaimana dapat dicontohkan ketika anak-anak diberikan tugas membuat proyek taman di sekolahku, maka anak langsung dapat menyebut mengagumi ciptaan Tuhan dengan beberapa tanaman bunga ataupun sayur yang mereka tanam. Sedangkan Sikap sosialnya akan muncul dengan kerja sama menata batu pot tanaman membersihkan taman, pengetahuan dan ketrampilan baik nampak ketika anak mencoba mengangkat dengan bagaimana pot-pot tanaman agar lebih mudah berarti mereka mapu memecahkan masalah dengan solusinya. Terciptanya keindahan taman sebagai karya kreatif menunjukkan anak-anak mampu memahami indah dan keindahan sebagai seni.

Banyak pihak diantara orang-orang dewasa mengatakan bahwa ketercapaian karya kreatif yang komplek tidak mungkin bagi anak, padahal anak-anak mampu berpikir dan berbuat lebih dari yang kita orang dewasa pikirkan.Kebebasan dan kesempatan yang besar untuk mereka , anak-anak menuliskan pada dirinya sendiri atas apa yang di inginkan dan di minati, tentunya hasilnya akan lebih baik dari yang hanya mengikuti perintah pendidik saja.

Penyelenggara pendidikan dan para pendidik yang unggul dalam sikap , pengetahuan dan ketrampilan itulah pilihan bagi para orangtua untuk merubah generasi ini menjadi lebih baik lagi.Sukses, Unggul,  berbudaya dan bermartabat dalam bingkai generasi ihsan. SEMOGA

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post