ERNAWATI SUGISTINA

Aku lahir di kota Marmer Tulungagung Jawa Timur, tanggal 27 Mei 1978 . Keinginanku untuk bisa menyampaikan apa yang kulakukan kurasakan, kuinginkan dan ku harap...

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMANTAUAN ASYIK MELALUI STATUS MEDSOS PENDIDIK
Status Medsos pendidik dapat bantu pantau KBM

PEMANTAUAN ASYIK MELALUI STATUS MEDSOS PENDIDIK

Pemantauan adalah kegiatan pengendalian mutu yang mencitrakan kondisi lembaga PAUD sebagai sasaran program kepenilikan. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang penilik dalam menyikapinya, pilihannya tentu disesuaikan dengan situasi dan kondisi dari lembaga-lembaga sasaran programnya. Dan untuk masa sekarang ini dimana semua sektor dan lini memanfaatkan tehnologi informatika yang membantu mempermudah melakukan pekerjaan, tidak ada salahnya penilik juga memanfaatkannya.

Tehnologi informatika berkembang semakin maju dan canggih, banyak ragam dengan fitur-fitur yang juga luar biasa berkembang. Diantara yang banyak dimanfaatkan adalah media sosial (Medsos) , yang dipilih banyak kalangan untuk mempermudah melakukan atau mewujudkan tujuan. Dalam hal pemantauan juga demikian penilik dapat memanfaatkannya, dengan cara memanfaatkan status pendidik di medsos nya.

Tahapan yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan status pendidik dalam proses pemantauan kegiatan pembelajaran diantaranya :

1. Merancang kegiatan pemantauan melalui status medsos ( langkah -langkah, periode waktu, substansi status pendidik) dan mensosialisasikannya melalui grup medsos pendidik.

2. Pendidik mendokumentasikan RPPH dan kegiatan mulai dari persiapan termasuk pijakan lingkungan, penyambutan, pembukaan, inti dan penutup dalam bentuk gambar atau vidio

3. Pendidik mengirimkannya dalam bentuk status medsos, pada waktu setelah selesai pembelajaran.

4. Penilik dapat menginventasir dan menganalisisnya dan menjadikanya laporan pemantauan sebagai dasar pelaksanaan diskusi terfokus.

Sebagai sebuah pilihan pemantauan , penggunaan status medsos ini mempunya i banyak kekurangan diantaranya adalah pelaksanaan dokumentasi bagi yang lembaga tidak memiliki pendidik pendamping aatau pendidik yang lebih dari satu.Dimungkinkan agak merepotkan jika tidak dikerjakan secara baik dalam memanfaatkan waktu diantara kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Akan tetapi juga akan memberikan banyak kelebihan diantaranya waktu yang lebih sedikit untuk memantau pembelajaran di banyak lembaga sekaligus tanpa membuat tertekan karena pemantauan tidak langsung . Dan yang menjadi nilai tambah adalah memberikan motivasi dan inspirasi kegiatan bagi pendidik yang lainnya karena status medsos bisa disaksikan oleh koleganya (menyimpan no medsos pendidik lainnya). Banyak ragam kegiatan memperkaya pendidik dalam mengelola kelas dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran makin optimal. Sehat selalu ...semangat...gembira. SEMOGA

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post