Erni Wardhani

QUEEN ERNI ATAWA ERNI BERKATA...

Selengkapnya
Navigasi Web

BANSOS PEMERINTAH YANG CAIR DI BULAN MEI SERTA CARA MENDAPATKANNYA

Tantangan menulis hari ke-131

Bulan Mei tahun ini, ada beberapa peristiwa penting yang akan selalu saya ingat, di antaranya adalah tanggal 12 Mei. Pada hari itu, usia saya bertambah satu tahun. Sengaja saya tuliskan paling awal supaya ada yang membaca, untuk kemudian semoga yang membaca memberikan doa terbaiknya untuk saya. Saya tidak akan minta THR walau sebetulnya situasi masih tercium aroma hari raya, namun menginginkan doa yang tulus demi perbaikan kehidupan dan barokahnya usia saya yang tak lagi muda ini. Hal yang lain tentu saja, bulan Ramadan dan Idulfitri yang telah berlalu yang penuh berkah.

Keberkahan bulan Mei semakin terasa karena Pemerintah memastikan akan ada sejumlah bantuan sosial yang akan diberikan kepada masyarakat Indonesia. Nah, pemberian bantuan ini masih ada karena kondisi kita masih dalam suasana pandemi. Kita tahu, Covid-19 meluluhlantakkan seluruh aspek sosial, dan yang paling utama adalah aspek perekonomian. Oleh karena itu, ada lima bantuan sosial pemerintah yang direncanakan akan cair pada bulan Mei 2022 ini.

Berikut bantuan yang akan cair tersebut:

1. BSU (Bantuan Subsidi Upah)

Disalurkan kepada pekerja di bawah gaji 3,5 juta per bulannya. Mereka yang termasuk ke dalam golongan tersebut akan menerima bantuan subsidi gaji sebesar 1 juta rupiah. Menurut Mentri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto, Pemerintah menaargetkan sekitar 8,8 juta pekerja yang akan mendapatkan bantuan subsidi ini.

2. Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung

Bantuan ini akan diberikan oleh Pemerintah kepada para pedagang kaki lima, warung tegal, dan warung-warung yang berada di sekitar wilayah PPKM level 4. Namun khusus untuk yang belum menjadi penerima BPUM. Adapun cara mendapatkannya nanti aka nada pendataan peneria BLT via aplikasi. Mekanismenya diatur lewat pedoman umum petunjuk teknis. Rencananya penerima akan mendapatkan uang, masing-masing Rp600.000,00 per orang untuk 2,76 juta orang, yaitu 1 juta PKLW dan 1,76 juta nelayan.

3. Kartu prakerja

Kartu pendaftaran prakerja gelombang 28 resmi dibuka pada hari Senin, 9 Mei 2022 pukul 12.oo.

4. Bansos Sembako atau Bantuan Pangan nontunai

Pemerintah menyalurkan bantuan sosial sebesar Rp200.000,00 yang nantinya akan disalurkan sekaligus tiga bulan, hingga Mei 2022.

5. Bansos Keluarga Harapan

Kemensos mengucurkan anggaran sebesar Rp28,7 triliun untuk disalurkan kepada 10 juta keluarga.

Adapun cara untuk mengetahui dan mengecek (setelah diproses), apakah Anda termasuk ke dalam penerima bansos (BSU) dari Pemerintah ini atau tidak adalah:

1. klik laman cekbansos.kemensos.go.id;

2. masukkan data yang akurat sesuai dengan apa yang diperintahkan (provinsi, kabupaten, kecamatan, desa/keluraham);

3. masukkan nama siapa si penerima manfaat (PM) sesuai dengan KTP;

4. ketik 8 huruf kode yang tertera dalam kotak kode;

5. klik ikon huruf baru apabila huruf kode kurang jelas;

6. klik CARI DATA

Apabila menemukan kendala, maka sebaiknya dating langsung ke kantor cabang terdekat.

Kalau kita sudah memasukkan data dengan benar, maka system cek bansos Kmensos akan mencari nama PM sesuai wilayah yang kita input.

Semoga saudara kita yang berhak menerima bantuan tersebut sedikit terbantu karena di lapangan masih banyak orang yang belum mengerti tentang tata cara bagaimana untuk mendapatkan atau mencari informasi tentang bantuan sosial dari Pemerintah.

Sumber:Kemenkeu, Kemensos, Kemnaker

Penulis adalah guru SMKN 1 Cianjur.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah Barokallah, karya yang luar biasa, terus berbagi kebaikan Bu Erni Wardhani

12 May
Balas

Alhamdulillah Barokallah, karya yang luar biasa, terus berbagi kebaikan Bu Erni Wardhani

12 May
Balas



search

New Post