Ervina Yuni Sinaga

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Bekerja sama atau Sama-sama Bekerja

Sekilas kata-kata ini sepertinya mempunyai makna yang sama. Tetapi apakah Bpk/Ibu mengetahui bahwa sebenarnya makna kedua kata ini adalah berbeda.

Secara umum maknanya adalah menjurus kepada suatu kegiatan yang dilakukan bersama oleh lebih dari satu orang. Namun marilah kita perhatihan perbedaannya melalui contoh kalimat berikut ini:

1. Kami bekerja sama dengan Perusahaan Asing untuk membangun jembatan didesa ini.

2. Kami sama-sama bekerja membangun jembatan didesa ini.

Dengan mengulang-ulangi kalimat diatas, apakah bapak/ibu sudah bisa membedakan makna dari kedua kalimat diatas? Apakah ada perbedaan makna diantara kedua kalimat diatas?

Tentu saja berbeda. Kalimat pertama maknanya adalah ada dua pihak atau lebih yang bekerja untuk menyelesaikan pembangunan jembatan namun mereka bekerja pada waktu yang berbeda-beda sesuai dengan porsi masing-masing. Bekerja sama lebih cenderung bermakna kontrak kerja atau Mou. Sedangkan kalimat yang kedua mempunyai makna bahwa orang atau pihak yang terlibat dalam pembangunan jembatan sama-sama bekerja pada waktu yang sama. Sama-sama bekerja sampai pekerjaan tersebut selesai. Artinya semua pihak terlibat bekerja pada waktu yang sama.

Nah....untuk menuntaskan suatu pekerjaan atau kegiatan yang ada dilingkungan sekolah, mana yang lebih baik kita lakukan, bekerja sama atau sama-sama bekerja?

Ervina Sinaga

260419

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post