Erza Marlini

Guru IPA di SMP Negeri 1 Tualang Kab. Siak Prov. Riau Calon Guru Penggerak Angkatan 8 Kabupaten Siak Provinsi Riau...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengapa Asesmen Nasional Penting?

Asesmen Nasional penting dilakukan untuk meningkatkan mutu Pendidikan.

Peningkatan mutu sistem pendidikan tidak hanya berorientasi pada hasil ujian akhir. Keberhasilan sistem Pendidikan difokuskan pada pencapaian kompetensi siswa.

Pada era transformasi abad ke-21, siswa harus siap menghadapi arus perubahan yang menuntut kecakapan hidup.

Kecakapan hidup esensial atau disebut juga kecakapan hidup abad 21 yang harus dikuasai siswa diantaranya: (1) kecakapan belajar dan berinovasi, (2) kecakapan menggunakan teknologi infomasi, (3) kecakapan hidup untuk bekerja dan berkontribusi pada masyarakat.

Selain tuntutan kecakapan hidup abad 21, pencapaian karakter siswa Indonesia merujuk pada profil pelajar Pancasila.

Karakter pelajar Pancasila yang dicapai oleh siswa diantaranya:

(1) Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia

(2) Berkebhinekaan global

(3) Mandiri

(4) Bernalar kritis

(5) Kreatif

(6) Gotong royong

Sumber: Materi Bimtek AKM Guru Belajar Kemdikbud

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post