Esra Palentina Samosir

Profil Penulis “I’m a wonder woman”. Esra Palentina Samosir, Seorang Perempuan Batak, yang hijrah ke Riau menjadi seorang guru di SD Global...

Selengkapnya
Navigasi Web
Apakah pembusukan bisa dihambat?
praktik sains

Apakah pembusukan bisa dihambat?

Bersama dengan tim Ekskul Mapel, kami belajar tentang Perubahan Kimiawi, dengan indikator perubahan kimiawi pada irisan apel. Pembusukan pada buah tidak bisa di hindari tetapi bisa di perlambat, bagaimana caranya?

Kami melakukan praktik sederhana dengan mempersiapkan alat dan bahan-bahan: cuka, air, minyak goreng, spidol,pisau dan wadah minuman bekas 8. Masing-masing tim terdiri dari 4 orang.

Kelompok 1 Cigak tabake Dita, tara, Saskia dan Azzel.

Kelompok 2 Enteriben Ferdin, Endah, Kelvin dan Eben

Proses praktik :

1. Kami menyiapkan 8 wadah bekas minuman

2. Potong apel menjadi 4 iris

3. Isi tiap gelas plastik dengan satu buah irisan apel

4. Tuangkan air ke dalam gelas bertuliskan “air” sampai irisan apel terendam. Lakukan hal serupa dengan minyak goreng dan cuka.

5. Biarkan gelas bertuliskan “udara” tetap kosong.

6. Amati irisan apel di dalam keempat gelas itu setiap hari selama seminggu.

7. Setelah satu minggu keluarkan irisan apel dari setiap gelas

8. Perhatikan penampakannya

9. Setelah praktik selesai, perhatikan irisan apel mana yang paling cepat busuk dan paling lama busuk.

Hari ini adalah hari ke dua praktik kami, menunggu sampai hari sabtu 8/2/2020

Foto kegiatan tim ekskul mapel dalam praktik Sains

Materi Pokok : Perubahan Kimiawi

Indikator : Menguji faktor-faktor yang memperlambat perubahan kimiawi pada irisan apel

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah, tak sabar nunggu satu Minggu Bu. Sukses selalu

04 Feb
Balas

makasih pak Yulius :)

04 Feb
Balas

Jadi penasaran ingin tahu hasilnya. Keren!

04 Feb
Balas

hehe, hari sabtu saya posting lagi ya bu hasilnya :0 mksh ya ibu Marlina

04 Feb

Keren habis,,sukses ya buk cantik

04 Feb
Balas

makasihh ya ibu Sumarni, sukses juga untuk ibu :)

04 Feb

mantul

04 Feb
Balas



search

New Post