Esti Munafifah

Esti Munafifah. Mengajar IPA di MTsN 1Kota Blitar sejak tahun 1999 hingga sekarang....

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengajar di Kelas Kenestetik-Jasmani
google.com

Mengajar di Kelas Kenestetik-Jasmani

Mengajar di Kelas Kenestetik-Jasmani

Pernah memiliki siswa yang memiliki kecerdasan kinestetik-jasmani? Ciri yang melekat padanya adalah siswa tersebut banyak melakukan gerakan tubuh. Bukan hanya di lapangan, tapi juga di kelas. Ada saja ulah yang dilakukannya. Misalnya melakukan gerakan-gerakan pencak silat, sepak bola, melompat, pindah-pindah tempat, di kelas diwaktu yang tak semestinya. Siswa yang demikian tidak suka mendengarkan jika guru menerangkan pelajaran, tidak suka membaca dan menulis, dan suka membuat kegaduhan di kelas.

Bagaimana jika siswa tersebut dikumpulkan dalam satu kelas? Tentu guru harus bersikap ekstra sabar, telaten, penuh perhatian, dan ikhlas. Siswa dengan kecerdasan kinestetik-jasmani akan mudah menerima pelajaran jika melibatkan dirinya secara langsung.

Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan membuat permodelan dirinya sendiri atau Myself as a Model Learning (MML). Misalnya:

1. Dalam pelajaran IPA materi Alat Gerak Manusia, siswa diminta memegang secara langsung bagian-bagian dari tulangnya sambil menyebutkan namanya, dan disandingkan dengan torso tulang manusia

2. Dalam pelajaran bahasa Arab atau Inggris, siswa diminta memegang nama-nama anggota tubuhnya sambil menyebutkan bahasa Arab atau bahasa Inggrisnya.

Di atas hanyalah sebagai contoh. MML bisa juga digunakan untuk memodelkan diri sendiri bagaimana cara menahan emosi, bagaimana cara duduk yang sopan, dan lain sebagainya. MML berbeda dengan praktikum. Dalam praktikum memang setiap siswa melibatkan dirinya secara langsung, tapi tidak memjadikan dirinya sebagai model. Selamat mencoba.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post