Esti Setio Asih

Apa yang mau saya tulis? ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Terbangunnya Mimpi yang Mati Suri

Ini bukan kali pertama saya menulis. Sebelumnya saya pernah menulis. Bukannya sedang gumedhe, tapi inilah saya. Mungkin saya termasuk penulis yang egois. Banyak nulis tapi jarang dipublikasikan. Pertama kali karya saya dipublikasikan rasanya sangat wow! Sebenarnya saat itu saya hampir lupa kalau saya pernah mengirimkan sebuah karya ke majalah tersebut. Namun sebuah telepon di suatu siang ketika saya sedang rehat sejenak di ruang guru, membuat saya melonjak kegirangan. Cerpen saya dimuat di majalah tersebut. Sang penelpon meminta norek untuk keperluan transfer royalti. Dua ratus lima puluh ribu rupiah melenggang masuk ke rekening saya. Lumayan buat nambah beli bensin tiap hari Purwokerto-Purbalingga.

Setelah hari itu, entah kenapa saya jarang nulis. Mungkin karena kepala sekolah sering menugaskan saya mengikuti diklat K13. Dalam satu bulan, bisa dua kali saya berangkat diklat. Adanya si kecil menjadi kemungkinan kedua yang banyak menyita perhatian saya sehingga banyak ide yang hilang begitu saja karena tak segera tertuangkan. Baru sekitar tahun 2015 saya tertarik menulis lagi setelah sering mengunjungi facebook. Ternyata di sana banyak event penulisan. Iseng-iseng ikutlah saya di beberapa event. Ada puisi, ada cerpen. Seringkali tema dalam event tersebut disesuaikan dengan perayaan yang berlangsung pada bulan yang bersangkutan. Misalnya bulan Desember, tema eventnya “Ibu”, Agustus temanya tentang “Indonesia” dan sebagainya.

Awal mengikuti event-event itu sempat merasa nggak pede. Ternyata semua pesertanya banyak yang udah jago. Tetapi waktu itu saya berpikir mereka nggak kenal saya. Jadi sebodo amat lah mau dikatain apa. Namanya saja masih belajar. Akhirnya ada dua buah event dimana karya saya kecantol didalamnya. Tema cinta untuk event puisi dan tema Indonesia untuk event cerpen. Jadi ada dua karya saya yang masuk buku; buku rombongan. Dari situ saya seperti terbangun dari tidur. Mimpi yang sudah lama mati suri, kini mengajak berkreasi; sebuah buku dengan nama saya di sampul depan.

Nb. Penulis adalah peserta SaGuSaBu Purbalingga

SMK N 2 Purbalingga

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

bagus bu kalo ada waktu luang . dulu saya koleksi kaos dan jaket dari majalah. bukan penghargan karya menulis tapi cuma jadi komentator hehehe s. salam untuk pak teguh siswanto adin, pak mastur

31 Oct
Balas

Bu esti, mau doong ajarin aku, biar ak gak mimpi terus.. Hee, sukses ya bu es

31 Oct
Balas



search

New Post