Esti Setyorini

Alhamdulillah, selama dua hari saya mengikuti sagusabu MKKS SMP Kabupaten SMP Batang. Banyak pengalaman saya peroleh, mulai jenis tulisan, cara cek plagiasi, ca...

Selengkapnya
Navigasi Web

Sanksi Sosial

#Tagur 365 Hari kesembilan

Kemarin sekolah kami heboh. Kehebohan terjadi karena adanya berita bahwa teman dari sekolah lain yang kebetulan juga mengajar di sekolah kami positif terpapar Covid -19. Info tersebut kami peroleh dari petugas Puskesmas yang kebetulan sedang melaksanakan kegiatan PHBS di sekolah. Informasi tersebut memang akurat karena didukung hasil Swab.

Begitu info tersebut beredar, teman-teman banyak yang merasa khawatir. Kekhawatiran mereka cukup beralasan. Pasalnya beberapa hari sebelum hasil Swab keluar, guru tersebut telah mengadakan kontak dengan teman-teman di sekolah kami ketika melaksanakan takziyah.

Oleh petugas dari puskesmas sekolah dimintai data tentang peserta takziyah. Peserta yang ikut takziyah ada 12 orang, ditambah 1 orang ruan rumah. Guna mengantisipasi kemungkinan -kemungkinan yang tidak diharapkan sekolah meminta semua guru melaksanakan WFH. Guru yang mengikuti takziyah diwajibkan melaksanakan karantina mandiri sambil menunggu apakah harus mengikuti swab.

Mendengarkata swab, beberapa teman sempat panik. Kepanikan mereka bukan karena ketakutan di Swab. Ketakutan lebih disebabkan adanya sanksi sosial masyarakat. Hal ini terjadi karena sebagian masyarakat masih beranggapan bahwa Swab adalah bencana bagi mereka. Dikatakan bencana karena penderita akan dikucilkan. Sekalipun anggapan itu salah, tetapi teman-teman sudah terlanjur percaya. Oleh karena itu pemerintah perlu mengedukasi masyarakat agar tidak memiliki anggapan yang leliru.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post