Eti Herawati

Eti Herawati lahir di Indramayu 28 Juni 1972. Kepala SMP Negeri Satu Atap 2 Krangkeng Indramayu. Motto hidup: dihargai atau tidak teruslah berbuat baik...

Selengkapnya
Navigasi Web
Motivasi Service Kaizen
Dalam prinsip Kaizen ada unsur service yaitu bagaimana supaya bekerja lebih cepat, bekerja lebih baik, bekerja lebih mudah dan bekerja lebih murah. Faster, better, easier and cheaper.

Motivasi Service Kaizen

TantanganGurusiana hari ke-82

Motivasi Service Kaizen

Dalam dunia industri sekarang yang penuh dengan kompetisi, ternyata kalau orang bikin produk maka gampang ditiru. Orang bikin sistem gampang ditiru. Perusahaan-perusahaan yang membuat prosedur demi efisiensi dan efektifitas juga orang gampang meniru. Hanya satu yang tidak bisa ditiru yaitu dengan service atau pelayanan. Pelayanan merupakan kata kunci penting di dalam meningkatkan daya saing suatu perusahaan.

Pernah suatu kali seorang Jenderal Douglas MacArthur setelah melakukan penyerbuan terhadap daerah di Asia dan dia melakukan serangan bom Hiroshima dan Nagasaki. Dia merasa begitu kecewa, sedih, frustasi kenapa semuanya menjadi hancur. Dia merasa menyesal sudah membuat Jepang begitu hancur. Maka dipanggillah seorang konsultan bernama William Edwards Deming.

Dia mengatakan “Edward coba kamu buat bagaimana caranya supaya orang Jepang ini bisa bangkit kembali”.

Edward mengatakan ”aku tidak tahu harus bagaimana”.

Dikumpulkanlah orang-orang Jepang yang masih tersisa kemudian dia katakan :”Mau tidak seandainya kita bangkit kembali. Saya juga tidak tahu caranya bagaimana. Tapi saya punya trik setiap orang yang masih ada saat ini, ketika dia kembali balik kanan, dia ambil apa saja barang-barang yang ada dihadapannya. Ambil, perbaiki dan kemudian pakai”.

Orang-orang Jepang mengatakan “oke, good tidak jadi masalah”

Dan Edward mengatakan “Kalau bisa dilakukan hal itu selama 10 tahun saja, maka negaramu akan menjadi seperti negara saya yang adikuasa yang luar biasa”.

Sejak saat itulah muncul continuous improvement apa yang disebut denga Kaizen.

Jadi dalam prinsip Kaizen ada unsur service yaitu bagaimana supaya bekerja lebih cepat, bekerja lebih baik, bekerja lebih mudah dan bekerja lebih murah. Faster, better, easier and cheaper.

Apa itu service sebenarnya? Service adalah kerjakan, berikan lebih dari yang anda janjikan. Ketika seorang bekerja sebagai pelayan, ketika seseorang bekerja sebagai tenaga marketing, ketika seseorang bekerja apapun dalam sebuah perusahaan, ketika dia memberi lebih dari yang diminta, memberi lebih dari apa yang diharapkan oleh customer atau pelanggan, maka itulah bagian dari service. Service bukan hanya menyangkut knowledge, service bukan hanya menyangkut pengetahuan, service lebih daripada panggilan hati untuk melayani lebih baik.

Martin Luther King mengatakan “Tidak diperlukan ijazah yang tinggi untuk bisa melayani orang lain, tidak diperlukan institusi yang baik untuk bisa mendidik orang untuk melayani. Pelayanan membutuhkan belas kasihan dan hati untuk menolong orang lain”..

Inspirasi motivasi dari Bapak Parlindungan Marpaung

Indramayu, 8 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Zuper duper. Selamat berkarya, Ibu.

10 Jul
Balas

Terima kasih ibu

11 Jul

Sangat Inspiratif bun, keren, salam kenal dan salam literasi

08 Jul
Balas

Terima kasih ibu habibah. Salam kenal juga

08 Jul



search

New Post