Eti Wahyuni Susiati

Lahir di Purbalingga, 25 Desember 1970.Menjadi guru di TK Negeri Pembina Padamara . Bahagia bergabung di Media Guru Indonesia. Mwnulis adalah karya nyata. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
HARI BEBAS BUKU

HARI BEBAS BUKU

HARI INI BEBAS BUKU

Kegiatan pembelajaran di Taman Kanak kanak, memang mengasyikkan. Gampang - gampang susah, karena menghadapi anak anak kecil. Anak anak kecil adalah anak anak yang mudah untuk diarahkan. Diberi kegiatan sesulit apapun jika guru menyampaikannya mudah di terima siswa, maka anak anakpun dapat mengerjakan dengan baik dalam suasana yang gembira.

Minggu ini Tema Alat komunikasi. Satu hari satu pembahasan. Hari senin , saya memberikan kegiatan tentang sub tema Radio. Hari selasa, saya merencanakan kegiatan sub tema Koran. Karena untuk kegiatan besok, maka hari senin saya memberi tugas kepada anak annak supays besok membawa koran.

Hari ini selasa, kegiatan berbeda dengan hari hari biasa. Jika hari hari yang lain menggunakan bahan dan alat kegiatan yang bermacam macam( buku tulis, buku gambar, ada majalah, plastisin dan sebagainya.

Hari selasa, saya merencanakan sub tema Koran. Koran adalah alat komunikasi yang sudah dikenal oleh masyarakat sejak dulu . Meski demikian, penggunanya/ konsumennya tidak sebanyak dulu. Hal ini dikarenakan sudah banyaknya alat komunikasi yang lebih mudah, lebih canggih, misalnya melalui internet. Dengan membuka internet, kita dapat memilih informasi segala macam. Namun bagi pecinta koran, mereka tetap menggemarinya. Apalagi yang tidak menguasai internet, merka tetap memilih koran sebagai media informasi. Sayapun menjelaskan kepada anak anak tentang manfaat, cara menggunakan dan membacanya. Halaman demi halaman, ada info apa disana. Anak anak juga supaya menceritakan gambar yang dilihat di koran yang mereka lihat. Nah dalam pembelajaran koran ini, sayapun bertujuan agar anak anak gemar membaca, diantaranya membaca koran. Dengan demukian jiwa luterasi anak tertanam sejak dini.

Kegiatan hari ini bebas buku. Ya, kami belajar hanya menggunakan koran. Di area bahasa, anak anak supaya mencari huruf huruf yang ada di satu halaman koran. kegiatannya memberi warna dengan melingkari huruf ( judul berita)(menggunakan krayon. merah pada huruf a, warna hijau pada huruf i, warna coklat pada huruf u, bitu pada huruf e, kuning pada huruf o. Anak anak berkompetisi mencari sebanyak banyaknya huruf. Pada area matematika, anak anak menyebutkan angka pada halaman perhalaman koran. Pada area drama, anak bermain rahasia, yaitu guru membagikan dua bentuk orang2an, lalu anak supaya menulis nama teman dekatnya. diarea seni, anak anak meronce bentuk kupu kupu dari koran.

Hari ini anak belajar menggunakan bahan yang mereka bawa untuk kegiatan beraneka ragam. Satu media, beberapa kegiatan. Praktis bukan? Mudah , Murah, meriah dan menyenangkan.

selasa ceria, 13 maret 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sip deh pembelajaran nya. Bisa saya referensi kan untuk guru kelas rendah

14 Mar
Balas

Waaah produktif poool bu Etii,,keren daah

16 Mar
Balas

Menyenangkan dan mengena. Mantap sekali bun.

13 Mar
Balas

Kayanya bahagia banget yah jd guru TK?

13 Mar
Balas

betul bunda, susah terobati dengan tawa anak anak

13 Mar

Pembelajaran yang sangat bagus bund..

13 Mar
Balas

terima kasih atensinya bunda puspa...

13 Mar

Hebat bu. Aku mlh gak bisa mulang anak kecil.

13 Mar
Balas

betul pembelajaran yg praktis , ekonomis

13 Mar
Balas

terima kasih bu Yuli atas kunjungannya. Hehe boleh ibu sekali kali jadi guru TK....hehe

13 Mar
Balas

Terima kasih bapak atas atensinya

13 Mar
Balas

boleh, karena pembelajaran itu tdk harus dengan buku. sekali2 kegiatan yg berbeda

14 Mar
Balas

Pembelajaran yang menyenangkan bunda

13 Mar
Balas

Pembelajaran yang tidak membosankan... Siapa dulu Ibu gurunya...

13 Mar
Balas

terima kasih bu tri, bikin hati jadi berbunga2, hehe

13 Mar



search

New Post