ETTY YUSRIKA FITRI

Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ditugaakan sebagai pendidik di SMAN 1 Riau Silip. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Memahami Dimensi Ilmu Pemerintahan

Memahami pemerintahan dapat dicapai ketika seseorang memiliki perspektif keilmuan yang tepat sehingga dapat memahami problematika pemerintahan yang sangat dinamis. Berbagai permasalahan atau peristiwa yang terjadi dalam sebuah pemerintahan tidak dapat lepas dari cara pandang dari sudut pemerintahan dalam mengkaji permasalahan yang ada.

Dari diskusi dan dialektika bersama Abduh, M (2020) dosen Universitas Taman Siswa Palembang, yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 25 April 2020 pukul 09.00 - 10.30 WIB membahas tentang Dimensi Ilmu Pemerintahan. Dalam diskusi dan dialektika tersebut generalisasi dari Dimensi Ilmu Pemerintahan mencakup tiga dimensi. Secara umum dimensi tersebut meliputi Manajemen Pemerintah, kebijakan Pemerintah, dan Tata Kelola Pemerintah.

Dimensi pertama yakni Manajemen Pemerintahan. Manajemen pemerintahan membahas topik-topik yang berkaitan dengan perencanaan organisasi pemerintah seperti misalnya perencanaan SDM yang dirancang untuk orgnasasi suatu lembaga atau Dinas sebagai sebuah organisasi pemerintah.

Selanjutnya masih dari cakupan manajemen pemerintahan ini yakni manajemen dan inovasi pemerintahan misalnya dalam pelayanan ataupun administrasi organisasi pemerintah dengan menggunakan kemajuan teknologi informasi dalam bentuk berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk peningkatan manajemen pemerintahan. 

Masih banyak topik lain yang berhubungan dengan dimensi pertama ini seperti manajemen sumber daya aparatur pemerintahan, kepemimpinan dalam organisasi pemerintahan, komunikasi dan koordinasi dalam organisasi pemerintah, manajemen keuangan pemerintah, serta kinerja dan pengukuran organisasi pemerintah. dari semua topik tersebut, aspek manajerial merupakan fokus utama dalammanajemen pemerintah di setiap organisasi pemerintah. 

Lanjut pada dimensi ilmu pemerintahan yang kedua yaitu kebijakan pemerintah. Pembahasan berkaitan dengan dengan kebijakan pemerintah ini meliputi formulasi, implementasi, monitoring dan evaluasi program atau kebijakan pemerintah.

Untuk dimensi ilmu pemerintahan yang ketiga yaitu tata kelola pemerintahan (Governance). Pada dimensi yang ketiga ini segala topik-topik yang berkaitan dengan tata kelola menjadi topik pembahasan ilmu pemerintahan. Governance atau kelola yang dimaksud adalah berkaitan dengan tata kelola kelembagaan dalam penyelenggaraan kepemerintahan, manajemen jejaring antar organisasi publik maupun non-publik, serta jejaring program atau kebijakan publik.

Setiap fenomena atau peristiwa yang terjadi di dalam sebuah pemerintah yang berkaitan dengan dimensi-dimensi sebagaimana yang telah dideskripsikan pada uraian di atas merupakan kajian dari ilmu pemerintahan yang secara metodologi dapat dikaji sebagai sebuah kajian atau penelitian ilmu pemerintahan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post