ETTY YUSRIKA FITRI

Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ditugaakan sebagai pendidik di SMAN 1 Riau Silip. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Selama Bumi Ada

Selama Bumi Ada

Aurora berjalan dengan setengah berlari menuju kelas X IPS 1. Ini adalah hari pertama mengajar di kelas setelah wisuda satu bulan yang lalu. Aurora yakin bisa menjadi guru Geografi. Banyak orang menganggap bahwa Geografi hanya tentang peta. Padahal sesungguhnya Geografi itu penuh warna warni. Kajian geografi beragam mencakup fisik, manusia, dan teknik. Kajiannya sangat luas tak hanya seluas samudera namun seluas jagad raya Bisa dibilang, siswa yang belajar Geografi itu keren, karena ia juga akan belajar skill teknis dalam geografi seperti pemetaan dan penginderaan jauh.

Sebelumnya, Aurora sempat bertanya dengan guru Geografi yang mulai pensiun hari ini yaitu Bu Wati. Dari Bu Wati, Aurora mendapatkan informasi tentang karakteristik siswa di kelas. Menurut informasi Bu Wati, praktik pembelajaran Geografi di kelas ada berbagai kendala yang ditemui. Siswa IPS memiliki kelmahan matematis, belajar kadang seolah berjalan di tempat karena tetap saja ada banyak remedial pada materi yang terdapat hitungan, siswa bahkan tidak bisa menghitung hasil dari 10 dikurang 17. Dengan karakteristik demikian, Aurora ingin kesan pertama masuk kelas, menjadi kesan positif siswa.

Kini, Aurora telah berdiri di kelas. Memperkenalkan diri lalu mengecek kehadiran siswa sambil berkenalan dengan siswa. Tidak ada siswa yang lepas dari tatapan Aurora. Sebelum menutup pertemuan hari ini, seorang siswa bertanya kepada Aurora, “Bu, sampai kapan pelajaran Geografi ada ?”. Dengan lugas dan di awali dengan senyum manis Aurora menjawab bahwa selama Bumi ada, selama itulah pelajaran Geografi ada.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post