Ety Rusyanti

Keinginan menjadi penulis begitu kuat setelah aku mengikuti kegiatan Sagu Sabu. Mengikuti tantangan menulis dan lomba yang diadakan media guru menjadi sarana ba...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Dari Orang-Orang Hebat (Tantangan Menulis hari 81)

Belajar Dari Orang-Orang Hebat (Tantangan Menulis hari 81)

Kembali Media guru menggelar perhelatan yang menimbulkan decak kagum bagi pesertanya. Pasalnya selalu ada saja hal baru yang didapat oleh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Aku termasuk salah satu peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Kepiawaian pak Ihsan dalam menentukan siapa Nara sumber yang diundang termasuk salah satu kunci keberhasilan webinar kali ini.  Sejak pagi aku menanti agar bisa masuk room. Sebab walaupun sudah daftar belum tentu bisa masuk room mengingat antusias peserta begitu tinggi sementara kapasitas terbatas. Alhamdulillah setelah menunggu sedikit lama aku bis ajuga masuk dalam webinar tersebut.

Kegiatan dibuka oleh Host Yang keren Menewen. Siapa lagi kalau buka Bapak Muhammad Ihsan CEO Media Guru yang berwibawa, bijaksana terkesan galak padahal orangnya humoris. Maaf pak Ihsan. Beliau memaparkan tentang kegiatan yang sudah dilakukan oleh Media guru. Kaitan dengan internet untuk Pendidikan, pak Ihsan Mengatakan bahwa kelas-kelas online yang buka oleh Media guru termasuk upaya pemenfaatan Internet untuk pendidikan.

Bu Eva sebagai Perwakilan dari Indosat  Mengucapkan rasa syukurnya karena bisa berkontribusi dalam dunia pendidikan melalui kerjasama dengan Media guru. Beliau juga mengatakan bahwa pengembangan materi dalam pendidikan tidak akan ada habisnya. Kelas-kels online yang banyak dibuka merupakan upaya mengurangi tingkat kemacetan kota Jakarta. Hal menarik yang disampaikan ibu Vera adalah beliau akan memberikan paket bagi 75 pendaftar  pertama dan 3 reportase terbaik pilihan panitia. Semoga aku termasuk salah satu dari penerima hadiah dari indosat. He he he

Kepala LPMP bapak Salim Somad mengatakan bahwa “Cita cita Besar akan bermakna jika dilakukan bersama” untuk itu dibutuhkan kerjasama dengan semua pihak demi percepatan tercapainya tujuan pendidikan.  Kaitan dengan internet, Beliau mengatakan bahwa ada lima kelebihan internet : distribusi pendididkan ke seluruh penjuru, Proses belajar tidak terbatas waktu, guru atau siswa bisa memilih topik sesuai kebutuhan, durasi belajar bisa disesuaikan siswa, materi pelajaran selalu up  to date. Namun kondisi realnya masih banyak guru yang belum memanfaatkan internet dalam proses belajar mengajar. Untuk itu beliau mengajak semua guru terutama yang hadir agar tidak alergi dengan internet, keluar dari zona nyaman dan punya keinginan kuat agar meraih kesuksesan

Bapak Haryanto sebagai Pengembang Instalasi Pembelajaran dari LPMP mengatakan bahwa ini saat ini LPMP mengadakan pelatihan bagi bapak dan ibu scaara daring dengan menggunakan media seperti Whats App, Quizizz, Google meet, Google Form, Rumah belajar, face book dll.

Nara Sumber Utama dalam Webinar kali ini adalah Ibu Valeria  Sonata, ibu Tuti kepal Sekolah SD 03, dan Pak Asep  guru Sd 03.

Ibu Valeria  membawakan Materi berjudul ”Mengatasi Kejenuhan Pembelajaran Jarak jauh menggunakan Virtual Reality” Alasan menggunakan VR ada tiga yaitu Psikologi, Kognitif dan ketrampilan. Ibu Valeria menyampaikan pengalamannya menggunakan Virtual Reality dan bagaimana proses pembuatan bahan serta penggunaannya kepada peserta webinar. Sangat menarik apa yang disampaikan Nara sumber kita ini.

Nara Sumber berikutnya adalah Ibu Tuti Agiwati kapala SD 03 yang memaparkan materi tentang Asyiknya menggunakan Google Suite For education dalam pembelajaran jarak jauh. Banyak kreasi yang dihasilkan selama PJJ. Pembelajaranpun lebih asyik dan menarik

Yang paling membuatku terkesan adalah nara sumber yang terakhir Yaitu bapak Asep gur SD 03. Beliau memaparkan materi berjudul “Hypno Teaching Daring pemicu Produk kreatifitas Siswa.”  Pandemi memaksa guru melakukan WFH dimana siswa belajar dari rumah. Kondisi ini meyebabkan banyk siswa yang merasa jenuh. Alhasil berdasar pengamatan 55 % siswa mengerjakan tugas dengan asal asalan.  Pak Asep punya straetegi dalam menyelesaikan maslah ini. Beliau menyampaikan pengalamannya menguunakan Hypno Teaching Daring untuk menyelesaika  masalah kejenuhan siswa. Hal hal yang harus dilakukan dalam Hypno Teaching Daring adalah : Pertama Niat dan apersepsi, kedua enyamakan gelombang otak anatar guru dan siswa, Ketiga gunakan kata kata positif karena alam bawah sadar manusia tidak menerima kata-kata negative, dan yang keempat Modelling atau contoh.

Yang Luar biasa dari apa yan g dilakukan pak Asep adalah ia mampu menghipnotis siswanya sehingga selama pandemi mereka mampu menghasilkan tiga  buah buku dan 95% siswa mengerjakan tugas. Mantap.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post