Ety Rusyanti

Keinginan menjadi penulis begitu kuat setelah aku mengikuti kegiatan Sagu Sabu. Mengikuti tantangan menulis dan lomba yang diadakan media guru menjadi sarana ba...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tarbiyah Ruhiyah (Tantangan Hari ke 64)

Tarbiyah Ruhiyah (Tantangan Hari ke 64)

Sore jelang berbuka kami menikmati santapan rohani dari seorang ustad melalui zoom meeting. Beliau membedah buku yang berjudul Tarbiyah Ruhiyyah (pendikan Ruh) Selain jasad tubuh juga membutuhkan makanan agar sehat. Makanan untuk ruhiyah kita adalah nasehat.

Buku karangan Abdullah Nashih Ulwan besisi tentang Cara yang bisa ditempuh oleh seseorang agar meraih predikat takwa. Takwa merupakan bekal terbaik yang harus disiapkan oleh manusia sebelum kembali ke kampung akhirat.

Ada 6 cara yang bisa dilakukan agar meraih predikat talwa yaitu:

Pertama membuat janji / berjanji pada Allah untuk menjadikan Allah sebagai satu satunya Tuhan yang wajib disembah. Perjanjian ini penting dilakukan untuk memantapkan hati dalam menjalani kehidupan. Janji dibutuhkan untuk mengikat hati kita.

Kedua Merasa diawasi Allah. Allah tahu apapun yang dilakukan oleh manusia sekecil apapun perbuatan itu. Bahkan selembar daun kering yang jatuh pun Allah tahu. Maka beribadahlah seolah-olah Allah melihat.

Ketiga Introspeksi diri. Banyak-banyaklah menghitung kesalahan diri jangan sibuk menghitung kesalahan orang lain.

Keempat Memberi sanksi pada diri apabila melakukan kesalahan. Misal jika kita lupa tidak tilawah maka hukumlah diri dengan berinfak. Hal ini dilakukan agar kita tidak larut dalam kelalaian.

Kelima Sungguh sungguh atau kerja keras. Perlu kesungguhan dalam menjalankan semua perintah Allah. Paksalah diri untuk melakukan ibadah agar terhindar dari kemunafikan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post