Euis Rohayati

Saya adalah guru yg bertugas di SMPN 1 Pangandaran, sekolah yg terletak di pesisir pantai Pangandaran yg eksotis, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Menulis mer...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pemilihan Ketua Osis sebagai Implementasi Berdemokrasi di Sekolah

Pemilihan Ketua Osis sebagai Implementasi Berdemokrasi di Sekolah

Jumat, 17 November 2023 merupakan hari bersejarah bagi warga SMPN 1 Pangandaran karena telah diselenggarakan Pemilihan Ketua OSIS baru periode 2023-2024. Pesta demokrasi ini diikuti oleh semua siswa, guru dan staf tata usaha. Mereka bebas memilih calon ketua OSIS yang dianggap mampu menjalankan tugas dengan amanah.

Calon ketua OSIS tahun ini ada empat orang, yaitu:

1. nomor urut 1, Alfia Rifau Rohmah, kelas 8F

2. nomor urut 2, Julian Dwi Surya, kelas 7J

3. nomor urut 3, Aura Sugesti, kelas 8D

4. nomor urut 4, Fauzan Abqory Rachman, kelas 8C

Hal yang berbeda pada tahun sebelumnya pada pemilihan tahun ini adalah hanya memilih ketua OSIS saja, sedangkan wakil ketuanya nanti dipilih sendiri oleh ketua OSIS terpilih. Pada tahun sebelumnya ketua OSIS sudah berpasangan dengan wakil ketua yang digandengnya.

Pemilihan ketua OSIS dilakukan secara online melalui website yang sudah disiapkan oleh wakasek kesiswaan bersama Pembina OSIS sebagai panitia. Guru dan siswa tinggal mengklik link yang dibagikan panitia dan langsung memilih calon yang diinginkan. Dalam link tersebut setiap calon ketua OSIS terdapat paparan singkat mengenai visi dan misinya. Waktu pemilihan dimulai jam 08.00 dan berakhir jam 11.00. Bagi siswa yang tidak masuk sekolah karena sakit atau izin, mereka juga dapat menggunakan hak pilihnya dengan membagikan linknya ke dalam grup kelas.

Hasil akhir dari pemilihan ini yaitu Alfia Rifau Rohmah mendapatkan 312 suara, Julian mendapatkan 64 suara, Aura Sugesti mendapatkan 234 suara, dan Fauzan Abqory mendapatkan 284 suara. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut maka Alfia Rifau Rohmah unggul dibanding calon ketua OSIS yang lainnya. Ketua OSIS terpilih diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan amanah serta dapat mewujudkan visi dan misinya sesuai dengan harapan semua warga sekolah.

Selesai pemilihan ketua OSIS, pada jam 13.00 dilanjutkan dengan agenda penyusunan formatur oleh ketua OSIS terpilih didampingi Pembina OSIS. Selain itu, Fauzan Abqory Rachman yang menempati urutan kedua perolehan suara terbanyak ditunjuk sebagai ketua Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) oleh Pembina OSIS yang menggantikan Elsa Roudhotul Ilmi, ketua MPK periode sebelumnya. Melalui pemilihan ketua OSIS, siswa dapat mempraktikkan proses berdemokrasi di lingkungan sekolah sebagai bagian dari pembelajaran yang terintegrasi dalam kurikulum akademik untuk bekal nanti terjun di masyarakat. Momen ini sekaligus sebagai implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Pangandaran, 17 November 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

17 Nov
Balas

Terima kasih ibu

17 Nov

Keren ulasannya. Barengan, di sekolah saya hari ini menggelar Pilkos-PK. Salam kenal dan salam literasi

17 Nov
Balas

Terima kasih Pak Isak penulis hebat. Salam literasi juga.

17 Nov
Balas



search

New Post