Eva Jelita,S.Pd

Guru Sejarah di MAN 1 Bukittinggi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Studi Wisata ke  Istana KeSultanan Siak

Studi Wisata ke Istana KeSultanan Siak

Tantangan ke 54

 

Studi wisata ke Istana Kesultanan Siak

 

Mendengar kata Siak,,ada 2 persepsi yang ada yaitu orang alim ulama (orang minang)dan ada lagi yaitu,,ke sultanan yang terdapat di Kabupaten Siak Indra giri,Propinsi Riau.Waktu yang tersisa di pergunakan sebaik baiknya,mengunjungi tempat bersejarah yang ada di sini kabupaten Siak.Ku telusuri jalan yang ada di seputar kesultanan, pertama ku kunjungi tempat atau makam Raja Siak yaitu terletak di sebelah kanan istana.Pemakaman Raja Syarif Sutan Kasim.Di komplek makam terdapat beberapa makam,diantaranya,makam raja Syarif Sutan Kasim,Makam Permaisuri,istri ke empat beliau,paman Raja dan Saudara sepupu Sutan Syarif Kasim.

 

Mari kita simak sejarah singkat Kerajaan Siak yang di kutip dari web http://www.batiqa.com

Istana Siak Sri Indrapura adalah kediaman Sultan Abdul Jalil selama kejayaan Kesultanan Siak Sri Indrapura yang bercorak Melayu Islam.Dibangun pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim

Kompleks Istana Siak Sri Indrapura dibangun pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim pada tahun 1889. Kompleks istana ini dibangun untuk menjadi kediaman resmi Sultan. Sejak selesai dibangun, Istana Siak setidaknya telah menjadi kediaman bagi Sultan Siak ke-11 yang berkuasa sejak tahun 1889 hingga 1908 dan Sultan ke-12 yang memerintah sejak tahun 1908 hingga 1945. 

 

Memiliki desain arsitektur yang unik dan indah.Keindahan desain arsitektur Istana Siak Sri Indrapura sangat unik karena memadukan unsur-unsur arsitektur budaya Melayu, Arab, dan Eropa. Banyak barang-barang maupun pernak-pernik istana yang didatangkan langsung dari Eropa maupun Jazirah Arab. Pada masanya tersebut, Istana Siak benar-benar sebuah istana megah yang amat luar biasa.Dari sisi arsitektur, melihat Istana Siak dari jauh saja sudah terlihat pilar dan lengkungan yang biasanya terdapat pada bangunan-bangunan bercorak Eropa dan Timur Tengah.

 

Kompleks Istana Siak Sri Indrapura terdiri dari empat istana.Banyak yang mengira jika istana miliki Kesultanan Siak hanya satu buah saja. Padahal, ini adalah sebuah kompleks istana yang terdiri dari empat istana yaitu Istana Siak, Istana Baroe, Istana Padjang, dan Istana Lima. Ada taman yang indah lengkap dengan balai adat tepat di belakang Istana Siak. Secara total, luas kompleks Istana Siak mencapai 32.000 meter persegi.

 

Setelah mengunjungi makam,,maka kami mengunjungi istana kesultanan.Terlihat megah ,banyak pengunjung yang datang,ada yang hanya melihat lihat saja ,ada yang untuk tugas,ada yang wisata sambil studi,peninggalan sejarah  merupakan saksi dan peninggalan yang akan bercerita kepada generasi muda yang hanya bisa di lihat dari peninggalannya.Memasuki istana,terlebih dahulu mengisi buku tamu,dan dilanjutkan masuk ke dalam ruangan,Dari beranda bertemu dengan ruang pertemuan raja,,di sana menyampaikan pesan bahwa raja menjamu tamu atau rapat dengan pejabat kerajaan.

 

Dari ruang pertemuan raja,belok kiri bertemu dengan peninggalan berupa benda benda yang pernah di gunakan oleh keluarga kerajaan.Terlihat piring,sendok dan peralatan makan keluarga raja.Disebelah kanan juga terdapat peninggalan berupa barang barang meja makan,pemberian atau hadiah dari Eropa seperti piringan hitam,,alat untuk menonton film,,dan masih banyak barang barang peninggalan,Dinasty ming terakhir ,juga bisa kita lihat ada peninggalannya berupa keramik yang besar,,Tidak itu saja juga kita lihat ada fofo  Napoleon yang di pajang di dinding istana.

 

Kita bisa mengaitkan ,kenapa ada peningglan Napoleon,di istana kerajaan kesultanan Siak.bahwa ada hubungan baik antara sultan Siak dengan Eropa,juga hubungan baik antara kesultanan Siak dengan Dinasty Ming akhir.Masih segar dalam ingatan di sisi lain terdapat ruang makan keluarga raja,,yang di kelilingi dengan guci guci besar menambah indahnya ruang makan keluarga raja

Dari sisi kiri kanan terdapat tangga yang terbuat dari besi yang kokoh,,,

 

Naik kelantai dua,melalui tangga besi yang terdapat disisi kiri dan kanan.Cukup tinggi dan berkelok kelok tangga yang di lalui menuju ke lantai dua,di sana banyak terdapat koleksi peninggalan kesultanan Siak,Foto foto,barang barang peninggalan,lonceng penanda waktu dan masih banyak lagi yang bisa pengunjung saksikan.Supaya lebih menikmati sensasi di dalam istana,mari kita kunjungi dan saksikan istana kesultanan Siak agar lebih nyata dan realita.

Demikian oleh oleh yangvdi dapat dari hasil kunjungan studi wisata ke Kesultanan Siak.

 

Tantangan ke 53

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantaps, oleh oleh jalan jalan berupa tulisan. Sukses selalu dan barakallahu fiik

08 Mar
Balas

Di tunggu oleh oleh yang lainnya buk...

08 Mar
Balas

Alhamdulillah selesai tantangan ke 54

08 Mar
Balas



search

New Post