eva suzana

Cikgu ini lahir di Payakumbuh pada tanggal 20 April 1969. Saat ini bertugas sebagai guru IPA di SMP Negeri 2 Kec.Harau Kab.Lima Puluh Kota Sumbar...

Selengkapnya
Navigasi Web

Bukan Sembarang TOT

Sebaik baiknya orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Semua pasti setuju dengan pernyataan ini. Bagi kita kaum pendidik penulis pernyataan tersebut memiliki makna yang begitu istimewa. Percuma kita menulis tanpa memberi manfaat bagi orang lain khususnya para pembaca karya kita. Akan lebih bermanfaat lagi jika kita juga bisa mengajak dan memotivasi orang untuk ikut menulis. Untuk bisa melakukan hal ini tentu sebagai penulis kita perlu meningkatkan kompetensi dan ketrampilan kita menulis. Kita perlu membekali diri sebelum mengajak orang lain menulis.

Media Guru Indonesia merupakan wadah bagi para pendidik untuk berlatih menulis mulai dari pelatihan untuk pemula, pelatihan lebih lanjut dengan berbagai genre tulisan seperti, cerpen, novel, karya ilmiah, dan jurnal, kelas editor dan yang terbaru pelatihan untuk para calon Fasilitator Daerah atau Fasda.

Informasi tentang Fasda Media Guru di Bukittinggi sudah lama penulis dapatkan namun sampai batas akhir penulis belum dapat memastikan akan ikut atau tidak. Hastar hati begitu kuat untuk ikut namun kesibukan sebagai pengajar praktik program guru penggerak membuat penulis pesimis untuk bisa ikut. Namun syukurlah kegiatan tersebut di tunda sampai akhir tahun di saat liburan. Walau pada saat itu ternyata ada lagi kendala yang dihadapi namun pada detik detik terakhir menjelang hari H penulis bisa memastikan untuk ikut kegiatan tersebut.

Alhamdulillah, sungguh beruntung penulis bergabung dalam kegiatan ini. banyak hal menarik dan berkesan serta ilmu yang didapatkan. Bertemu dengan para penulis yang selama ini hanya dikenal lewat tulisan tulisannya dan dari media sosial. Mendapat ilmu tentang tips menjadi fasilitator, motivasi keren serta ilmu publik speaking dari suhunya Media Guru Bapak M Ihsan dan Mas Eko Prasetyo sungguh berkesan. yang paling berkesan lagi adalah menyiapkan materi pada power point untuk praktik atau simulasi tampil sebagai fasilitator selama satu menit. Di sini banyak terjadi hal lucu, karena tak semua orang mampu menampilkan seluruh materi dalam waktu satu menit.

TOT Fasda literasi yang diadakan oleh Media guru Indonesia ini memang bukan sembarang TOT. Banyak ilmu dan informasi, banyak pengalaman dan kesan menarik berlaku. Kesan paling mendalam adalah diumumkannya beberapa penulis yang bukunya dibeli leh perpustakaan nasional untuk dibaca secara digital di platrform bintangperpusnas dan buku penulis adalah salah satu dari lebih dua ribu lima ratus judul buku terbitan Media Guru Indonesia yang dibeli perpusnas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post