Ezita

Nama saya Ezita Saya lahir di sebuah nagari bernama Tanjung Bonai. Nagari ini terletak di kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah datar. Provinsi Sumatera Barat....

Selengkapnya
Navigasi Web
Inspirasi Botol dan Es Batu Menyadarkanku

Inspirasi Botol dan Es Batu Menyadarkanku

Botol adalah tempat penyimpanan dengan bagian leher yang lebih sempit daripada badan dan "mulut"-nya. Botol umumnya terbuat dari gelas, plastik, atau aluminium, dan digunakan untuk menyimpan cairan seperti air, susu, minuman ringan, bir, anggur, obat, sabun cair, tinta, dll. Wikipedia

Terinspirasi dari kiriman kakanda sofiati di WAG sekolah tentang inspirasi botol, saya mencoba mengulasnya dengan pemikiran saya sendiri.

Botol Kalau diisi air mineral harganya tiga ribuan. Kalau diisi dengan jus buah harganya sepuluh ribuan, kalau diisi dengan madu harganya ratusan ribu rupiah, kalau diisi dengan minyak wangi harganya ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Akan tetapi jika diisi dengan air comberan, hanya akan dibuang ke tong sampah karena tidak ada harganya.

Itulah bunyi inspirasi botol yang dishare oleh kakanda itu. Saya mencoba menterjemahkan nya,

"Jika botol diibaratkan dengan kita sebagai manusia. Maka manusia itu pada dasarnya sama. Sama-sama makhluk Tuhan. Yang membedakan hanyalah akhlak yang mengisi diri kita. Harga Diri Kita tergantung dengan isi pikiran dan akhlak kita. Makin baik akhlak makin tinggi harga diri kita. Isi pikiran dan akhlak adalah isi diri yang tergambar dari cara kita bertingkah laku keseharian. Semakin tinggi akhlak makin tinggi harga kita. Semakin rendah akhlak semakin tidak berharga kita dalam masyarakat bahkan bisa dibuang dari pergaulan masyarakat."

Berikutnya ada rahasia kehidupan dibalik realita es batu.

"Batu es dipakai atau tidak dipakai ia akan tetap mencair jika berada di luar freezer."

Begitulah umur kita. Dipakai atau tidak dipakai maka jatah umur kita di dunia akan selalu berkurang. Satu saat akan mencapai titik nol. Kadang tanpa kita sadari selalu saja lupa bahwa umur kita bukan bertambah tapi berkurang. Jatah hidup di dunia sudah ditetapkan. Suka tak suka, mau tak mau kita pasti akan mengakhiri hidup di dunia. Ajal akan selalu memutus mata rantai kehidupan kita di dunia. Akhirat yang kekal menunggu kehadiran kita. Itu pasti.

Berdoa kepada Allah mohon ditetapkan hati dalam ketaatan itulah yang dapat kita lakukan.

Tak dapat dipungkiri, kelupaan tetap menjadi sifat kita manusia. Lupa untuk tidak ghibah, lupa untuk tidak berbuat dosa. Astaghfirullahal 'Azhiim Allazi Laa Ila hailla hual hayyul Qayyim wa atubu Ilaihi.

Allah berilah hambaMu ini peringatan jika berbuat salah. Berilah petunjuk ke jalan yang benar. Sering juga hamba lupa dan melanggar laranganMu. Ampuni hamba ya Allah.

Begitu banyak inspirasi dari alam yang telah Allah hadirkan untuk kita berfikir dan mengambil hikmah. Namun terkadang diri ini masih belum peka. Keseharian masih saja ada dosa yang terbuat. Ampunkan hamba yang dhoif ini ya Allah.

Inspirasi botol dan es batu mengejutkan jiwa ini. Untuk sadar dari segala kekilafan dan bujuk rayu dunia. Semoga Allah memberi ampunan atas semua dosa ini sebelum ajal datang menjemput.

Aamiin.

Padang, 29 Januari 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tuiisan yang mencerahkan

29 Jan
Balas

Terima kasih sobatku.

29 Jan

Keren pembelajarannya. isilah botol dengan sesuatu yang tak terhingga nilainya. Jangan biarkan umurmu semperti batu es, walaupun tidak digunakan akan meleleh juga. Makasih, ilmunya.

31 Jan
Balas

Terima kasih dinda

10 Feb

Terima kasih untuk pencerahannya, salam santun

29 Jan
Balas

Sama pak

29 Jan



search

New Post